5 Tips Supaya Nggak Sedih Ditinggal ‘Pergi’
ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

5 Tips Supaya Nggak Sedih Ditinggal ‘Pergi’

5 Tips Supaya Nggak Sedih Ditinggal ‘Pergi’

16 Dec 2019

5 Tips Supaya Nggak Sedih Ditinggal ‘Pergi’

Duka bisa dialami setiap orang karena kehilangan sesuatu atau seseorang yang dikasihi. Kamu pernah mengalaminya, Girls? Biasanya seiring berjalannya waktu, duka pasti akan mulai berkurang kok. Tapi, mungkin kamu susah untuk melewatinya karena nggak tau gimana caranya. Nah, berikut ini ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan, supaya nggak terlalu lama bersedih, Girls!

  1. Mengikuti ritual dan prosesi

Langkah pertama adalah mengikuti prosesi keagamaan atau tradisi pelepasan. Selain sebagai bentuk penghormatan terakhir terhadap orang yang meninggal, kehadiran orang lain di acara tersebut juga akan memberi kenyamanan bagi kamu, kalau bukan cuma kamu yang merasa kehilangan.

  1. Mengekspresikan perasaan

Nggak ada salahnya melepaskan perasaan sedihmu, Girls. Kalau ingin menangis, maka menangislah. Jangan ragu untuk mendengarkan lagu atau melihat benda yang akan mengembalikan memorimu sama orang yang udah ‘pergi’. Kehilangan itu hal yang wajar kok, jadi nggak perlu kamu hindari.

  1. Mengobrol tentang kenangannya

Sebagian orang merasa lebih ringan kalau membicarakan kenangan tentang kerabat atau orang tersayang yang meninggal, atau curhat perasaannya tentang kehilangan itu. Nggak selalu harus ngobrol sama orang lain. Menuliskan perasaan dan pikiran di blog, atau sekadar update status di social media akan sangat membantumu meringankan perasaan kehilangan itu.

  1. Mewujudkan kenangan

Kalau membutuhkan sesuatu untuk mengenang orang yang udah ‘pergi’, lakukanlah dengan cara yang sesuai untuk mengenangnya, seperti menanam pohon, menyimpan kotak berisi foto dan benda favoritnya.

  1. Bantuan ahli

Kalau hal-hal di atas udah dilakukan, tapi sampai setahun kemudian rasa dukamu belum juga hilang, bahkan mulai mengganggu aktivitas rutin, dan mengubah perilakumu, sebaiknya kamu segera minta bantuan ahli.

Kedekatan dan kenanganmu sama seseorang yang udah ‘pergi’ akan sangat menentukan seberapa dalam duka yang kamu rasakan. Tapi, kamu nggak harus terus menerus menangisi kepergiannya, lebih baik mengenang dan merayakan kenangan saat dia masih bersama kamu. Life goes on, Girls. Be tough!

Jangan lupa untuk share artikel ini ke teman-temanmu yang lain, supaya mereka yang lagi berduka bisa kembali menjalani aktivitasnya!

Related Articles

Healthy Mind
11 Oct 2021

6 Cara Menjaga Kesehatan Jiwa di Masa Pandemi

Pandemi yang berlangsung cukup lama membuat interaksi kita jadi terbatas. Beberapa dari kita mungkin...
Healthy Mind
11 Dec 2019

Pacaran Sama Si ‘Populer’

Punya cowok yang keren, ganteng, bahkan populer di kalangan teman-temannya, terutama para cewek, pas...
Healthy Mind
17 Dec 2019

Diary-ku Dibaca?!

Sebagai cewek remaja, kamu cenderung punya banyak hal yang ingin kamu ingat dan simpan sendiri. Enta...