ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Pingsan saat Menstruasi, Apakah Berbahaya?

Pingsan saat Menstruasi, Apakah Berbahaya?

12 Jan 2024

Pingsan saat Menstruasi, Apakah Berbahaya?

Menstruasi adalah hal normal yang pasti dialami oleh setiap perempuan. Pada saat menstruasi datang, biasanya akan menimbulkan rasa tidak nyaman pada perut dengan tingkat yang berbeda. Ada yang hanya mengalami sedikit perasaan tidak nyaman, tetapi ada juga yang mengalami sakit berlebih hingga sulit untuk melakukan aktivitas. Tidak hanya itu saja, bahkan ternyata ada juga yang jadi mudah pingsan selama menstruasi.

Penyebab Pingsan saat Menstruasi

Selama menstruasi, tubuh akan mengalami berbagai perubahan, seperti fluktuasi hormon, perubahan tekanan darah, dan juga perubahan tekanan darah. Berbagai perubahan tersebut dapat menimbulkan reaksi yang berbeda pada setiap perempuan, salah satunya adalah pingsan saat menstruasi.

Sinkop vasovagal merupakan jenis pingsan yang umum terjadi pada saat menstruasi. Sinkop vasovagal adalah kondisi ketika seseorang pingsan mendadak akibat reaksi tubuh yang berlebihan terhadap sesuatu, seperti tekanan emosi, rasa sakit berlebihan, dan perubahan hormon.

Baca juga: Nyeri Menstruasi vs Endometriosis, Gimana Cara Membedakannya?

Saat mengalaminya, saraf vagus mengirimkan sinyal sebagai reaksi pada berbagai hal tersebut, sehingga menyebabkan detak jantung dan tekanan darah turun dengan cepat. Akibatnya, aliran darah ke otak berkurang dan orang yang mengalaminya akan pingsan.

Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan terjadinya pingsan mendadak selama menstruasi, antara lain:

  • Dismenore Primer

Dismenore primer adalah kondisi di mana nyeri menstruasi yang terjadi bukan karena adanya masalah pada sistem reproduksi, tetapi umumnya disebabkan peningkatan hormon prostaglandin yang memicu kontraksi pada rahim selama menstruasi.

Pelepasan hormon prostaglandin yang berlebihan dapat menyebabkan menurunnya tekanan darah, sehingga jumlah kadar oksigen yang dikirimkan ke otak menjadi terbatas. Hal inilah yang menyebabkan kamu bisa pingsan karena tubuh perlu memulihkan aliran darah dan pengiriman kadar oksigen ke otak.

Related Articles

Healthy Body
24 Jun 2019

Diet Khusus Sembuhkan Kista Ovarium

Saat ini, kista indung telur adalah salah satu masalah reproduksi yang banyak dialami oleh perempuan...
Healthy Body
27 Jun 2019

Kenapa Bisa Muncul Stretch Marks?

Garis-garis cokelat atau kemerahan pada kulit di bagian tubuh tertentu, dikenal sebagai stretch mark...
Healthy Body
10 May 2019

Pentingnya Pap Smear Untuk Hidup Kamu

Girls, tau nggak kalau sampai sekarang, kanker leher rahim adalah penyebab kematian perempuan no. 1 ...