Payudaraku Bisa Berubah Nggak sih?
ask dr laurier

Payudaraku Bisa Berubah Nggak sih?

Payudaraku Bisa Berubah Nggak sih?

02 Dec 2019

Payudaraku Bisa Berubah Nggak sih?

Proses pertumbuhan payudara adalah hal yang paling menarik perhatian para cewek, benar nggak, Girls? Organ tubuh itu membuat perubahan bentuk tubuh, sehingga jadi lebih berlekuk. Kadang secara diam-diam, seringkali cewek membandingkan bentuk dan ukuran payudara mereka dengan teman seusianya. Setuju nggak, Girls?

Proses pertumbuhan setiap cewek ternyata berbeda lho, hal ini termasuk pertumbuhan payudara, karena setiap orang memiliki sifat yang unik. Tapi, ada beberapa faktor penting yang menentukan proses pertumbuhan, ukuran dan bentuk payudara seorang cewek. Apa aja sih?

  • Genetis. Kalau kamu mau tau seperti apa nantinya ukuran dan bentuk payudaramu, kamu bisa melihat kondisi mama, tante atau kakakmu yang udah dewasa. Ternyata bentuk payudara mereka bisa dijadikan patokan lho! Hal ini karena bentuk dan ukuran payudara seorang cewek sangat ditentukan oleh garis keturunan ibu.
  • Selama masa puber, ukuran dan bentuk payudara belum mencapai bentuk final. Melainkan masih mengalami proses pertumbuhan yang dirangsang oleh hormon estrogen dan progesteron. Jadi, kalau kadar hormonmu nggak seimbang, maka pertumbuhan payudaramu juga akan cenderung terhambat. Payudara masih akan bertambah besar sampai akhir usia 18 tahun.
  • Payudara nggak memiliki otot, melainkan terdiri dari jaringan lemak. Inilah yang membuat cewek bertubuh langsing cenderung memiliki payudara berukuran lebih kecil daripada cewek yang lebih berisi. Jadi kalau bobot tubuh kamu bertambah, maka ukuran payudaraamu bisa aja membesar. Sebaliknya, kalau kemudian bobot tubuhmu menurun, maka ukuran payudaramu juga akan mengecil.

Ada hal penting lain yang harus kamu tau juga nih, Girls! Faktanya, nggak ada banyak cara yang bisa dilakukan buat mengubah bentuk dan ukuran payudara, baik menjadi lebih besar atau lebih kecil, tanpa melalui bedah kosmetik.

Ukuran payudara nggak bisa diperbesar dengan makanan tertentu. Olahraga juga nggak bisa bikin payudara membesar, karena payudara bukanlah jaringan otot, melainkan lemak. Walaupun begitu, otot dada tetap bisa dilatih supaya jadi lebih kencang, sehingga bentuk payudara otomatis akan terlihat sedikit lebih kencang juga.

Selain itu, posisi tidur nggak akan mengubah bentuk dan ukuran payudara, demikian juga kebiasaan menggunakan bra saat tidur. Menyentuh dan memegang payudara pun nggak akan mempan untuk membesarkan payudaramu. So, kalau kamu pernah dengar temanmu yang bilang payudara disentuh atau dipegang akan membuatnya menjadi besar, itu cuma mitos ya!

Hal terpenting yang perlu diperhatikan adalah kesehatan payudaramu, bukan cuma bentuk dan ukurannya aja. Kalau kondisinya terjaga, maka kamu juga akan terhindar dari berbagai penyakit yang bisa membahayakan payudaramu. So, selalu rajin jaga kesehatannya sejak dini ya, Girls!

Yuk, share artikel ini ke teman-temanmu juga, supaya mereka tau lebih banyak info tentang payudara!

Related Articles
Healthy Body
09 Jan 2020

Kenali Gejala Kanker Serviks Mulai Sekarang!

Girls, sampai saat ini, berdasarkan data WHO, kanker serviks adalah pembunuh no.2 setelah kanker pay...
Healthy Body
02 Dec 2019

3 Cara yang Bisa Kamu Lakukan untuk Menguji Kesehatan Vagina

Kamu pernah nggak mengalami perubahan cairan vagina yang tadinya nggak berwarna dan nggak berbau, ti...
Healthy Body
02 Dec 2019

Kista dan Miom Itu Apa?

Girls, kamu pernah mendengar kalau temanmu mengalami nyeri perut yang hebat, dan nggak lama kemudian...