Yuk, Pastikan Kesehatan Payudaramu dengan Gerakan SADARI!
ask dr laurier

Yuk, Pastikan Kesehatan Payudaramu dengan Gerakan SADARI!

Yuk, Pastikan Kesehatan Payudaramu dengan Gerakan SADARI!

10 Jan 2020

Yuk, Pastikan Kesehatan Payudaramu dengan Gerakan SADARI!

Girls, kamu tau nggak, kalau sebenarnya ada gerakan untuk mencegah kanker payudara lho, yaitu dengan melakukan SADARI atau Periksa Payudara Sendiri. Yups, gerakan ini adalah langkah ini pertama dan sangat penting untuk memastikan keberadaan jaringan yang nggak wajar di payudaramu, Girls. Ada 3 alternatif teknik SADARI yang harus dilakukan setiap kali selesai menstruasi. Sebenarnya waktu terbaik untuk melakukan SADARI adalah beberapa hari setelah menstruasimu selesai. Karena pada saat itu, kadar hormon cenderung akan kembali normal, sehingga payudara udah kembali pada kondisi normal, nggak lagi sensitif dan bengkak, sehingga nggak nyeri lagi  saat disentuh.

Hal yang perlu kamu ingat saat melakukan pemeriksaan payudara adalah gerakan tangan saat melakukan pemeriksaan. Mulailah pemeriksaan dari titik tengah atas, yang bertepatan dengan angka 12 pada jam, kemudian mengarah ke posisi angka 1. Lakukan dengan gerakan melingkar. Lakukan di seluruh permukaan payudara, dari arah lingkaran paling luar, hingga ke arah puting. Kamu nggak perlu terburu-buru saat melakukan pemeriksaan ini ya, Girls. Pastikan semua permukaan payudara udah teraba secara menyeluruh. Kalau kamu kesulitan melakukan cara ini, nggak perlu cemas. Di bawah ini ada beberapa cara untuk melakukan SADARI yang paling sesuai dengan kenyamanan kamu kok, Girls!

  • Ketika bercermin

Berdirilah di depan cermin dengan bagian atas tubuh terbuka. Pastikan cahaya dalam ruangan cukup terang supaya kamu bisa meneliti area payudara yang diperiksa. Lakukan langkah-langkah ini:

  1. Perhatikan payudara. Kebanyakan perempuan nggak memiliki payudara yang simetris dan berukuran sama besar.
  2. Berdirilah dengan lengan di samping tubuh. Perhatikan bentuk, ukuran, dan pastikan ada atau nggaknya perubahan, seperti, perubahan permukaan kulit dan warna kulit, serta bentuk puting payudara.
  3. Letakkan tangan pada pinggang, tekan kuat untuk mengencangkan otot dada. Perhatikan payudara sambil berkaca dari sisi kiri ke kanan dan sebaliknya.
  4. Menghadap ke cermin, bungkukkan tubuhmu di depan kaca sehingga payudara terjulur ke bawah. Perhatikan dan raba payudara untuk memeriksa kalau ada benjolan atau sesuatu yang nggak biasa di payudara.
  5. Satukan kedua tanganmu di belakang kepala dan tekan ke dalam. Perhatikan kedua payudara kamu, termasuk di bagian bawah.
  6. Periksa apakah terdapat cairan yang keluar dari puting kamu. Tempatkan jempol dan jari telunjukmu di sekitar puting, lalu tekan perlahan, dan perhatikan apakah ada cairan yang keluar. Ulangi pada payudara yang lain.
  • Saat mandi

Pemeriksaan payudara juga dapat kamu lakukan saat mandi. Busa sabun akan memudahkan pergerakan tangan untuk memeriksa benjolan atau perubahan pada payudara. Lakukan langkah berikut:

  1. Gunakan sabun pada kedua payudara hingga berbusa.
  2. Angkat satu tangan ke belakang kepala.
  3. Gunakan tangan lain untuk meraba payudara pada sisi tangan yang terangkat. Gunakan jari untuk menekan-nekan bagian demi bagian dengan lembut.
  4. Setelah satu payudara selesai, lakukan pada payudara lainnya.
  • Menjelang tidur

Cara pemeriksaan yang lain, bisa kamu lakukan saat menjelang tidur. Terutama saat berbaring, payudara akan melebar, sehingga lebih mudah diperiksa. Hal yang perlu dilakukan adalah:

  1. Pilih tempat tidur atau permukaan datar lain yang nyaman.
  2. Letakkan gulungan handuk atau bantal kecil di bawah pundak.
  3. Letakkan tangan kanan di bawah kepala. Kemudian ambil lotion dengan tangan kiri Gunakan jari-jari tangan kiri untuk memeriksa payudara kanan.
  4. Lakukan hal yang sama pada payudara kiri.

Nah, sekarang kamu udah tau kan, Girls, gimana cara melakukan SADARI? Kalau kamu menemukan adanya kondisi yang nggak biasa pada payudaramu, setelah pemeriksaan, jangan panik dulu ya, Girls. Sebagian besar perubahan fisik pada payudara nggak mengarah pada kanker kok. Kamu bisa langsung berkonsultasi ke dokter untuk mendapatkan pemeriksaan yang lebih baik untuk memastikannya ya, Girls!

Yuk, ajak teman-temanmu untuk baca artikel ini ya, Girls! Supaya mereka juga bisa melakukan gerakan SADARI ini untuk memastikan kesehatan payudaranya!

Related Articles
Healthy Body
11 Oct 2021

Gangguan Makan Ini Bisa Membuat Siklus Menstruasi Tidak Teratur

Hai, girls! Tahu gak sih, kalau semua orang punya potensi untuk alami gangguan makan? Kamu pernah me...
Healthy Body
10 May 2019

6 Hal yang Harus Kamu Perhatikan Saat Memilih Bra

Kamu pernah ngerasa gak nyaman pakai bra karena salah beli? Iiiih… Pasti gak enak banget ya! ...
Healthy Body
01 May 2019

Radang Vagina Bisa Berubah Jadi Kanker Rahim?!

Tau nggak sih, Girls, kalau rahim perempuan itu teksturnya haluuuusss banget. Coba deh, kamu bayangi...