Pembalut Expired Bisa Bikin Keputihan
Laurier V Care Expert

Pembalut Expired Bisa Bikin Keputihan

Pembalut Expired Bisa Bikin Keputihan

14 Sep 2021

Pembalut Expired Bisa Bikin Keputihan

Sepertinya kalau mendengar kata “expired” yang terlintas di pikiran adalah makanan, minuman, obat, dan produk kecantikan. Tapi kamu tahu gak sih, kalau pembalut yang biasa digunakan juga bisa expired atau kedaluwarsa lho. Biar tahu dan gak salah pilih produk pembalut, cek informasi di bawah ini ya. 

Pembalut Expired 

Pembalut expired merupakan pembalut yang bisa menyebabkan iritasi dan gatal jika dipakai. Lalu, bagaimana cara menentukan tanggal kedaluwarsa dari pembalut? Biasanya, tanggal produksi tercantum pada kemasan pembalut. Tetapi, tidak semua produk pembalut mencantumkan tanggal pembuatan atau produksi. Untuk menentukannya kamu bisa melihat ciri-ciri pembalut expired seperti berubah warna, bau, dan munculnya jamur dengan bintik hitam atau seperti kapas halus pada permukaan pembalut. Selain itu, ada hal-hal berisiko yang dapat menyebabkan pembalut menjadi kedaluwarsa lho. 

  1. Menyimpan di Tempat yang Salah 
    Tempat menyimpan pembalut ternyata penting untuk diperhatikan lho. Karena pembalut merupakan produk kesehatan yang digunakan di area kewanitaan, penyimpanannya pun harus di tempat yang benar. Pembalut akan lebih aman jika disimpan jauh dari sinar matahari dan tidak diletakan di kamar mandi. Pastikan kamu menyimpannya di tempat kering dan sejuk. 

    Penyimpanan pembalut yang terkena sinar matahari langsung dapat membuat lem perekat pada pembalut menjadi tidak lengket lagi dan akan membuat kamu tidak nyaman saat memakainya. Sedangkan, jika diletakkan di kamar mandi, akan menimbulkan risiko lebih tinggi berkembangnya bakteri dan jamur karena kondisi kamar mandi yang lembab. Perlu diingat, bahwa cuaca panas dan kondisi lembab dapat menyebabkan expired pada pembalut menjadi lebih cepat dibandingkan disimpan di tempat yang kering. 
     
  2. Kemasan yang Tidak Tertutup
    Kalian pernah membuka pembalut dari kemasan luarnya dan tiba-tiba mengurungkan niat memakainya karena suatu hal? Nah, pembalut yang sudah terbuka/terkoyak sebaiknya jangan dipakai lagi ya, karena bisa terpapar debu dan mikroorganisme yang gak terlihat oleh mata. Sebaiknya, sobek kemasan pembalut ketika ingin langsung memakainya, ya. 

    Biasanya, pembalut masih aman digunakan 3 - 5 tahun dari masa produksinya. Pada kemasan pembalut Laurier sudah terdapat angka produksinya lho. Kode produksi tersebut dikenal dengan MFD atau Manufacturing Date atau pembuatan dari pembalut tersebut. Sebagai contoh, kamu melihat angka MFD 20210217. Artinya produk pembalut diproduksi dan dikemas pada tanggal 17 Februari 2021, sehingga selama 3 tahun apabila disimpan dengan baik dan benar tanpa ada perubahan fisik pada pembalut, produk tersebut masih aman digunakan. 

 

Dampak Kesehatan Akibat Pembalut Expired 

Penggunaan pembalut yang sudah kedaluwarsa atau expired dapat meningkatkan iritasi, infeksi, dan keputihan. Pada beberapa kejadian dapat menyebabkan Toxic Shock Syndrome (TTS). TTS dapat terjadi ketika ada bakteri yang masuk ke dalam aliran darah dan menyebabkan pengguna pembalut expired akan merasa demam, sakit kepala, nyeri, mual muntah, sesak, kemerahan pada kulit, dan kejang serta gangguan organ tubuh. Adapun dampak lainnya seperti anyang-anyangan, urin berbau menyengat, dan benjolan pada vagina. Apabila terjadi gejala seperti yang telah disebutkan setelah menggunakan pembalut expired, segera periksakan ke dokter kandungan ya! 

Nah, untuk menghindari risiko tersebut, kamu dianjurkan untuk melakukan hal berikut: 

  • Mencuci tangan sebelum dan sesudah mengganti pembalut 

  • Mengganti pembalut minimal 3-4 jam setelah dipakai (disesuaikan jika darah menstruasi deras, bisa diganti setelah 1-2 jam) 

  • Memakai pembalut anti bakteri yang cocok 

Itu dia beberapa informasi tentang pembalut expired. Ngomongin soal pembalut anti bakteri, ada rekomendasi pembalut terbaik yang bisa kamu coba nih. Yaps, Laurier Healthy Skin! Pembalut ini tersedia panjang 22 cm dan 25 cm yang bisa kamu gunakan di siang hari serta panjang 30 cm dan 35 cm yang bisa kamu gunakan di malam hari. Pembalut ini efektif untuk menjaga kesehatan dan sanitasi area kewanitaan karena dapat mencegah iritasi dan mencegah kelembapan. Dengan inovasi baru 3D bergelombang, pembalut ini bisa menyerap cairan seketika dan meningkatkan 80% sirkulasi udara yang membuat pembalut tetap kering. Pembalut ini juga mudah untuk dibersihkan lho! 

Cocok banget untuk kamu yang memiliki kulit sensitif sekaligus ingin mencari produk yang bisa mencegah timbulnya bakteri akibat lembab. Kamu juga gak perlu worry karena produk Laurier Healthy Skin sudah tercantum tanggal produksi pada kemasannya  lho. Selamat mencoba!  

 

Related Articles
Healthy Body
19 Aug 2019

Probiotik Atasi Infeksi Saluran Kemih

Sekalipun saluran kemih adalah bagian dari sistem pembuangan, karena berada di dalam saluran vagina,...
Healthy Body
10 Oct 2019

9 Tanda Tubuhmu Saat Berovulasi

Girls, kamu tau nggak tanda-tanda tubuhmu saat berovulasi? Nggak seperti menstruasi yang ditandai de...
Healthy Body
17 Sep 2019

3 Kondisi Unik Pada Payudara

Kondisi nggak nyaman di area payudara pasti sering membuatmu bertanya-tanya, apakah kondisi yang dia...
All Things Period
Period Facts

Cari tahu berbagai informasi seputar menstruasi di sini.

Adulthood

Break the taboo! Kenali lebih dalam mengenai kesehatan reproduksi dan juga tubuhmu.

First Timer

Sex education untuk kamu yang beranjak dewasa.

Motherhood

Seputar kehamilan, masa subur, dan tips edukasi menstruasi untuk para Ibu.

Body & Mind
Healthy Body

Kesehatan merupakan hal utama agar bisa menikmati hidupmu secara maksimal.

Healthy Mind

Feeling underwhelmed during your period? Ada banyak hal yang bisa menjadi penyebabnya.