ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Aku Nggak Sama dengan Mama

Aku Nggak Sama dengan Mama

11 Dec 2019

Aku Nggak Sama dengan Mama

Coba ingat-ingat dan hitung, dalam seminggu ini berapa kali kamu sebel sama mama? Mungkin banyak banget yang menjawab, ”Wah, sering banget!” atau “Hampir tiap hari deh!” atau “Kadang-kadang sih, tapi mama memang suka nyebelin!” Nah, kata-kata ‘mama nyebelin’ mungkin pernah kamu ucapkan. Kenapa bisa begitu?

Satu hal yang bikin kamu sering ‘berantem’ sama mama adalah gara-gara beda pendapat dan beda persepsi, karena kalian beda generasi. Misalnya soal baju. Menurut mama, model baju yang sekarang ini lagi hype dan sering kamu pakai, dianggap aneh bentuknya dan terlalu ketat. Contohnya, baby -T yang pas sama badan atau cropped jacket yang memang super mini. Sementara menurut kamu, baju-baju itu justru keren.

Atau model rambut potongan asimetris, poni yang miring sebelah, bagian rambut belakang dibuat jabrik, wah, itu pasti menurut mama, bentuk-bentuk rambut ajaib yang susah buat diterima akal sehat, hihihi…

Belum lagi urusan gaul. Menurut mama, gaya gaul kamu dan remaja seumuran kamu yang makin bebas, suka bikin dia deg-degan. Semua ketakutan dan pikiran negatif terhadap kamu, suka bikin mamamu jadi ‘parno’. Takut kamu terjerumus pergaulan yang nggak sehat, mulai dari narkoba sampai seks bebas.

Makanya semua itu bikin mama jadi suka over protective. Larang kamu melakukan ini itu. Sedangkan menurut kamu, semua larangan dari mama itu nggak masuk akal. Nah, nggak nyambung banget kan? Tapi  gimana nih, caranya biar kamu nggak ribut melulu sama mama?

  • Belajar mendengar kata-kata mamamu sampai selesai, jangan langsung main kabur begitu aja. Pasti mama punya alasan yang jelas kenapa kamu dilarang atau dikomentarin.
  • Belajar mengungkapkan pikiran dan isi hatimu dengan tenang. Kalau memang nggak setuju sama pendapat atau larangan mama, nggak perlu langsung teriak. Tapi kamu bisa ngomong dengan lebih tenang dan kasih alasan ke mama. Hari gini, adu argumen sama orang tua, kenapa nggak? Eits, tapi bukannya bermaksud melawan atau kurang ajar ya! Justru kamu menghargai orang tua dan belajar untuk jadi lebih dewasa, Girls.
  • Usaha buat lebih kompak sama mama. Kalau selalu menghindar tiap kali mama minta ditemani jalan-jalan, mana mungkin kamu bisa dekat sama mama? Sesekali coba luangin waktumu buat menemani mama belanja, Girls. Selain membantu mama bawa belanjaan, lumayan juga kan, bisa ditraktir hehehe.
  • Lihat sisi positifnya. Kamu beruntung banget masih punya mama (yang meskipun cerewet) yang masih sayang dan perhatian sama kamu. Dibanding mama kamu super cuek dan nggak pernah mau tau urusan kamu. Pilih mana, Girls?
  • Jangan cuma protes, tapi buat silent action. Tunjukkan ke mama bahwa kamu adalah anak ceweknya yang bisa bertanggungjawab sama diri sendiri dan keluarga. Pasti mama bakal mengurangi kadar kecerewetannya kok.

Sekarang kamu udah tau kan, gimana caranya supaya nggak ribut terus sama mama? Yuk, langsung dicoba supaya kamu dan mama semakin kompak dan akur, Girls!

Ceritakan pengalaman kamu bersama mamamu di kolom komentar yuk! Jangan lupa juga share artikel ini ke teman-temanmu yang lain, supaya mereka juga bisa semakin akur sama mamanya!

Related Articles

Healthy Mind
10 May 2019

Curhat Bisa Bikin Sehat? Masa, sih?

          Kamu pasti sering dengar pepatah “That’s what friends...
Healthy Mind
21 Aug 2019

Unfriend, Yes or No?

Setelah sekian lama sahabatan, kamu baru sadar kalau ternyata si sohib itu cuma memanfaatkan kamu do...
Healthy Mind
16 Dec 2019

5 Trik Biar Nggak Jadi Korban Bully di Sekolah Baru

Berada di lingkungan sekolah yang baru dengan keunikan yang kamu miliki, seperti aksen bicara yang b...