Pertanyaan Seru tentang Payudara
ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Pertanyaan Seru tentang Payudara

Pertanyaan Seru tentang Payudara

25 Jun 2019

Pertanyaan Seru tentang Payudara

Memasuki usia remaja, tubuh cewek mengalami perubahan bentuk, jadi lebih curvy. Perubahan bentuk ini ditandai pertumbuhan payudara dan pinggul yang mulai membesar. Dibandingkan pinggul, proses pembentukan payudara lebih menarik perhatian. Terlebih lagi jika teman-teman pada seru membicarakan ukuran training bra, sementara kita masih belum memerlukannya. Tiba-tiba terpikir, kenapa kita belum ya? Jika kamu juga bertanya tetang hal yang sama, yuk kita baca uraiannya...

  • Kapan payudara mulai bertumbuh?

Pertumbuhan payudara dimulai pada masa puber. Masa puber adalah periode peralihan dari masa kanak-kanak menjadi seorang perempuan dewasa. Pada masa ini, terjadi perubahan kadar hormon dalam tubuh, dan seorang anak gadis mulai mendapatkan menstruasi dan mengalami pertumbuhan payudara. Namun, pertumbuhan payudara di masa ini sangat tergantung pada faktor nutrisi dan genetis yang diwariskan oleh ibu. Setiap gadis memulainya pada saat yang berbeda, namun umumnya masa puber dialami sejak berusia 11 tahun.

  • Berapa lama proses pertumbuhan payudara?

Sejak awal pertumbuhan, payudara membutuhkan 3 – 5 tahun untuk mencapai ukuran yang sebenarnya. Ukuran akhir payudara seorang perempuan, sama sekali tidak berhubungan dengan usia awal pertumbuhannya. Jadi, jika teman sekelasmu sudah mulai mengalami pertumbuhan payudara pada kelas 1 smp, bukan berarti ukuran akhirnya akan lebih besar – di akhir masa puber - dibandingkan kamu yang belum mengalaminya, di usia yang sama.

  • Normalkah jika payudara terasa nyeri?

Ketika mulai bertumbuh, payudara cenderung sensitif dan sehingga mudah terasa nyeri jika tersenggol atau tersentuh. Jika kamu sudah mengalami haid, maka rasa nyeri yang serupa cenderung dialami seminggu menjelang haid.

  • Bra seperti apakah yang baik dikenakan?

Bra berfungsi untuk menopang payudara. Agar tidak mengganggu gerak, dan kamu tetap nyaman saat beraktivitas. Bra yang nyaman adalah yang sesuai dengan ukuran lingkar dada dan besar payudara.

Related Articles

Healthy Body
10 Jan 2020

4 Gejala Ovulasi yang Sering Diabaikan

Girls, saat tubuh perempuan sedang dalam masa ovulasi, informasi seputar gejala yang muncul adalah h...
Healthy Body
02 May 2019

Hah? Pembalut Expired?

Sebagai cewek yang cerdas, emang sebaiknya kamu harus kritis untuk memastikan hal apapun. Apalagi ya...
Healthy Body
13 Aug 2021

5 Olahraga Ringan yang Bisa Kamu Lakukan Selama PPKM

PPKM atau Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat kembali diperpanjang. Hal ini dilakukan untuk...