Nafsu Makan Berubah Menjelang dan Saat Menstruasi, Ini Penjelasannya!
ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Nafsu Makan Berubah Menjelang dan Saat Menstruasi, Ini Penjelasannya!

Nafsu Makan Berubah Menjelang dan Saat Menstruasi, Ini Penjelasannya!

21 Nov 2022

Nafsu Makan Berubah Menjelang dan Saat Menstruasi, Ini Penjelasannya!

Pernah gak sih kamu mengalami perubahan nafsu makan secara mendadak? Misalnya tiba-tiba kamu terus merasa lapar atau bahkan sebaliknya, tidak ada keinginan makan meskipun telah tersaji di meja. Nah, jika kamu mengalami perubahan nafsu makan menjelang dan saat menstruasi, jangan khawatir karena itu merupakan hal yang wajar.

Nafsu Makan Bertambah Menjelang Menstruasi

Meningkatnya nafsu makan yang terjadi menjelang menstruasi merupakan dampak dari perubahan hormon estrogen dan progesteron. Hal tersebut akan membuat kamu merasa tidak kenyang atau selalu ingin makan meskipun belum lama melakukannya.

Tidak hanya itu saja, penurunan hormon serotonin yang berfungsi untuk memicu rasa bahagia dan naiknya hormon stres yaitu kortisol,  juga menyebabkan mood swing pada saat PMS sehingga membuatmu ingin mengonsumsi makanan dengan rasa manis dan yang mengandung karbohidrat. Sebab, pada saat mengonsumsi makanan manis dan mengandung karbohidrat, level hormon serotonin dapat meningkat sehingga dapat memberikan efek menyenangkan.

Meskipun terus merasa lapar, sebaiknya kamu tetap mengontrol jenis makanan yang dikonsumsi agar tidak mengalami kenaikan berat badan setelahnya. Jika kamu ingin makanan manis, maka cobalah mengonsumsi buah-buahan yang memiliki rasa manis. Sementara jika kamu lapar, dibandingkan mengonsumsi makanan cepat saji atau camilan tidak sehat lainnya, konsumsilah daging, ikan, dan juga sayuran. Selain itu, perhatikan juga cara pengolahannya. Sebisa mungkin hindari atau setidaknya kurangi konsumsi makanan dengan olahan goreng agar lebih sehat.

Nafsu Makan Berkurang saat Menstruasi

Penyebab utama kamu kehilangan nafsu makan saat menstruasi biasanya adalah dampak dari dismenore. Dismenore sendiri merupakan rasa nyeri atau kram yang timbul pada saat menstruasi. Ketika tubuh sedang merasakan sakit berlebihan, terutama di area perut, maka akan membuatmu tidak berselera makan meskipun ada makanan favorit di hadapanmu.

Related Articles

Healthy Body
28 Jun 2021

Apakah Minum Kopi Dilarang Saat Menstruasi? 

Tidak jarang orang menyukai kopi, termasuk perempuan. Bahkan beberapa diantaranya menjadikan kopi se...
Healthy Body
10 May 2019

6 Hal yang Harus Kamu Perhatikan Saat Memilih Bra

Kamu pernah ngerasa gak nyaman pakai bra karena salah beli? Iiiih… Pasti gak enak banget ya! ...
Healthy Body
09 Jan 2020

3 Fakta Tentang Rambut Pubis yang Harus Kamu Tau!

Girls, kamu pasti pernah kan, membicarakan bulu tubuh yang tumbuh di area genital? Pastinya dengan s...