Undies Bersih, Miss V-ku Sehat!
ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Undies Bersih, Miss V-ku Sehat!

Undies Bersih, Miss V-ku Sehat!

20 Jun 2019

Undies Bersih, Miss V-ku Sehat!

Kamu masih ingat saat pertama kali mengalami menstruasi? Biasanya, ibulah yang mengajarkanmu memakai pembalut, dan membersihkan noda menstruasi dari undies. Betul nggak? Seakan nggak ada habisnya, ibu juga selalu mengingatkanmu untuk mencuci dengan teliti, supaya bersih. Disikat dengan deterjen, lalu dijemur di bawah sinar matahari.

Sebenarnya nasehat ibu nggak cuma berhubungan dengan berbagai najis dalam agama, atau nilai kesopanan secara umum aja. Tapi, sangat berhubungan juga sama kesehatan reproduksimu. Pada dasarnya, undies yang bersih adalah hal penting, Girls. Tapi seiring makin banyak produk pencuci yang ditawarkan, kamu sebaiknya memahami hal mendasar tentang proses membersihkan undies ini.

Jangan pernah membiarkan undies berlama-lama ada di dalam tumpukkan cucian. Sebaiknya, langsung kamu cuci saat ada waktu senggang. Kalau undies-mu terkena noda darah menstruasi, segera lakukan langkah berikut ini:

  • Siapkan air dingin, masukkan deterjen ke dalamnya
  • Rendam undies selama 10 - 15 menit
  • Kucek sampai noda darah memudar. Kalau masih ada, lakukan ulang langkah di atas
  • Jangan mencuci dengan air panas dan mengeringkannya dengan mesin. Suhu tinggi justru akan mengikat noda ke serat kain, sehingga noda akan susah hilang

Nah, kamu juga nggak boleh asal memilih deterjen yang dipakai untuk mencuci undies, Girls. Pilihlah deterjen yang nggak terlalu keras, yaitu nggak mengandung pemutih. Kalau bisa pilihlah deterjen yang dibuat khusus untuk bayi, karena bersifat hypoallergenic (nggak memicu alergi). Sebaiknya, kamu juga nggak menggunakan pelembut pakaian, untuk mengurangi risiko iritasi.

Setelah dicuci, pastikan undies dijemur dan terkena sinar matahari langsung. Proses ini sangat penting, karena sinar UV matahari bisa mematikan bakteri yang mungkin menempel pada serat-serat bahan undies. Kalau musim hujan, setelah bersih dari noda darah, kamu bisa menggunakan pengering. Tapi, pastikan untuk selalu menyetrika undies, karena suhu panas bisa mematikan kuman.

Praktis kan, Girls? Yuk, lakukan tips di atas mulai dari sekarang! Undies bersih, miss V dijamin sehat!

Ajak teman-temanmu baca artikel ini juga ya, biar mereka tau cara menjaga kebersihan undies-nya!

Related Articles

Healthy Body
30 Mar 2022

8 Manfaat Daun Sage yang Belum Kamu Tahu

Apakah kamu pernah mendengar daun sage? Kalau belum wajar kok, soalnya di Indonesia yang lebih popul...
Healthy Body
20 Jun 2019

Kondom Cegah Kanker Leher Rahim

Para pakar kesehatan dunia mengungkapkan bahwa setidaknya satu kali dalam hidupnya, setengah dari pe...
Healthy Body
19 May 2022

Benarkah Polimenorea Bisa Sebabkan Susah Hamil?

Menurut National Institutes of Health (NIH) siklus menstruasi normal seorang wanita adalah 21-35 har...