Tanda-tanda Tubuhmu Memasuki Periode Ovulasi
ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Tanda-tanda Tubuhmu Memasuki Periode Ovulasi

Tanda-tanda Tubuhmu Memasuki Periode Ovulasi

06 Jan 2020

Tanda-tanda Tubuhmu Memasuki Periode Ovulasi

Girls, selama tubuhmu berkembang, kamu akan mengalami periode ovulasi, yaitu periode penting di dalam siklus reproduksi, di luar masa menstruasimu. Buat kamu yang memiliki pasangan dan sedang merencanakan keluarga, pada periode ovulasi ini bisa dioptimalkan sehingga kemungkinan terjadinya pembuahan meningkat, dan sebaliknya kalau ingin menghindari kehamilan, maka sepanjang ovulasi sebaiknya kamu nggak melakukan aktivitas seksual, Girls.

Berdasarkan data medis, diketahui perempuan yang telah matang sistem reproduksinya mengalami ovulasi selama 2 x 24 jam. Biasanya terjadi pada hari ke 12 - 14, pada seorang perempuan bersiklus menstruasi pendek (kurang atau sama dengan 30 hari), dan pada hari ke 14 - 16 terjadi pada perempuan bersiklus panjang (lebih dari 30 hari). Selama ovulasi berlangsung, tubuh menampilkan beberapa gejala yang terlihat berbeda-beda dialami perempuan, tetapi ada juga yang nggak mengalami gejala apapun. Walaupun demikian, sebenarnya ada 2 gejala yang selalu sama lho, Girls.

  • Perubahan cairan vagina

Pada masa subur, cairan yang keluar dari vagina mengalami perubahan. Cairan menjadi seperti putih telur. Bening, dan lebih lengket. Tapi, nggak selalu setiap perempuan mengalami hal ini. Ada juga yang hanya mengalami peningkatan produksi cairan, dan ovulasi terjadi ketika cairan diproduksi sangat banyak.

  • Peningkatan suhu tubuh

Pada kebanyakan perempuan, ketika ovulasi terjadi maka suhu tubuh cenderung mengalami turun, dan tepat setelah ovulasi meningkat tajam, sehingga terasa seperti demam. Mencermati peningkatan suhu tubuh setiap bulan, dapat memberi informasi yang akurat tentang terjadinya ovulasi, karena hal ini cenderung dialami setiap kali terjadi ovulasi oleh setiap perempuan, Girls.

Nah, udah paham kan, Girls? Sebenarnya sekarang udah ada cara yang lebih praktis untuk mendeteksi periode ovulasi. Benda tersebut terlihat seperti alat uji kehamilan instan, dan umumnya digunakan dengan cara meneteskan urin. Sama seperti alat uji kehamilan, alat pendeteksi ovulasi ini bekerja mendeteksi hormon yang terdapat di dalam urin lho, Girls.

Yuk, share artikel ini ke reman-teman yang lain, Girls! Supaya mereka juga mengetahui apa saja tanda-tanda tubuh saat memasuki periode ovulasi.

Related Articles

Healthy Body
06 Jan 2020

Tips Ampuh Atasi Nyeri Punggung Tanpa Obat!

Girls, saat menstruasi nyeri punggung akan selalu dirasakan oleh beberapa cewek. Cara mengatasinya p...
Healthy Body
06 Nov 2020

Tips Cegah Sakit Saat Musim Hujan

Musim hujan akhirnya datang, Girls! Sayangnya, kamu perlu hati-hati karena dia enggak datang sendiri...
Healthy Body
25 Oct 2019

Terkena Penyakit Menular Seksual Tanpa Hubungan Intim

Mungkin kamu cuma tau kalau Penyakit Menular Seksual, atau dikenal PMS, bisa ditularkan melalui hubu...