Sering Olahraga Bisa Bikin Menstruasi Teratur?
ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Sering Olahraga Bisa Bikin Menstruasi Teratur?

Sering Olahraga Bisa Bikin Menstruasi Teratur?

18 Nov 2021

Sering Olahraga Bisa Bikin Menstruasi Teratur?

Sebelum masuk pendidikan sekolah dasar, beberapa di antara kamu pasti sudah mulai diajarkan untuk berolahraga oleh keluarga. Setuju dong? Olahraga ternyata bukan suatu aktivitas yang dapat menyehatkan tubuh saja, lho. Olahraga juga memiliki manfaat yang bisa dirasakan oleh wanita yang aktif bereproduksi. Yaps, berolahraga baik untuk kesehatan organ reproduksi dan dapat melancarkan siklus menstruasi. 

Penyebab Siklus Menstruasi Tidak Teratur 

        Sebelum membahas manfaat olahraga saat menstruasi, kamu perlu tahu dulu nih penyebab siklus menstruasi kamu bisa menjadi tidak teratur. Pertama adalah ketidakseimbangan hormon dalam tubuh. Ketidakseimbangan ini disebabkan oleh berbagai hal mulai dari adanya penyakit tiroid, menderita PCOS, hamil, kondisi stres ataupun memasuki masa menopause. 

        Selanjutnya yang paling sering terjadi adalah pola hidup yang kurang sehat. Siklus menstruasi bisa menjadi tidak teratur karena pola hidup dan pola makan yang kurang sehat. Terlalu banyak konsumsi makanan rendah gizi, makanan cepat saji, makanan dengan kandungan garam tinggi dan minuman serta makanan tinggi kalori. Ketika kamu mengonsumsi makanan secara berlebihan, tubuh akan mengalami obesitas dan menyebabkan hormon reproduksi terganggu. 

        Bukan hanya pola makan, aktivitas seperti olahraga juga perlu kamu lakukan untuk menjaga hormon reproduksi tetap berjalan sesuai fungsinya. Kamu bisa melakukan olahraga rutin 3x dalam seminggu agar siklus menstruasi menjadi lebih teratur dan pastinya badan tetap bugar. 


Manfaat Olahraga dalam Melancarkan Siklus Menstruasi 

        Salah satu manfaat dari berolahraga adalah mengurangi kadar lemak yang menumpuk dalam tubuh. Gak jarang orang melakukan olahraga dengan tujuan membuat tubuh terlihat slim dan bugar. Kalau melihat dari penyebab siklus menstruasi tidak teratur di atas, obesitas bisa menyebabkan siklus menstruasi tidak teratur. Hal ini terjadi karena lemak dalam tubuh dapat membuat hormon estrogen diproduksi. Akibatnya, hormon ini akan membuat lapisan rahim semakin tebal dan membuat darah yang keluar menjadi lebih banyak atau menorrhagia (keadaan kondisi siklus menstruasi yang tidak teratur ditandai dengan keluarnya darah yang berlebihan di awal menstruasi dan berpotensi berhenti di hari selanjutnya). 

        Olahraga saat menstruasi juga dapat mengurangi nyeri perut saat menstruasi atau dysmenorrhea. Dengan berolahraga, aliran darah ke rahim menjadi lebih baik sehingga rasa sakit pada bagian tubuh seperti kepala, perut, dan sendi yang dialami akan berkurang. Hal ini terjadi karena hormon prostaglandin yang dapat menyebabkan rasa nyeri sudah diblokir. Dengan berolahraga, mood saat menstruasi juga bisa menjadi lebih baik, lho. 

Olahraga yang Dihindari Saat Menstruasi 

        Ketika memasuki masa menstruasi, banyak wanita yang justru enggan untuk olahraga dikarenakan rasa nyeri dan sakit yang dirasakan. Padahal, olahraga dapat mencegah rasa nyeri menstruasi dan memperbaiki mood. Kamu bisa melakukan olahraga ringan seperti jalan kaki. Selain mudah dan murah, jalan kaki juga memiliki risiko yang rendah untuk mengalami cedera. 

        Berikutnya adalah jogging, jogging juga menjadi alternatif yang bisa kamu lakukan saat sedang menstruasi. Pastikan kamu terhidrasi dengan baik sebelum melakukan jogging. Olahraga lain yang bisa kamu lakukan adalah yoga dan pilates. Olahraga tersebut dapat meningkatkan sirkulasi darah, menenangkan pikiran, dan yang paling penting bisa dilakukan #dirumahsaja. 

