ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Demisexual: Apa Itu dan Bagaimana Tandanya?

Demisexual: Apa Itu dan Bagaimana Tandanya?

10 Oct 2023

Demisexual: Apa Itu dan Bagaimana Tandanya?

Tanda Demisexual

Seorang demisexual akan menunjukkan beberapa tanda-tanda atau ciri-ciri, berikut di antaranya:

  • Ketika pertama kali bertemu dengan orang asing atau orang yang baru dikenal, mereka akan kesulitan merasakan ketertarikan secara seksual.
  • Pada orang yang sudah dianggapnya dekat seperti istri, suami, pacar, teman dekat, maka mereka biasanya bisa merasakan ketertarikan seksual.
  • Tidak tertarik membayangkan hubungan seksual dengan orang yang tidak dikenalnya dengan baik. Walaupun orang tersebut memiliki paras yang rupawan bahkan punya kepribadian yang menyenangkan.
  • Tingkat ketertarikan dengan orang lain tergantung pada tingkat hubungan emosionalnya dengan orang tersebut. Semakin erat, maka semakin kuat baginya untuk memiliki dorongan seks dengan orangnya.

Baca Juga: 4 Fobia yang Bikin Takut Berhubungan Seksual

Apakah Demisexual Beda dengan Asexual?

Demisexual memang kerap dikaitkan dengan asexual. Akan tetapi, keduanya berbeda, di mana asexual diartikan tidak memiliki ketertarikan sama sekali untuk melakukan hubungan intim atau seksual dengan orang lain. Terlepas itu ada atau tidaknya kedekatan emosional.

Pada asexual, biasanya ketertarikan seksual dilihat dari seberapa besar ada gairah untuk berhubungan seksual dan intensitas dorongan seksualnya. Jadi, perbedaannya adalah demisexual berhubungan pada kedekatan dengan seseorang, sementara asexual berkaitan dengan keinginan seksual seseorang.

Tahukah kamu, kalau demisexual tidak termasuk ke dalam kategori kelainan seksual karena kondisi ini hanyalah orientasi seksual dari seseorang. Namun demikian, apabila kondisinya sudah mengganggu kenyamanan disarankan untuk ke psikolog supaya dapat diketahui penyebabnya dan didiskusikan bersama dengan psikolog.

Nah, kalau punya pertanyaan seputar menstruasi dan kesehatan reproduksi, maka kamu bisa langsung bertanya ke Ask dr. Laurier. Jangan sungkan untuk bertanya, ya!

Related Articles

Healthy Mind
11 Oct 2021

6 Cara Menjaga Kesehatan Jiwa di Masa Pandemi

Pandemi yang berlangsung cukup lama membuat interaksi kita jadi terbatas. Beberapa dari kita mungkin...
Healthy Mind
11 Nov 2019

Lancar Ngobrol Sama Teman Cowok

Kamu suka mikir nggak, kalau teman yang keliatannya asik diajak ngobrol itu karena dia adalah orang ...
Healthy Mind
10 Dec 2019

Kakak Baik yang Sayang Adik

Nggak semua hubungan kakak beradik terlihat baik-baik aja, pasti kadang muncul rasa cemburu satu sam...