Peran Progesteron
ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Peran Progesteron

Peran Progesteron

25 Oct 2019

Peran Progesteron

Hai, Girls! Kamu tau nggak sih, kalau sebenarnya progesteron lebih dikenal sebagai hormon pertumbuhan dan memerankan fungsi penting dalam proses pematangan lho. Ternyata masih banyak banget nih, yang nggak tau apa aja peran dari progesteron.

Di dalam tubuh perempuan, progesteron diproduksi oleh Corpus luteum, yaitu sebuah jaringan di dalam ovarium, dan sebagian kecilnya diproduksi oleh kelenjar-kelenjar adrenalin. Nantinya bersama dengan estrogen, progesteron memiliki tugas utama untuk mempersiapkan rahim menghadapi kehamilan (kalau dalam rahim terjadi pembuahan). Progesteron juga mempunyai tugas penting untuk merangsang dinding tuba fallopi dalam menyediakan nutrisi bagi sel telur yang akan melewatinya.

Kalau ada peningkatan kadar progesteron setelah masa subur, hal itu bisa menyebabkan payudara membengkak. Akibatnya, payudara akan bertambah besar dan lebih kencang dibandingkan dengan sebelum menstruasi. Nggak cuma itu, progesteron ternyata juga bisa memicu peningkatan nafsu makan lho, Girls. Jadi inilah sebabnya perempuan sering merasa lapar setelah melewati masa subur.

Progesteron juga bekerja di ginjal dan menyebabkan terjadi penyimpanan garam dan air. Hal inilah yang menyebabkan seorang perempuan merasa kembung dan bertambah berat badannya selama periode kedua siklus menstruasi.

Pada fase terakhir di siklus menstruasi, progesteron bisa menyebabkan lendir di leher rahim menebal dan jadi lebih lengket, sehingga membentuk sumbatan di area leher rahim. Ini adalah cara untuk mengunci rahim demi melindungi janin yang mungkin berkembang.

Aktivitas progesteron lainnya di dalam tubuh adalah untuk memperbaiki metabolisme lemak, meningkatkan kepadatan tulang, menjaga suasana hati dan kestabilan emosi, serta sebagai perangsang proses pembuangan yang alami. Selain itu, progesteron bisa membantu mencegah terjadinya kanker dan benjolan pada payudara, serta mencegah terjadinya perubahan pada rahim.

Wah, ternyata banyak banget peran progesteron dalam tubuhmu nih, Girls! Supaya kadarnya selalu baik dan mencukupi kebutuhan tubuh, pastikan kamu selalu mengonsumsi makanan sehat ya. Seperti makanan yang kaya Magnesium dan Zinc, sangat disarankan untuk dikonsumsi. Selain itu, bahan makanan yang mengandung Vitamin B, seperti kentang, bayam, kacang-kacangan, dan pisang, juga sangat bagus untuk produksi progesteron lho. Sedangkan untuk konsumsi Vitamin C bisa meningkatkan produksi progesteron kalau dikonsumsi sebanyak 750 mg setiap hari selama 6 bulan berturut-turut.

Yuk, mulai saat ini atur pola makanmu supaya bisa memproduksi banyak progesteron! Share info ini ke teman-temanmu juga ya, supaya mereka bisa mengenal peran penting progesteron dan mulai mengatur pola makan yang sehat!

Related Articles

Healthy Body
14 Jun 2019

3 Unsur Pemicu Endometriosis

Endometriosis adalah gangguan kronis yang dialami perempuan pada organ reproduksi. Kondisi tersebut ...
Healthy Body
10 Dec 2019

4 Hal yang Nggak Boleh Dilakukan Menjelang Pap Smear

Sampai sekarang, pap smear masih menjadi cara yang paling umum dijalani perempuan untuk memastikan d...
Healthy Body
09 Jan 2020

Waspadai Gejala dari Nyeri Endometriosis!

Girls, nyeri perut yang kamu alami selama masa mentruasi, terkategori masih dalam hal yang wajar dar...