Bebas Stres Hadapi UAS
ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Bebas Stres Hadapi UAS

Bebas Stres Hadapi UAS

13 Dec 2019

Bebas Stres Hadapi UAS

Udah kebayang bakalan seru liburan sama teman-teman, setelah UAS selesai? Stooop! Jangan buat pengalihan dulu dong, Girls. Ingat, kamu harus tetap melewati tahapan UAS, dan mengumpulkan tugas akhir dulu sebelum kamu liburan. Duh, mau liburan aja repot! Eits, nggak perlu stres, Girls! Nih, ada beberapa cara yang bikin kamu bisa melewati masa UAS dengan gemilang tanpa stres!

  1. Atur waktu

Keberhasilan belajar dengan mencicil udah terbukti baik, dibandingkan mempelajari banyak materi dengan sistem kebut semalam. So, sebaiknya kamu bikin jadwal belajar minimal 2 minggu sebelum UAS, jadi kamu nggak terburu-buru dan stres melihat banyaknya materi yang perlu dipelajari.

  1. Minta bantuan guru

Kalau ada bagian pelajaran yang sulit dipahami, jangan ragu bertanya pada guru. Kalau perlu minta waktu tambahan di luar jam pelajaran pada guru, untuk membahas bagian tersebut, sampai kamu paham. Guru biasanya senang kok, kalau ada muridnya yang serius mempersiapkan UAS seperti ini.

  1. Belajar kelompok

Belajar kelompok, kalau kamu sungguh-sungguh, hal ini bisa membantu banget lho, Girls. Kamu bisa membagi pokok bahasan pada setiap anggota kelompok dan masing-masing akan membantumu menjelaskan bagiannya. So, kamu bakal lebih cepat paham dan lebih menyenangkan karena dilakukan bersama teman-temanmu.

  1. Setting waktu istirahat

Belajar juga perlu jeda lho, Girls. Setiap belajar intens 20 menit kamu bisa beristirahat 10 menit. Jangan langsung cek atau update social media. Pas istirahat itu, kamu bisa keluar kamar, minta cemilan sama mama kalau mama lagi ada di rumah. Atau kamu bisa ngobrol sebentar sama adik atau kakakmu. Tapi ingat, setelah 10 menit kemudian, kamu harus kembali belajar ya!

  1. Cukup tidur

Supaya tubuh segar dan otak siap menghadapi UAS, pastikan kamu harus cukup tidur. Minimal 7 – 8 jam setiap malam. Daya ingatmu juga akan bekerja baik untuk mengingat semua pelajaran yang udah kamu ‘lahap’ itu.

So, kalau persiapan belajarmu udah mateng banget, maka semakin dekat UAS pasti kamu akan semakin percaya diri, Girls! Fokus aja sama materi yang udah kamu pelajari dengan baik. Just do your best, and God will do the rest! Good luck, dears!

Kamu punya trik lain untuk mengatasi stres pas menjelang UAS? Tulis di kolom komentar yuk! Jangan lupa juga share info ini ke teman-teman yang lain ya, biar mereka bisa lebih siap menghadapi UAS!

Related Articles

Healthy Mind
09 Dec 2019

Kakakku Sok Ngatur!

“Kamu nggak boleh begini, harusnya kamu begini!” Aduh, males banget nggak sih, kalau kak...
Healthy Mind
11 Dec 2019

Pacaran Sama Si ‘Populer’

Punya cowok yang keren, ganteng, bahkan populer di kalangan teman-temannya, terutama para cewek, pas...
Healthy Mind
10 May 2019

PMS Bikin Emosi Jadi Nggak Karuan

Sebelum menstruasi, kamu pasti pernah mengalami PMS atau gejala pra-menstruasi, kan? Pas lagi PMS bi...