ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Tips Simple Cegah Infeksi Saluran Kemih!

Tips Simple Cegah Infeksi Saluran Kemih!

10 Jan 2020

Tips Simple Cegah Infeksi Saluran Kemih!

Kamu pernah nggak, Girls, mengalami sering buang air kecil? Hal ini pastinya bikin kamu nggak nyaman, kan? Karena harus mondar-mandir ke toilet. Berdasarkan informasi dari para ahli urologi, seseorang terkategori mengalami gangguan sering buang air kecil, kalau melakukannya lebih dari 8 kali dalam sehari. Hmm…kira-kira penyebabnya apa aja ya? Terus, gimana cara mengatasinya?

Beberapa kondisi yang menyebabkan seorang perempuan sering buang air kecil, antara lain, Infeksi saluran kemih. Kondisi ini dapat terjadi kalau ada bakteri masuk ke saluran kemih. Dipastikan 50-60% perempuan pernah mengalami 1 kali infeksi saluran kemih dalam hidupnya. Gangguan ini bisa diatasi dengan pengobatan antibiotik. Infeksi saluran kemih dapat dicegah dengan cara:

  • Minum air yang cukup
  • Tidak menahan keinginan buang air kecil terlalu lama
  • Selalu bersihkan dan keringkan area vagina setelah menggunakan toilet

Girls, kamu harus tau nih, kalau kandung kemih ini sangat sensitif. Kondisi ini bisa dialami seorang perempuan karena kandung kemih mengalami gangguan, otot melemah sehingga nggak bisa menampung urin lebih lama, sekalipun kandung kemih belum penuh. Faktor-faktor yang menyebabkan hal ini terjadi adalah gangguan jaringan otot dan syaraf, ketidakseimbangan hormon, dan tekanan pada kandung kemih yang dipicu pembengkakan organ lain di sekitarnya. Kalau kamu mengalami kondisi ini, sebaiknya segera perikasakan ke dokter ya, Girls

Nah, sekarang kamu udah tau kan, Girls, kenapa kamu   sering buang air kecil dan gimana cara mengatasinya? Hal yang penting yang perlu kamu ingat sehubungan dengan kondisi ini adalah, kebersihan setelah buang air kecil, karena saluran kemih menyatu dengan saluran reproduksi di ujung vagina. Maka dari itu, setiap kali berkemih, pastikan menggunakan air untuk membilas area tersebut. Hal ini penting dilakukan supaya  kuman yang tersaring tubuhmu dan dibawa keluar melalui urin nggak diam di ujung vagina, karena kuman itu bisa masuk dan menyebabkan infeksi di saluran reproduksi lho, Girls!

Yuk, ajak teman-teman kamu baca artikel ini, Girls! Supaya mereka juga bisa mengetahui tips untuk mencegah terjadinya infeksi saluran kemih!

Related Articles

Healthy Body
01 May 2019

Gimana ya, Caranya Mendeteksi Kanker Ovarium?

Kamu tau nggak sih Girls, Lembaga Kanker Kanada melaporkan kalau setiap tahun ada 2.600 perempuan ya...
Healthy Body
15 Oct 2019

Kenapa Punyaku Berbeda?

Kamu pernah membandingkan bentuk dan ukuran payudaramu sama teman seusiamu nggak, Girls? Pasti beda ...
Healthy Body
24 Jun 2019

Tanda-tanda Butuh Bra Baru

Fungsi utama bra adalah menyangga payudara agar kita nyaman saat beraktivitas. Sama halnya seperti p...