ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Yuk, Cari Tahu Hubungan Gula Darah dengan Siklus Menstruasi!

Yuk, Cari Tahu Hubungan Gula Darah dengan Siklus Menstruasi!

14 Nov 2023

Yuk, Cari Tahu Hubungan Gula Darah dengan Siklus Menstruasi!

Pengaruh Menstruasi Pada Kadar Gula Darah

Menstruasi juga dapat memengaruhi kadar gula darah seseorang, baik bagi penderita diabetes maupun bukan penderita diabetes . Hal ini disebabkan oleh perubahan kadar hormon estrogen dan progesteron selama menjelang dan masa menstruasi.

Banyak perempuan yang mengalami kenaikan kadar gula darah menjelang dan saat awal menstruasi. Kondisi ini terjadi karena adanya peningkatan hormon progesteron pada masa menjelang dan awal menstruasi. Sebab, kadar progesteron yang tinggi dapat meningkatkan risiko terjadinya resistensi insulin. Namun, ada juga yang justru menyatakan kadar gula darahnya turun saat menjelang dan awal menstruasi. Hal ini terjadi karena terjadi peningkatan pada hormon estrogen.

Baca Juga: PCOS pada Remaja, Apakah Berbahaya?

Sebuah penelitian berskala besar juga pernah dilakukan pada tahun 2020 dengan melibatkan 75.546 partisipan perempuan. Tujuannya adalah untuk melihat hubungan antara siklus menstruasi dengan diabetes tipe 2. Dari penelitian ini, didapatkan hasil bahwa perempuan yang pernah mengalami siklus menstruasi panjang atau tidak teratur saat remaja dan dewasa, berpotensi lebih tinggi mengalami diabetes tipe 2.

Untuk kamu yang memiliki riwayat diabetes maupun hipoglikemia, atau selalu mengalami kenaikan perubahan kadar gula dalam darah setiap menjelang dan saat menstruasi, disarankan untuk melakukan konsultasi pada dokter. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan informasi mengenai cara agar gula darah tetap terkontrol dalam batas aman.

Selain itu, kamu jadi bisa mengetahui penyebab perubahan kadar gula dalam darah dengan memeriksakan diri ke dokter. Apakah benar karena faktor perubahan hormon dalam siklus menstruasi atau karena adanya masalah kesehatan lainnya? Sebab, ada banyak faktor lain yang bisa memengaruhi naik dan turunnya kadar gula dalam darah.

Salah satu yang memengaruhi kadar gula darah adalah kondisi psikologis seseorang. Orang yang sedang stres cenderung mengalami kenaikan kadar gula dalam darahnya. Tentunya, penyebab stres juga sangat beragam, salah satunya rasa khawatir mengalami bocor atau area kewanitaan yang bau selama menstruasi. Untuk mengatasinya, kamu bisa menggunakan Laurier Natural Clean selama menstruasi.

Laurier Natural Clean adalah pembalut antibakterial dengan 3 antibac protection: kandungan daun sirih yang mengusir bau, ekstrak daun sage yang dikenal sebagai anti jamur, dan antibac agent yang melawan pertumbuhan bakteri. Laurier Natural Clean melindungi area kewanitaan secara alami, melindungi dari bakteri dan bau tak sedap selama menstruasi. Jadi, kamu bisa merasa lebih nyaman dan bebas khawatir saat beraktivitas selama menstruasi.

Related Articles

Healthy Body
08 Sep 2021

9 Makanan untuk Lancarkan Siklus Menstruasi

Siapa diantara kamu yang sering mengalami menstruasi tidak teratur? Jika kamu salah satunya, bisa ja...
Healthy Body
19 Jun 2019

Kenapa sih, Cewek Gampang Anyang-anyangan?

Sering pipis saat menstruasi adalah hal yang wajar. Tetapi kalau terjadi sebelum atau setelah menstr...
Healthy Body
06 Jan 2020

Tips Ampuh Atasi Nyeri Punggung Tanpa Obat!

Girls, saat menstruasi nyeri punggung akan selalu dirasakan oleh beberapa cewek. Cara mengatasinya p...