Adikku Rese Banget sih!
ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Adikku Rese Banget sih!

Adikku Rese Banget sih!

19 Nov 2019

Adikku Rese Banget sih!

Kalau bete sama teman itu nggak masalah, karena setelah sampai rumah kamu nggak akan ketemu mereka lagi. Tapi, kalau yang bikin bete itu adik sendiri gimana? Kamu tinggal serumah, dan pastinya bakal sering ketemu, sehingga kamu harus terpaksa memaklumi sikapnya yang bikin bete itu.

Nah, biar kamu nggak kesel terus menerus, sebaiknya bicarakan hal ini dengannya. Kalau perlu kamu juga bisa minta bantuan mama dan papa untuk membuatkan peraturan supaya bisa hidup lebih nyaman. Tapi, pastinya hal ini memang nggak gampang, karena kadang-kadang peristiwa menjengkelkan bisa terjadi kapan pun. Biar kalian nggak berantem, saat adikmu mulai rese dan bikin bete, coba lakukan hal-hal berikut yuk!

  • Menghindar. Saat adik membuatmu sebal dan cari gara-gara, sebaiknya kamu pergi atau pindah ruangan. Biar kamu nggak makin kesal dan terpancing olehnya.
  • Tetapkan batasan. Sekalipun berbagi kamar tidur dengan adik, cobalah membuat ruang pribadi. Atur sebuah sudut khusus untuk kamu, dan jelaskan kalau kamu nggak mau dia berbuat seenaknya di wilayah itu.
  • Hargai kepemilikannya. Kalau kamu mau dimengerti dan dihargai, sebaiknya lakukan hal yang sama pada adikmu juga. Ingat, jangan egois, Girls!
  • Mengatur giliran. Kadang-kadang pemicu masalah antara kamu dan adik sebenarnya sepele lho! Misalnya, rebutan remote tv, giliran main ps atau surfing internet. So, kalau masalahnya cuma seperti, kamu bisa ajak si adik untuk berunding. Kapan waktunya dia, dan kapan waktunya kamu. Simple kan?
  • Cari orang ketiga. Kalau si adik nggak bisa diajak kerja sama, dan sering melewati batas, sebaiknya jelaskan pada mama alasan kamu kesal pada adik. Biasanya, ortu bisa mengingatkannya biar lebih kalem.

Sebenarnya simple kan, untuk menghadapi tingkah rese si adik? Pastikan juga sama dia, kalau sebagai anak yang lebih tua, kamu bisa mengerti dan akan melindunginya. Sehingga, dia sebagai adik seharusnya bisa mendengarkan kata-katamu. Seru kan, kalau bisa lebih akur dan dekat sama adik?

Share pengalaman seru bersama adikmu yuk! Jangan lupa juga ajak teman-temanmu untuk baca artikel ini ya!

Related Articles

Healthy Mind
19 Nov 2019

Sahabat Punya Teman Baru

Kamu pasti punya sahabat kan, Girls? Kalau tiba-tiba kamu tau ternyata dia nggak cuma dekat sama kam...
Healthy Mind
11 Oct 2021

6 Cara Menjaga Kesehatan Jiwa di Masa Pandemi

Pandemi yang berlangsung cukup lama membuat interaksi kita jadi terbatas. Beberapa dari kita mungkin...
Healthy Mind
10 May 2019

Apa tuh, Toxic Shock Syndrome?

      “Hah? Toxic Shock Syndrome? Itu penyakit? Penyakit apaan?” Mungkin ...