        Nah, buat kamu yang suka melihat media sosial, olahraga seperti dancing atau joget pargoy tikt*k bisa kamu lakukan untuk mengurangi rasa sakit menstruasi. Gimana? Tertarik mencobanya? Ngomongin soal olahraga, kamu juga perlu menghindari olahraga berat seperti Muay Thai, bermain sepak bola, bermain basket, angkat beban, dan olahraga berat lainnya. Olahraga berat dapat meningkatkan risiko cedera otot dan sendi. Sedangkan, berenang saat menstruasi berisiko untuk mengalami kram perut secara mendadak. Akibatnya, kamu bisa sulit bergerak dan tenggelam jika tidak ada pertolongan. 

Efek Samping Olahraga Berlebihan Saat Menstruasi 

    Kalau kata pepatah “sesuatu yang berlebihan memang tidak baik”. Melakukan olahraga bisa mengurangi rasa nyeri saat menstruasi dan membuat siklus menjadi lebih teratur, jika dilakukan dengan rutin dan cukup. Wanita yang melakukan olahraga berat dan berlebihan justru akan mengalami berhentinya siklus menstruasi. 

        Dilansir health.detik.com, siklus menstruasi dibagi menjadi 6 fase. 3 fase pertama berkaitan dengan perubahan di dalam dinding rahim dan 3 fase terakhir berkaitan dengan proses yang terjadi di dalamnya. Olahraga ekstrim dapat memengaruhi fase yang terjadi sehingga siklusnya menjadi tidak teratur. 

        Ketika melakukan olahraga berlebihan, tubuh akan merasa lelah dan kadar lemak menurun. Wanita dengan kadar lemak yang jauh di bawah 20 persen bisa mengalami siklus menstruasi jadi tidak teratur, terutama ketika selesai melakukan olahraga ekstrim tidak diimbangi dengan asupan kalori yang baik. 


Nah, itu dia informasi mengenai manfaat olahraga terutama sebagai pelancar siklus menstruasi. Ketika kamu melakukan olahraga saat menstruasi, pastikan kamu sudah menggunakan pembalut nyaman dan sesuai kebutuhan. Berikut rekomendasi produk pembalut dari Laurier yang bisa kamu pakai. 

  1. Laurier Active Day Xtra 

Pembalut siang tanpa gel ini cocok banget dipakai saat olahraga atau aktivitas lainnya walau darah menstruasi kamu sedang deras-derasnya. Laurier Active Day Xtra ini bisa mengunci dan menyerap cairan seketika dengan inovasi pengunci bocor instan. Pembalut ini juga dilengkapi sayap pelindung untuk mencegah geser. Dijamin nyaman dipakai walau kamu aktif seharian! 

  1. Laurier Super Slimguard 

Laurier Super Slimguard dengan teknologi lapisan serap Ultra Tipis 1mm cocok banget dipakai saat darah menstruasi sedang banyak-banyaknya karena pembalut ini memiliki teknologi lapisan serap ultra tipis 1mm yang berkapasitas 200x dari berat bahan penyerapnya. Bentuknya yang ultra-slim, bikin olahraga kamu makin nyaman tanpa rasa mengganjal!

  1. Laurier Flexi Protect

Laurier Flexi Protect ini memiliki daya serap maxi yang menyerap 2,5x lebih maksimal, bikin kamu nyaman beraktivitas walau lagi deras. Pembalut ini juga fleksibel mengikuti gerak bentuk tubuh, jadi bisa bebas bergerak saat olahraga tanpa rasa ganjal. 

Ketiga produk di atas bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhan dan kenyamanan, ya. Selamat mencoba! 

 

Related Articles

Healthy Body
10 May 2019

3 Gangguan Kesehatan Ovarium yang Perlu Kamu Ketahui!

Coba kamu bayangin deh, kalau salah satu organ di tubuh kamu ada yang rusak atau terganggu? Pasti ba...
Healthy Body
25 Nov 2019

Waxing di Sekitar Miss V, Yes or No?

Girls, melakukan Brazilian wax supaya ‘bikini line’ kelihatan bersih, sekarang ini lagi ...
Healthy Body
18 Jan 2020

Yuk, Cek Kondisi Tubuhmu Melalui Warna Darah Menstruasi!

Darah menstruasi yang keluar bisa saja memiliki warna yang bervariasi dari satu siklus ke siklus lai...