Tips Ampuh Atasi Nyeri Punggung Tanpa Obat!
ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Tips Ampuh Atasi Nyeri Punggung Tanpa Obat!

Tips Ampuh Atasi Nyeri Punggung Tanpa Obat!

06 Jan 2020

Tips Ampuh Atasi Nyeri Punggung Tanpa Obat!

Girls, saat menstruasi nyeri punggung akan selalu dirasakan oleh beberapa cewek. Cara mengatasinya pun nggak susah karena hanya mengonsumsi obat pereda nyeri, dalam sekejap nyeri yang kamu rasakan akan hilang. Tapi, kamu tau nggak sih, sebenarnya tanpa obat pereda nyeri pun, gangguan ini bakalan hilang lho, Girls. Hal ini disebabkan karena penyebab nyeri punggung saat menstruasi berasal dari ketegangan otot, sehingga nyeri bisa diatasi hanya dengan melakukan relaksasi. Lakukanlah tips di bawah ini untuk meredakan nyeri yang kamu rasakan menjelang atau saat menstruasi, Girls!

  • Kompres area punggung yang nyeri atau pegal dengan kompresan panas. Lakukan sekitar 20 menit, pastikan suhu kompresan nggak terlalu panas, supaya kulit nggak melepuh.
  • Jalan kaki selama 10 - 30 menit di pagi hari. Cara ini meredakan ketegangan otot di bagian punggung bawah. Kalau ketegangan otot mereda, maka nyeri akan hilang, Girls.
  • Hindari terlalu banyak duduk, karena akan menyebabkan lebih nyeri. Kalau kamu sedang berada di kantor, cobalah berdiri dan berjalan 5-10 menit, setelah duduk selama 1 jam ya, Girls.
  • Batasi makanan berkadar kafein tinggi dan makanan yang mengandung banyak garam. Berhentilah merokok, dan hindari alkohol. Kalau semua hal tersebut dilakukan, rasa nyerimu nantinya akan berkurang.
  • Minum teh. Beberapa jenis teh diketahui memiliki khasiat melenturkan ketegangan. Cobalah teh yang mengandung Dong Quai atau Chamomile.
  • Pijatan dapat meredakan ketegangan otot. Untuk meredakan nyeri punggung, pijat seluruh bagian bawah tubuh. Pastikan hal ini pada terapis yang memijat ya, Girls.

So, simple banget kan, Girls? Coba kamu lakukan tips di atas, supaya nyeri punggung yang kamu alami cepat mereda, dan nggak lagi mengganggu keseharianmu, Girls. Jadi, kamu bisa tetap beraktivitas dengan nyaman selama menstruasi.

Ajak teman-teman yang lain baca artikel ini ya, Girls! Supaya mereka juga mengetahui cara meredakan nyeri punggung tanpa obat selama menstruasi!

Related Articles

Healthy Body
08 Jan 2020

Benar Nggak sih, Air Dingin Bisa Menyebabkan Kanker Rahim?

Kamu tau nggak, Girls, saat ini kepedulian perempuan Indonesia terhadap kesehatan reproduksi, terleb...
Healthy Body
10 Dec 2019

3 Cara Simple Periksa Kesehatan Payudara

Girls, ternyata sejak masih remaja, setiap cewek udah disarankan untuk mengenal dengan baik kondisi ...
Healthy Body
16 Oct 2020

Caraku Mencukur Bulu Pubis Sudah Benar Belum, Ya?

Kamu boleh banget mencukur bulu pubis saat sudah terasa lebat dan bikin nggak nyaman, Girls! Namun, ...