Rawat Payudara Sesuai Umurmu yuk!
ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Rawat Payudara Sesuai Umurmu yuk!

Rawat Payudara Sesuai Umurmu yuk!

03 Dec 2019

Rawat Payudara Sesuai Umurmu yuk!

Kamu tau nggak, kalau seiring bertambahnya usia, akan terjadi perubahan fisik yang berdampak sama penurunan fungsi organ tubuhmu? Ternyata payudara juga mengalami proses perubahan ini lho! Nggak cuma bentuknya aja, tapi kesehatannya juga. Kondisi ini mesti kamu pahami, supaya kamu bisa merawat kesehatan payudara dengan tepat, Girls.

Usia 20-an

Di usia ini, biasanya belum banyak lemak yang mengisi kelenjar-kelenjar payudara. Bentuk payudara masih sangat baik, karena otot penghubung rongga dada dan payudara masih sangat kencang. Sebaiknya kamu lakukan hal-hal berikut, untuk merawatnya:

  • Pakai bra sesuai ukuran, dan selalu pakai sport bra pas kamu lagi berolahraga supaya payudaramu mendapatkan support yang baik saat bergerak.
  • Lakukan SADARI (Periksa Payudara Sendiri) setiap kali setelah kamu selesai menstruasi, dan sebisa mungkin lakukan pemeriksaan payudara setahun sekali ke dokter.

Usia 30-an

Kebanyakan perempuan pasti udah sempat hamil di usia ini. Payudara biasanya bertambah besar ukurannya saat lagi hamil, sehingga kulit akan merenggang dan terbentuklah stretch mark, sehingga terlihat kendor. Kalau kamu di usia ini, sebaiknya melakukan hal-hal berikut:

  • Pengaturan bobot tubuh saat hamil. Kalau kamu menjaga berat badanmu, maka kamu juga bisa mencegah terbentuknya stretch mark lho!
  • Kalau mengalami mastitis (pembengkakan payudara akibat infeksi bakteri) waktu lagi menyusui, sebaiknya segera periksa ke dokter, Girls.
  • Kalau kamu belum hamil, pastikan bobot tubuh kamu seimbang supaya bentuk payudaramu tetap terjaga. Lakukan juga olahraga rutin untuk melatih otot penghubung antara rongga dada dan payudara.
  • Lakukan SADARI setiap kamu selesai menstruasi, dan kalau kamu berusia 35 tahun ke atas, segera lakukan mamografi setiap tahunnya, apalagi kalau ada keluarga dari garis keturunan ibu yang mengalami kanker payudara.

Usia 40-an

Pada usia ini, kelenjar payudara mulai menyusut. Kondisi ini disebabkan adanya perubahan kadar hormon reproduksi. Dampaknya, payudara akan mengendor. Kalau kamu di usia ini, sebaiknya lakukan hal berikut:

  • Pakai push up bra, untuk menjaga bentuk payudaramu.
  • Lakukan SADARI setiap kamu selesai menstruasi.
  • Lakukan mamografi pertama di usia 40 tahun, kalau kamu nggak punya riwayat kanker payudara dari garis keturunan ibu.

Ternyata beda umur, beda juga cara perawatannya lho! Jangan malas untuk merawat payudaramu dengan cara-cara di atas, sesuai umurmu ya! Kalau kesehatan payudaramu terjaga, pasti kamu juga akan terhindar dari berbagai penyakit yang bisa membahayakan payudara. Be aware, Girls! Only you can save your life!

Share info ini ke teman-temanmu juga yuk, supaya mereka tau cara merawat payudaranya dengan baik!

Related Articles

Healthy Body
17 Jul 2020

Apa Itu Terapi Hormon?

Kamu pernah dengar tentang terapi hormon nggak, Girls? Terapi hormon sebenarnya dilakukan untuk meng...
Healthy Body
10 Jan 2020

Yuk, Pastikan Kesehatan Payudaramu dengan Gerakan SADARI!

Girls, kamu tau nggak, kalau sebenarnya ada gerakan untuk mencegah kanker payudara lho, yaitu dengan...
Healthy Body
20 Jun 2019

Undies Bersih, Miss V-ku Sehat!

Kamu masih ingat saat pertama kali mengalami menstruasi? Biasanya, ibulah yang mengajarkanmu memakai...