Ukuran Payudara Tidak Sama, Apakah Ini Hal yang Normal?
ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Ukuran Payudara Tidak Sama, Apakah Ini Hal yang Normal?

Ukuran Payudara Tidak Sama, Apakah Ini Hal yang Normal?

03 Oct 2022

Ukuran Payudara Tidak Sama, Apakah Ini Hal yang Normal?

Girls, pernahkah kamu berkaca dan memerhatikan payudara dengan saksama? Bila pernah dan mendapati payudaramu tampak tak sama, tak perlu panik. Yuk, cari tahu lebih dulu tentang ukuran payudara tidak sama serta apakah ini termasuk satu hal yang normal dialami perempuan atau nggak dalam artikel berikut!

Apa yang dimaksud dengan ukuran payudara yang tidak sama?

Ukuran payudara yang tidak sama merujuk pada perbedaan proporsi payudara kanan dan kiri perempuan. Walau terdengar sedikit ganjil, ini adalah hal yang wajar dan normal. Seorang dokter spesialis obgyn dari University of Utah menyatakan kalau 90% perempuan setidaknya memiliki perbedaan ukuran payudara sebesar 15–20% setelah fase perkembangan payudaranya selesai (atau sekitar 5 tahun setelah menstruasi pertama). Perbedaan ini kemungkinan besar disebabkan oleh perbedaan jumlah sel jaringan pada satu payudara dengan payudara lainnya.

Penyebab ukuran payudara tidak sama

Di luar perbedaan jumlah sel jaringan, ukuran payudara yang tidak sama juga dapat disebabkan oleh faktor genetik dan beberapa kondisi medis, seperti:

  • Kehamilan. Saat mengandung, payudara seorang perempuan akan tumbuh lebih besar seiring dengan tubuh yang bersiap untuk fase menyusui. Menurut laman verywell health, perubahan ini juga kadang membuat salah satu payudara perempuan menjadi asimetris.
  • Atypical ductal hyperplasia (ADH). ADH adalah kondisi ketika sel-sel abnormal terakumulasi di saluran susu dan lobulus salah satu payudara. Pada akhirnya, payudara tersebut mengalami pertumbuhan berlebihan. Kondisi ini bukan bagian dari kanker, namun dapat meningkatkan risiko kanker payudara.
  • Hypoplastic breasts. Hipoplasia payudara biasa juga disebut sebagai payudara yang tidak berkembang. Maksudnya, salah satu payudara perempuan dengan kondisi ini bisa berukuran kecil, tipis, berjarak jauh, atau sangat tidak rata. Areola atau area di sekitar puting juga mungkin bisa tampak besar.
  • Juvenile hypertrophy. Hipertrofi payudara adalah kondisi ketika satu payudara tumbuh jauh lebih besar dari payudara yang lain. Kondisi ini tergolong langka dan belum diketahui penyebab pastinya. Namun, para peneliti memperkirakan hal ini ada kaitannya dengan produksi hormon seorang perempuan.

Apakah ukuran payudara yang tidak sama ini normal?

Seperti yang telah dijelaskan di atas, ukuran payudara tidak sama adalah hal yang banyak dialami oleh perempuan. Jadi, kamu tidak perlu khawatir apabila memiliki kondisi ini juga. Meski begitu, sebaiknya kamu tetap melakukan mamografi atau pemeriksaan kelenjar payudara menggunakan sinar X secara reguler untuk mendeteksi kelainan payudara sejak dini.

Related Articles

Healthy Body
10 Oct 2019

9 Tanda Tubuhmu Saat Berovulasi

Girls, kamu tau nggak tanda-tanda tubuhmu saat berovulasi? Nggak seperti menstruasi yang ditandai de...
Healthy Body
24 Oct 2019

Kok Terasa Nyeri dan Keluar Darah?

Kamu pernah mengalami nyeri saat buang air kecil, Girls? Atau jangan-jangan ada darah yang ikut kelu...
Healthy Body
19 Mar 2022

Ketahui Manfaat Daun Sirih pada Pembalut

Seiring perkembangan zaman, kini pembalut sudah banyak macam dan variannya. Berbagai bahan dan tekno...