Work It Out!
ask dr laurier

Work It Out!

Work It Out!

05 Dec 2019

Work It Out!

Kamu masih terjebak sama mitos bahwa cewek yang menstruasi harus jauh-jauh dari olahraga? Eits, tunggu dulu nih! Kamu tau nggak, bahwa sepertiga dari peraih medali emas cewek di Olimpiade ternyata lagi mengalami menstruasi saat mereka menang lho! Sebuah penelitian di Amerika juga menyebutkan bahwa menstruasi bukan halangan dalam melakukan aktivitas apa pun, termasuk olahraga, Girls.

Olahraga secara teratur justru bisa memperbaiki mood yang naik turun nggak jelas. Karena olahraga akan memancing produksi hormon endorfin yang bisa bikin kamu jadi happy. Kamu juga nggak perlu khawatir, kalau menstruasi bikin aktivitasmu jadi kacau. Karena sebuah penelitian pada perenang cewek kelas dunia menyebutkan, kalau mereka berenang semakin cepat pada saat menstruasi. Ajaib banget kan?

Memang terdapat sejumlah kasus gangguan siklus mentruasi yang dialami oleh para atlet wanita kelas dunia, terutama pada cabang olahraga atletik, renang, balap sepeda, bela diri, dan tenis. Bahkan dancer pun sering mengalaminya lho! Eits, tapi ternyata penyebab utamanya bukanlah olahraga dengan latihan berat! Tapi juga ada faktor lain seperti stres, perubahan hormon dan berat badan.

Biasanya pada awal menstruasi, kamu akan merasa malas bergerak dan cepat capek. Nah, hal ini yang bikin kamu jadi nggak mau berolahraga. Benar nggak? Justru sebaiknya kamu tetap melakukan olahraga dengan mengurangi sedikit porsi latihan dari yang biasa kamu lakukan. Karena sebuah penelitian baru di Australia menyatakan bahwa berolahraga di minggu pertama menstruasi akan terasa lebih ringan plus membakar kalori lebih banyak, Girls.

Gimana nih? Kamu masih percaya dengan mitos cewek menstruasi harus jauh-jauh dari olahraga? Lagipula, kalau memang cewek nggak boleh berolahraga saat menstruasi, kenapa iklan pembalut malah menampilkan cewek yang lagi olahraga? Ingat, olahraga saat menstruasi aman-aman aja kok, Girls. So, mulai sekarang jangan jadikan menstruasi sebagai alasan untuk kamu malas bergerak dan berolahraga ya!

Yuk, share info ini ke teman-temanmu dan jangan lupa juga ajak mereka untuk rajin berolahraga pas menstruasi!

Related Articles
Healthy Body
10 Dec 2019

Usir Anemia Biar Menstruasi Tetap Ceria

Girls, kamu harus tau nih, data terakhir WHO menyatakan bahwa 1:5 perempuan mengalami anemia selama ...
Healthy Body
30 Apr 2019

Olahraga Ringan Buat Kamu yang Males ke Luar Rumah

Udah jadi rahasia umum kalau berolahraga bisa menjaga sekaligus meningkatkan kesehatan tubuh kita. S...
Healthy Body
10 Jan 2020

Tips Simple Cegah Infeksi Saluran Kemih!

Kamu pernah nggak, Girls, mengalami sering buang air kecil? Hal ini pastinya bikin kamu nggak nyaman...