Cara Ajaib Biar Nggak Gampang Lupa
ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Cara Ajaib Biar Nggak Gampang Lupa

Cara Ajaib Biar Nggak Gampang Lupa

15 Nov 2019

Cara Ajaib Biar Nggak Gampang Lupa

Menjelang akhir semester, biasanya akan banyak tugas dan tes yang berdatangan. Benar nggak, Girls? Kalau kayak begini, pasti kamu akan menjadwal jam belajar lebih banyak. Iya kan? Eh, tapi pas belajar, kok malah susah mengingat kembali hal-hal yang udah dipelajari ya? Hmmm....jangan give up dulu, Girls! Kemampuan mengingat, atau memori itu sebenarnya bisa dilatih kok. Gimana caranya?

  • Cukup tidur

Di usia remaja, tubuhmu membutuhkan waktu tidur sebanyak 8 - 10 jam setiap hari. Salah satu manfaat tidur sebanyak itu adalah selama tidur, otak akan mengolah berbagai data-data, termasuk hal yang kamu pelajari di hari itu. Makanya, cukup tidur berarti membantu otakmu untuk memproses penyimpanan memori secara optimal. Kalau kamu belajar di rumah siang hari, setelah selesai kamu bisa tidur siang sebentar, Girls. Hal ini akan membuat otakmu kembali segar dan kamu bisa mengingat lebih lama.

  • Bergerak

Jangan kesal kalau selalu diingatkan bahwa tubuhmu butuh olahraga. Selain tubuh menjadi bugar, olahraga juga membuat otak bekerja lebih baik. Kalau kamu kurang olahraga, akan terjadi penumpukan plak di dalam pembuluh darah yang mengganggu aliran darah. Karena darah membawa oksigen dan nutrisi ke seluruh tubuh, maka aliran darah yang terhambat itu menyebabkan terbatasnya asupan darah dan oksigen, termasuk ke otak. Efeknya otak kekurangan asupan oksigen dan nutrisi yang berarti nggak akan bekerja optimal. Kamu bakalan jadi susah menangkap berbagai hal, dan nggak gampang mengingatnya. Makanya, mulai rajin olahraga dari sekarang yuk!

  • Keep cool!

Stres dan kemarahan adalah dua hal yang menghambat fungsi memori pada otak. Saat marah dan stres, kadar hormon kortisol dalam tubuh akan meningkat, dan mengganggu fungsi kerja short-term memories, sehingga apapun yang baru dipelajari, nggak akan gampang diingat kembali. So, jangan biarkan dirimu sering marah atau stres ya!

  • Cara belajar yang tepat

Setiap orang punya kemampuan menyerap informasi yang unik. Ada yang lebih cepat mendengarkan, dan ada yang lebih cepat dengan melihat. Kamu sebaiknya menemukan metode penyerapan informasimu itu. Kalau kamu lebih gampang mengingat saat mendengar, maka pas lagi belajar, kamu sebaiknya membaca keras-keras sampai mendengar suaramu sendiri. Sebaliknya, kalau lebih gampang dengan cara melihat, maka kamu bisa membaca seperti biasa.

Nah, sekarang udah paham cara-caranya kan, Girls? Yuk, mulai praktekkan dari sekarang, biar kamu bisa lancar mengerjakan ujianmu! Selamat belajar, dan good luck!

Kalau mendekati ujian atau tes, persiapan apa yang biasa kamu lakukan, Girls? Tulis di kolom komentar yuk! Jangan lupa juga share artikel ini ke teman-temanmu yang lain ya, biar mereka tau tips di atas!

Related Articles

Healthy Mind
24 May 2019

Tunjukkan Cinta Sama Ortu, yuk!

Semua orang pasti pernah mengalami suasana yang nggak klop sama ortu; bisa sama mama, papa, atau jus...
Healthy Mind
13 Nov 2019

Pacarku Satu Sekolah Denganku, Aku Harus Gimana ya?

Girls, kamu pernah nggak, punya pacar yang sekolah di sekolah yang sama denganmu? Hal ini pastinya b...
Healthy Mind
30 Jul 2019

Dikecewain Sahabat

Kamu pasti sering banget curhat sama sohibmu kan, Girls? Coba bayangin deh, kamu cerita sama sohib k...