3 Tips Merawat Tubuh Supaya Tetap Bersih dan Wangi
ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

3 Tips Merawat Tubuh Supaya Tetap Bersih dan Wangi

3 Tips Merawat Tubuh Supaya Tetap Bersih dan Wangi

13 Nov 2019

3 Tips Merawat Tubuh Supaya Tetap Bersih dan Wangi

Selama masa puber, di dalam tubuh kamu akan terjadi berbagai perubahan lho, Girls. Tapi, nggak semua perubahan itu membuat kamu makin ok, malah ada yang sebaliknya. Di usia remajamu saat ini, kulit tubuh dan kulit kepala menjadi lebih sering berminyak dan setiap hari terlihat bulu-bulu di bagian tubuh tertentu, yang akan bertambah panjang atau berkeringat dan kamu akan mudah berbau badan. Eits, tapi, tenang dulu, Girls. Supaya tubuhmu tetap bersih dan wangi, kamu bisa lakukan tips perawatan ini kok!

  1. Rambut dan Kulit Kepala

Kamu pastinya tau banget kan, Girls, kalau saat ini rambutmu jadi lebih cepat lepek dan kulit kepala sering lengket. Kondisi ini umum banget dialami saat kamu remaja. Hal ini disebabkan karena, setiap helai rambut punya kelenjar minyak (sebaceous gland) yang berfungsi membuat rambut terlihat bercahaya dan waterproof. Tapi di usia remaja, kelenjar minyak berproduksi lebih, sampai rambut terlihat berminyak dan lengket. Kamu bisa melakukan perawatan seperti di bawah ini:

  • Keramas setiap hari atau setidaknya dua hari sekali untuk mencegah pengumpulan minyak pada rambut dan kulit kepalamu ya, Girls.
  • Gunakan air hangat dan sedikit sampo untuk meluruhkan minyak dari rambut dan kulit kepala. Kalau dirasa sangat berminyak, gunakan sampo khusus untuk rambut berminyak.
  • Jangan menggosok terlalu keras saat keramas. Hal itu bisa menyebabkan iritasi pada kulit kepala dan merusak rambut.
  • Bilas sampai bersih, dan usapkan pelembap secukupnya.
  • Kalau kamu menggunakan produk penataan rambut, pilihlah produk yang di kemasannya tertera “greaseless” atau “oil free”
  1. Kulit tubuh

Gangguan yang paling kerasa yang berhubungan dengan kulit adalah keringat. Sebenarnya sebelum berusia remaja, kelenjar keringat telah aktif bekerja. Tapi, pada masa remaja, kelenjar keringat akan memroduksi sejenis hormon yang beraroma menusuk, dan dilepaskan bersamaan dengan keringat. Hormon inilah yang menyebabkan tubuhmu memiliki aroma khas, dan cenderung mengganggu. Kamu bisa  mengatasinya dengan perawatan di bawah ini:

  • Cara terbaik untuk merawat kulit tubuh adalah mandi setiap hari, pagi dan sore dengan sabun. Sabun bersifat alkalis yang berfungsi untuk membersihkan minyak dan kotoran di permukaan kulit, dan dapat mematikan bakteri kulit yang dapat memperburuk bau badanmu, Girls.
  • Keringkan tubuh dengan handuk setiap kali habis mandi, atau setelah berkeringat hebat.
  • Ganti baju, baju dalam, dan kaus kaki setiap hari. Kalau kamu cenderung berkeringat, pilihlah bahan baju yang terbuat dari katun atau bahan lain yang menyerap keringat.
  • Bagian tubuh yang seringkali beraroma nggak sedap adalah ketiak. Untuk mengatasi aroma di bagian tubuh ini, kamu bisa menggunakan deodoran.  Area vagina juga bisa beraroma lho, Girls. Di sekitar vagina banyak lipatan kulit sehingga tingkat kelembapannya cenderung tinggi. Cara paling tepat membersihkan area ini, adalah membilasnya dengan air bersih setelah buang air kecil, dan gerakan yang dilakukan adalah dari arah depan ke belakang, untuk mencegah perpindahan bakteri dari sistem pembuangan.
  1. Bulu tubuh

Di usia remaja seluruh tubuh kamu akan mulai tumbuh bulu, dan pada bagian tubuh tertentu seperti ketiak atau tulang pubis, terlihat semakin nyata. Sebaiknya bulu-bulu tubuh ini diperhatikan karena kalau dibiarkan menebal dapat memicu kondisi yang mengganggu kesehatan kulit. Kamu bisa merawatnya dengan tips di bawah ini, Girls:

  • Bulu di ketiak sebaiknya selalu dibersihkan. Cara yang disarankan adalah menggunakan alat cukur. Tapi, berhati-hatilah saat melakukannya, karena pada bagian tubuh ini terdapat banyak lipatan kulit, sehingga mudah terluka.
  • Jangan merapikan rambut pubis dengan cara mencukur ya, Girls. Kalau hal ini dilakukan, akan terjadi iritasi kulit saat rambut itu bertumbuh. Kulit di area tersebut akan terasa sangat gatal. Jadi, sebaiknya kamu merapikannya dengan gunting.

So, gampang banget kan, Girls, merawat tubuhmu supaya bersih dan wangi? Sebenarnya hal ini sangat penting kamu lakukan, karena selain untuk kenyamanan dirimu sendiri, orang-orang yang berada di sekitarmu juga akan merasa nyaman dan nggak risih dengan penampilanmu, Girls. So, jangan lupa lakukan tips perawatannya di atas ya, Girls. Let’s try it!

Yuk, jangan lupa ajak teman-temanmu baca artikel ini, Girls! Supaya mereka juga bisa mengetahui tips merawat tubuh supaya tetap bersih dan wangi!

Related Articles

Healthy Body
10 May 2019

Pentingnya Pap Smear Untuk Hidup Kamu

Girls, tau nggak kalau sampai sekarang, kanker leher rahim adalah penyebab kematian perempuan no. 1 ...
Healthy Body
13 Nov 2019

Waspadai Gejala dari Gangguan Penebalan Dinding Rahim!

Kamu tau nggak sih, Girls? Ternyata dinding rahim memiliki tingkatan batas normal ketebalannya. Kond...
Healthy Body
10 Oct 2019

9 Tanda Tubuhmu Saat Berovulasi

Girls, kamu tau nggak tanda-tanda tubuhmu saat berovulasi? Nggak seperti menstruasi yang ditandai de...