ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Terkena Penyakit Menular Seksual Tanpa Hubungan Intim

Terkena Penyakit Menular Seksual Tanpa Hubungan Intim

25 Oct 2019

Terkena Penyakit Menular Seksual Tanpa Hubungan Intim

Mungkin kamu cuma tau kalau Penyakit Menular Seksual, atau dikenal PMS, bisa ditularkan melalui hubungan seksual dengan penetrasi. Tapi, ternyata ada beberapa cara lain juga yang bisa menyebabkan seseorang terinfeksi PMS lho, Girls. Diketahui ada 4 cara lain yang memungkinkan seseorang mengalami PMS. Apa aja sih?

  1. Berciuman

Berciuman bibir ternyata bisa menjadi cara penularan PMS jenis herpes type 1 lho, Girls. Jenis virus ini bisa dibawa seseorang dalam kondisi aktif di dalam saliva, sekalipun nggak menunjukkan gejala. Saat berciuman, kemungkinan besar virus bisa berpindah melalui luka yang ada di rongga mulut atau bibir. So, be careful, Girls!

  1. Oral Sex

Ternyata aktivitas seksual yang menggunakan oral ini berpotensi memicu penularan virus pemicu infeksi seksual. Hal ini karena adanya cairan genital yang mungkin berpindah dari organ intim ke rongga mulut.

  1. Dry Sex

Istilah ini untuk menjelaskan aktivitas seksual tanpa melepaskan baju dalam. Kalau proses perpindahan cairan tubuh aja mampu menularkan virus herpes, maka sentuhan kulit kelamin di balik selapis celana dalam pun bisa menyebabkan perpindahan virus penyebab kutil kelamin lho, Girls. Risiko perpindahan ini relatif tergantung pada tingkat infeksi seseorang dan seberapa luasnya kulit yang bersentuhan.

  1. Kontak nggak langsung

Proses perpindahan virus infeksi kelamin bisa terjadi melalui media yang dipakai bersama dengan orang yang memiliki virus, seperti saat menggunakan toilet (biasanya di tempat umum, seperti mall, dan lain-lain) atau handuk. Ternyata parasit Trichomoniasis, yang bisa hidup selama 45 menit di luar tubuh, dengan gampang bisa berpindah dan menyebabkan gangguan di organ genitalmu lho. Makanya, sangat disarankan untuk nggak berbagi handuk dengan seseorang, dan jangan menggunakan toilet umum tanpa membersihkannya terlebih dulu.

Mengingat risiko terinfeksi penyakit seksual relatif besar, pastikan kamu harus ekstra hati-hati, bahkan saat nggak melakukan hubungan seksual sekalipun. Be aware, Girls!

Yuk, share info ini ke teman-temanmu, supaya mereka lebih menjaga kesehatan organ reproduksinya dan terhindari dari penyakit menular seksual! ‘Cause sharing is caring, Girls!

Related Articles

Healthy Body
09 Jan 2020

Dampak Gangguan Tiroid yang Terjadi Saat Menstruasi

Girls, kamu tau nggak, sebenarnya siklus menstruasi sangat tergantung pada keseimbangan kadar menstr...
Healthy Body
12 Dec 2019

Melawan Insomnia

Kamu sering begadang buat mengerjakan tugas? Kamu harus tau nih, setiap remaja, baik cewek ataupun c...
Healthy Body
09 Jan 2020

Waspadai Gejala dari Nyeri Endometriosis!

Girls, nyeri perut yang kamu alami selama masa mentruasi, terkategori masih dalam hal yang wajar dar...