ask dr laurier
Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Mitos Tentang Ukuran Payudara

Mitos Tentang Ukuran Payudara

Author: Tim Edukasi Laurier

14 Jun 2019

Mitos Tentang Ukuran Payudara

Ada dua hal yang sering diperdebatkan sama perempuan tentang ukuran payudara. Apa aja sih? Pertama, ukuran payudara yang besar cenderung lebih banyak menghasilkan ASI, dan kedua adalah, ukuran payudara yang besar lebih gampang mengalami kanker. Hmm…kira-kira kedua hal ini benar nggak ya?

Hal utama yang perlu dipahami adalah, sebenarnya ukuran payudara ditentukan oleh lapisan jaringan lemak. Jadi, semakin banyak lemak seorang perempuan, maka akan semakin besar ukuran payudaranya. Sedangkan, produksi ASI pada dasarnya dipengaruhi oleh hormon.

Dari berbagai hasil penelitian diketahui bahwa dalam kondisi kesehatan ibu menyusui yang normal, frekuensi menyusui yang tinggi, justru akan meningkatkan produksi ASI. Sedangkan hal yang menyebabkan terhambatnya produksi ASI bukanlah ukuran payudara, melainkan faktor kelelahan fisik, stres dan depresi yang biasanya dialami perempuan setelah melahirkan.

Di sisi lain, para ahli penelitian menemukan bahwa ukuran payudara juga nggak berhubungan dengan risiko mengalami kanker. Karena tebalnya jaringan lemak di payudara juga bisa diakibatkan oleh kondisi obesitas, sehingga lemak memicu produksi kadar hormon estrogen yang berlebih. Inilah yang sebenarnya harus kamu perhatikan, Girls. Kondisi estrogen yang nggak seimbang ini bisa meningkatkan risiko kanker pada seorang perempuan.

Makanya, para ahli menyarankan supaya perempuan selalu melakukan pemeriksaan payudara sendiri setiap bulan, setelah menstruasi untuk memastikan nggak adanya gejala-gejala yang perlu diperhatikan. So, jangan lupa rajin melakukan SADARI (periksa payudara sendiri) setiap bulan ya, Girls!

Mitos mana nih, yang masih kamu percaya sampai sekarang, Girls? Karena sekarang kamu udah tau faktanya, jadi jangan percaya lagi sama mitos-mitos itu ya! Yuk, share info ini ke teman-temanmu yang lain, biar mereka juga tau kebenarannya!

Related Articles

Author: Tim Edukasi Laurier
20 Jun 2019

Kondom Cegah Kanker Leher Rahim

Para pakar kesehatan dunia mengungkapkan bahwa setidaknya satu kali dalam hidupnya, setengah dari pe...
Author: Tim Edukasi Laurier
03 May 2019

Kenali 8 Gejala Kista Ovarium

Kamu pasti pernah dengar tentang kista ovarium, kan? Kista ovarium adalah kantong yang ada di dalam ...
Author: Tim Edukasi Laurier
12 Jul 2023

Merasa Anyang-anyangan? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Girls, pernahkah kamu merasakan nyeri atau perih saat buang air kecil? Jika pernah, artinya kamu mun...