Tips Biar Miss V Bebas Gatal!
ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Tips Biar Miss V Bebas Gatal!

Tips Biar Miss V Bebas Gatal!

05 Nov 2019

Tips Biar Miss V Bebas Gatal!

Selain PMS, perempuan sering mengeluhkan miss v gatal saat menstruasi. Kamu pernah mengalaminya nggak, Girls? Ada banyak gangguan yang bisa dialami miss v kalau nggak dijaga kebersihannya saat mensturasi. Sebenarnya, struktur miss v yang terdiri dari banyak lipatan, menyebabkannya gampang mengalami lembap, sehingga sangat wajar kalau sesekali terasa gatal. Tapi seharusnya setelah dibasuh dan dikeringkan, gatal itu akan hilang. Kalau miss v gatal sangat intens, disertai nyeri, beraroma nggak sedap, dan produksi cairan berlebih, sebaiknya jangan kamu tangani kondisi ini sendiri. Sangat disarankan supaya kamu segera berkonsultasi dengan dokter.

Saat menstruasi, selalu terjadi peningkatan kondisi lembap di area miss v. Sepanjang hari kamu menggunakan pembalut yang menempel di permukaan kulit miss v. Kondisi ini akan menghambat aliran udara ke permukaan kulit. Padahal permukaan miss v nggak rata, terdiri dari lekukan dan lipatan. Inilah yang menyebabkan lembap meningkat.

Kondisi lembap berlebih menyebabkan reaksi bakteri dan jamur yang ada di permukaan kulit menjadi patogen (merusak). Akibatnya kulit terinfeksi, berubah jadi kemerahan, cenderung bengkak dan miss v akan terasa gatal. Gangguan kulit ini sebaiknya nggak dibiarkan, karena menstruasi yang dijalani akan terasa nggak nyaman. Kamu harus segera periksakan kondisi ini ke dokter, karena cuma obat antiinfeksi dari dokter yang bisa mengatasi masalah miss v gatal yang disebabkan oleh infeksi ini.

Selain lembap, miss v gatal bisa juga disebabkan karena cara yang salah saat membersihkannya. Jangan lupa lho, area kulit miss v relatif tipis dan sangat sensitif. Kalau digosok terlalu keras, atau memakai sabun yang salah, pembalut yang nggak tepat, justru bisa menyebabkan gangguan miss v dan menyebabkan miss v jadi terasa gatal. Miss v sama sekali nggak memerlukan sabun khusus untuk membersihkannya. Apalagi sabun berpewangi. Bahan kimia di dalam pewangi bisa menyebabkan miss v teriritasi lho, Girls!

Sebenarnya membersihkan dan menjaga kesegaran miss v saat menstruasi bisa dilakukan dengan simple kok. Gimana sih, caranya?

  • Bersihkan miss v dengan air. Lakukan setiap kali sehabis BAK ataupun BAB, dan sebelum mengganti pembalut. Lakukan setiap kali setelah pipis atau BAB. Gunakan air yang mengalir, karena menggunakan air yang tertampung bisa menyebabkan risiko adanya jamur dan bakteri relatif lebih besar. Sekali sehari, saat mandi sore, bersihkan area miss v dengan air hangat dan sabun yang nggak mengandung pewangi.
  • Keringkan area miss v sampai benar-benar kering, supaya kulit nggak lembap. Jangan menyeka saat mengeringkan. Buka area kulit yang berlipat, dan tepuk-tepuk sampai kering.
  • Jangan menggunakan celana dalam dari bahan sintetis dan ketat. Celana dalam seperti itu bisa memicu kelembapan di permukaan kulit, karena menghalangi aliran udara dan menyebabkan miss v gatal. Ganti segera celana dalam dan luar yang basah, karena akan memicu miss v gatal akibat reaksi jamur di permukaan kulit.
  • Ganti pembalut setiap kali terasa lembap, dan pilih pembalut yang tepat. Jenis pembalut yang dimaksud adalah pembalut yang nggak cuma menyerap dan menampung cairan menstruasi, melainkan juga menjaga kesehatan kulit area miss v-mu. Saat ini, satu-satunya pembalut jenis ini adalah Laurier Healthy Skin. Pembalut ini memiliki permukaan 3D pori bergelombang, sehingga meningkatkan 80% sirkulasi udara ke permukaan kulit area miss v. Jadinya, pembalut tetap kering dan kulit bebas lembap, sehingga mencegah terjadinya iritasi plus miss v gatal!
  • Bersihkan miss v dengan gerakan yang benar, yaitu dari arah depan (vagina) ke arah belakang (saluran pembuangan). Kalau kamu melakukan hal sebaliknya, bakteri, kuman atau virus yang ada di saluran pembuangan malah berpindah ke area miss v. Kulit berisiko terinfeksi, menimbulkan ruam, dan miss v gatal.
  • Pakai pantyliner saat nggak menstruasi. Pantyliner adalah benda yang dibuat khusus untuk melindungi kulit miss v dari kondisi lembap akibat produksi cairan vagina setiap hari. Pastikan untuk mengganti pantyliner setiap 4 jam, dan nggak menggunakannya saat tidur malam ya!
  • Rapikan bulu pubis. Rambut tubuh ini sebaiknya nggak dicukur habis, karena memiliki fungsi untuk melindungi kulit di area miss v dari gesekan. Kamu cukup pastikan aja nggak tumbuh terlalu lebat, supaya nggak menyebabkan lembap berlebih yang bisa memicu iritasi kulit, sehingga membuat miss v gatal.

Gampang banget kan, cara merawat miss v supaya bebas gatal? Kalau kamu rajin melakukan hal-hal di atas, maka kulit miss v pasti akan bebas lembap. Ingat ya, kalau gatal belum berkurang juga saat obat yang diberikan dokter habis, segera kembali dan periksakan kondisi ini, Girls. Miss v gatal karena infeksi kulit perlu diatasi sampai tuntas, supaya mencegah gangguan reproduksi yang lebih serius. Karena 8 dari 10 wanita Indonesia berpotensi mengalami iritasi lho! Untuk info lebih lanjut, kamu bisa cek www.dontgetirritated.id #DontGetIrritated

Jangan lupa share info ini ke teman-temanmu ya, biar mereka tau cara merawat dan menjaga kesehatan miss v-nya!

Related Articles

Healthy Body
01 May 2019

Gimana ya, Caranya Mendeteksi Kanker Ovarium?

Kamu tau nggak sih Girls, Lembaga Kanker Kanada melaporkan kalau setiap tahun ada 2.600 perempuan ya...
Healthy Body
09 Jun 2021

Konsumsi Makanan Ini untuk Memperlancar Menstruasi

Hai girls, kalian tahu gak sih kalau hampir semua perempuan pasti pernah merasakan siklus menstruasi...
Healthy Body
11 Jul 2019

Ada Apa Aja di Organ Reproduksi?

Ada banyak hal menjadikan kita, wanita, spesial. Selain sifat dasar senang merawat, lebih peka dan c...