Olahraga Ringan Buat Kamu yang Males ke Luar Rumah
ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Olahraga Ringan Buat Kamu yang Males ke Luar Rumah

Olahraga Ringan Buat Kamu yang Males ke Luar Rumah

30 Apr 2019

Olahraga Ringan Buat Kamu yang Males ke Luar Rumah

Udah jadi rahasia umum kalau berolahraga bisa menjaga sekaligus meningkatkan kesehatan tubuh kita. Saat ini olahraga nggak harus ribet pergi ke luar rumah atau bolak-balik ke gym. Kamu cukup melakukan beberapa gerakan olahraga yang simpel, tapi tetep bisa bikin tubuh kamu jadi sehat dan nggak gemuk!

 

Berikut ini gerakan olahraga simpel yang bisa kamu coba di rumah atau di mana aja dan cukup kamu lakukan selama 7 menit:

1.  Jumping jacks

Gerakan meloncat dengan posisi awal kaki rapat, lalu melebar dan merapat lagi. Posisi tangan disesuaikan sama gerakan kaki. Saat kaki melebar, posisi tangan di atas kepala dengan telapak tangan ditepukkan. Lalu saat kaki merapat, tangan ditaruh di samping badan. Gerakan ini berguna untuk melatih seluruh otot, terutama daya tahan otot kaki dan tangan. Nggak cuma itu aja, jumping jacks juga bagus untuk cardio kamu, lho.

2.  Wall sit

Saat melakukan gerakan ini yang kamu butuhkan cuma tembok. Kamu cukup sandarkan badan ke tembok dengan posisi duduk, tapi nggak pake kursi. Tahan berat badanmu menggunakan punggung yang menekan tembok sebagai tumpuan. Gerakan ini punya banyak banget manfaat buat badan kamu, terutama otot bagian bawah, kayak memperkuat otot paha, betis, dan perut; membantu untuk lebih fokus dan konsentrasi; melatih tubuh menjadi fleksibel dan seimbang; serta menambah stamina tubuh.

3.  Push-up

Gerakan ini pasti kamu udah tahu kan, gimana cara prakteknya? Nah, push-up punya banyak manfaat juga untuk tubuh kamu, yaitu melatih otot bagian atas; membentuk otot-otot; meningkatkan kekuatan tubuh, kesehatan dan vitalitas; meningkatkan kesehatan kardiovaskular tubuh; mencegah osteoporosis; memperbaiki postur tubuh; serta mencegah cedera pada bahu dan punggung bawah.

4.  Abdominal crunch

Cara melakukan gerakan ini gampang banget, baringkan badanmu kayak mau sit-up, lalu angkat kepala mendekati lutut. Nggak perlu keangkat semuanya ya, cukup sampai kamu ngerasa kalau otot perutmu bener-bener mengencang pas kepala dan bahumu keangkat. Manfaat dari gerakan ini adalah otot kaki lebih kuat; bentuk payudara dan otot perut jadi lebih kencang; membuat sistem pencernaan lebih lancar; kulit tubuh terasa lebih kencang; serta membentuk pinggul dan perut jadi lebih seksi.

5.  Step-up

Gerakan ini cuma butuh satu alat yang sederhana aja, yaitu kursi. Posisi awal di bawah, langkahkan satu kaki ke atas kursi, lalu angkat badan dan kaki satunya ke atas kursi. Turun lagi, lalu ulangi selama 30 detik. Step-up berguna untuk melatih seluruh otot di tubuh kamu.

6.  Squat

Posisi awal berdiri, lalu setengah jongkok dan berdiri lagi. Ulangi gerakan itu selama 30 detik. Squat berguna untuk melatih otot bagian bawah, meningkatkan aliran darah, dan membentuk bokong menjadi lebih indah.

7.  Triceps dip

Sama kayak step-up, gerakan ini juga butuh kursi untuk alat bantunya. Posisikan badan kamu membelakangi kursi, lalu taruh kedua tangan di kursi untuk bersandar. Turunkan badanmu pelan-pelan sampai lengan menekuk, lalu dorong lagi ke atas. Ulangi gerakan ini selama 30 detik. Step-up bermanfaat untuk melatih otot tubuh bagian atas, mengencangkan otot lengan, dan membentuk payudara.

8.  Plank

Posisikan badan lurus menghadap ke bawah dengan tubuh bagian atas ditahan oleh kedua siku. Tahan posisi ini tetep stabil selama 30 detik. Plank punya manfaat untuk melatih keseimbangan otot, memperbaiki postur tubuh, meningkatkan kelenturan, dan mengencangkan perut.

9.  High knees running in place

Gerakan ini adalah lari di tempat, tapi dengan kaki diangkat tinggi sampai paha. Ini bermanfaat untuk melatih jantungmu.

10.  Lunge

Posisi awal dari gerakan ini adalah berdiri, lalu langkahkan satu kaki sejauh mungkin ke arah depan. Tekuk lutut untuk kaki yang ada di belakang, sehingga badan ikut turun. Balik lagi ke posisi semula, lalu ulangi dengan kaki yang lain secara bergantian. Gerakan ini berguna untuk melatih otot bawah, memperbaiki keseimbangan tubuh, menguatkan otot perut dan punggung, serta meningkatkan fleksibilitas pinggul.

11.  Push-up and rotation

Gerakan ini dimulai dengan posisi push-up kayak biasa, lalu angkat salah satu tangan ke atas dengan posisi tubuh menghadap ke samping. Ulangi dengan tangan yang lain secara bergantian. Ini bermanfaat untuk melatih otot bagian atas tubuh kamu.

13.  Side plank

Hampir sama kayak plank, cuma kali ini badan kamu hanya bertumpu dengan satu tangan dan posisi badan miring ke satu sisi. Gerakan ini bermanfaat untuk melatih seluruh otot yang ada di tubuh kamu.

Semua gerakan di atas cukup kamu lakukan selama 30 detik aja per gerakan, dengan jeda 10 detik dari gerakan pertama ke gerakan selanjutnya. Olahraga simpel ini juga bisa untuk menurunkan berat badan kamu, lho. Tunggu apalagi, yuk olahraga sekarang!

Related Articles

Healthy Body
10 Jan 2020

Pentingnya Cek Kesehatan Sebelum Menikah

Girls, kamu pasti sering dengar kan, kalau sebelum menikah harus cek kesehatan dulu? Tapi, hal ini n...
Healthy Body
19 Aug 2019

Traveling Nyaman, Nggak Bikin Pusing

Kalau lagi asik liburan, terus tiba-tiba mengalami menstruasi, pasti nggak nyaman banget kan? Hmm&he...
Healthy Body
02 May 2019

Hah? Pembalut Expired?

Sebagai cewek yang cerdas, emang sebaiknya kamu harus kritis untuk memastikan hal apapun. Apalagi ya...