Alami Mood Swing saat PMS? Begini Cara Mengatasinya!
ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Alami Mood Swing saat PMS? Begini Cara Mengatasinya!

Alami Mood Swing saat PMS? Begini Cara Mengatasinya!

13 May 2022

Alami Mood Swing saat PMS? Begini Cara Mengatasinya!

Girls, tahukah kamu? Perubahan suasana hati atau mood swing memang bisa menyerang siapa saja, lho. Namun, kondisi ini lebih rentan terjadi pada wanita yang sedang dalam masa Pre-menstrual Syndrome (PMS). Di mana, ketika memasuki masa PMS, wanita biasanya cenderung lebih sensitif, melankolis, cemas, depresi, bahkan marah tanpa sebab.

Mood Swing Saat Menstruasi
 
Penyebab Mood Swing

Ternyata, hingga saat ini belum ada ahli yang benar-benar bisa menjelaskan penyebab sesungguhnya fenomena ini. Namun, berdasarkan dari situs healthline.com, para ahli memperkirakan terjadinya fenomena ini adalah akibat adanya fluktuasi pada hormonal yang terjadi pada paruh kedua siklus menstruasi.

Pada masa tersebut, terjadi ovulasi pada tubuh, yaitu proses pelepasan sel telur yang sudah matang dan siap untuk dibuahi ke dinding rahim. Ketika sel telur dilepaskan, akan menyebabkan turunnya kadar hormon estrogen dan progesteron. Kondisi ini menimbulkan perubahan pada fisik seseorang. Tidak hanya itu, kadar hormon serotonin yang merupakan hormon mengatur suasana hati juga ikut terpengaruh. Kondisi turunnya hormon serotonin inilah salah satu pemicu terjadinya mood swing selama masa PMS.

Mengatasi Mood Swing

Meski perubahan suasana hati di masa PMS ini mengakibatkan depresi, marah, sensitif, namun ada cara yang bisa dilakukan untuk mengatasinya. Berikut adalah beberapa di antaranya:

  • Berolahraga

Melakukan aktivitas fisik seperti berolahraga, tentunya membantu meningkatkan suasana hati. Pasalnya, setelah berolahraga, maka otak akan menghasilkan hormon endorfin pemberi rasa senang dan bahagia. Apabila dilakukan selama PMS, tentu dapat mengatasi perubahan suasana hati yang dialami.

Tidak perlu olahraga yang terlalu berat, cukup berenang, bersepeda, jalan kaki, aerobik pun sudah membuat hati menjadi lebih senang.

  • Konsumsi makanan sehat

Selain olahraga, perubahan suasana hati yang terjadi di masa PMS juga bisa diatasi dengan cara rutin mengonsumsi makanan sehat, khususnya makanan yang tinggi kalsium. Lantaran, membantu memperbaiki mood yang tidak karuan. Beberapa makanannya seperti sayuran hijau, keju, yoghurt, susu, dan lainnya.

Atau, disarankan pula mengonsumsi makanan tinggi vitamin B6 seperti buah-buahan. Daging ayam, daging ikan, dan lain-lain.

  • Cukupi waktu tidur

Perubahan suasana hati yang dialami selama masa PMS terkadang menyebabkan wanita kesulitan untuk tidur di malam hari. Namun, usahakan untuk tidur dan jangan sampai begadang. Sebab, kurang tidur dapat menyebabkan mood menjadi semakin memburuk.

Untuk itu, cukupilah waktu tidur di malam hari minimal 7 – 8 jam supaya tidak semakin membuat mood buruk.

  • Kelola stres

Perasaan stres yang dialami juga dapat memperburuk mood swing ketika PMS. Oleh sebab itu, cobalah untuk mengelola stres dengan baik selama PMS. Caranya? Cukup dengan melakukan latihan pernapasan, yoga, meditasi, dan lain sebagainya. Cara ini dipercaya dapat membantu menghilangkan stres dan membuat pikiran menjadi lebih tenang.

Sementara, untuk kamu yang memang memiliki riwayat masalah kesehatan terkait psikologis, ada baiknya jika melakukan konsultasi pada dokter atau psikolog. Sebab, mood swing yang terjadi pada seseorang dengan kondisi tersebut mungkin akan lebih parah dari orang lain pada umumnya. Namun dengan dukungan orang sekitar dan penangan yang tepat, mood swing ini pasti tetap dapat terkendali dengan baik.

Selain cara di atas, mengatasi perubahan suasana hati selama PMS juga bisa dengan memerhatikan siklus menstruasimu. Dengan begitu kamu akan mengetahui perkiraan waktu kapan mood swing akibat PMS ini akan terjadi, sehingga bisa lebih mempersiapkan diri.

Nah, hal lain yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi mood swing khususnya terkait pengelolaan stres adalah dengan memilih pembalut yang tepat. Sebab, banyak lho yang agak stres menjelang waktu menstruasi karena khawatir dengan masalah “tembus”. Namun dengan pembalut yang tepat masalah ini bisa teratasi, misalnya dengan menggunakan Laurier Celana Menstruasi.

Laurier Celana Menstruasi

Laurier Celana Menstruasi adalah pembalut berbentuk celana yang sangat praktis digunakan dan dapat memberi proteksi bebas bocor 360O, serta memiliki daya serap 5x pembalut malam. Desainnya tipis dan selembut celana dalam katun dengan karet pinggang yang nyaman dan fit dengan bentuk tubuh, membuatmu bisa tetap beraktivitas secara bebas tanpa khawatir masalah “tembus”. Dengan menggunakan pembalut ini, kamu siap menghadapi masa menstruasi tanpa rasa khawatir atau stres, sehingga mood swing juga pasti lebih terkendali.

Related Articles

Healthy Mind
11 Dec 2019

Pacaran Sama Si ‘Populer’

Punya cowok yang keren, ganteng, bahkan populer di kalangan teman-temannya, terutama para cewek, pas...
Healthy Mind
07 Nov 2019

Saat Rahasia Sahabat Harus Dibongkar

Sekalipun udah janji nggak akan membocorkan rahasia sahabatmu, tapi ada saatnya juga kamu perlu memp...
Healthy Mind
10 May 2019

PMS Nggak Cuma Bikin Bete Doang? Kok Bisa?

Kalau lagi PMS, kamu merasa aktivitasmu sehari-hari jadi terganggu nggak? Kamu jadi gampang bete, ke...