Mengenal Organ Genital
ask dr laurier

Mengenal Organ Genital

Mengenal Organ Genital

25 Oct 2019

Mengenal Organ Genital

Kamu tau nggak sih, ternyata organ genitalmu adalah bagian dari keseluruhan sistem reproduksimu lho, Girls! Organ tersebut letaknya di bagian luar tubuh, dan menjadi saluran penghubung ke sistem reproduksi yang berada di dalam tubuh. Organ genital perempuan yang sering disebut sebagai vagina, sebenarnya memiliki bagian-bagian dengan fungsi yang berbeda. Apa aja ya, fungsinya?

  • Labia: Bagian kulit yang berbentuk lipatan. Organ ini ada di bagian depan bukaan vagina dan berfungsi untuk melindungi area tersebut. Labia terbagi dua, yaitu Labia mayora yang terletak di luar, dan Labia minora yang ada di lipatan bagian dalam.
  • Clitoris: Bagian ini berbentuk kecil yang ada di bagian atas vagina dan terlihat menonjol. Organ ini peka terhadap rangsangan karena terdapat banyak saraf di area tersebut.
  • Vagina: Bagian ini adalah saluran yang menjadi jalan masuk ke organ reproduksi di dalam tubuh. Dari mulut vagina inilah biasanya darah menstruasi dan cairan vagina keluar. Vagina disebut juga sebagai jalan lahir, karena bayi di dalam kandungan akan dikeluarkan dari rahim melalui saluran ini.
  • Hymen (selaput dara): Bagian berupa selaput tipis yang berada di tengah saluran vagina.
  • Urethra: Saluran kecil yang ujung terluarnya berada di dekat bukaan vagina, dan berfungsi menyalurkan urin ke luar tubuh. Walaupun berada di area genital, urethra bukanlah bagian dari organ reproduksi.
  • Perineum: Area yang berada di antara vagina dan anus (saluran pembuangan).
  • Kelenjar bartholin: Berada di balik lapisan kulit, sehingga nggak gampang terlihat atau teraba. Fungsinya untuk menghasilkan cairan vagina, yang menyebabkan area di sekitar vagina sering terasa lembap. Cairan ini diproduksi setiap hari lho, Girls.

Wah, ternyata vagina terdiri dari banyak bagian ya! Dari bagian-bagian di atas, mana aja yang baru kamu tau nih, Girls? Anyway, hal terpenting yang perlu kamu lakukan sehubungan dengan organ genital adalah menjaga kebersihannya. Kalau organ genitalmu selalu bersih, maka kesehatannya juga nggak akan terganggu. Hmm….tapi, gimana caranya ya?

  • Bersihkan area genital cukup dengan air bersih. Jangan pernah membersihkannya dengan cairan pembersih ya! Justru itu bisa mengganggu keseimbangan pH pada vaginamu, Girls. Pastikan juga arah gerakan membersihkannya dari arah depan ke belakang, supaya nggak ada bakteri atau virus yang berpindah dari saluran pembuangan ke vagina.
  • Setelah mandi atau membersihkan diri sehabis BAK dan BAB, bilas area kulit di sekitar vagina, termasuk yang beruam, dengan air bersih.. Cara mengeringkannya jangan diseka, karena bisa menyebabkan luka. Kamu cuma perlu menepuk-nepuk area kulit dengan handuk sampai benar-benar kering.
  • Selalu pakai celana dalam yang bersih setelah mandi. Pastikan celana disetrika setelah dicuci dan benar-benar kering untuk meminimalisir kelembapan ataupun jamur, bakteri dan virus yang mungkin akan menempel di sana.
  • Pilih pembalut yang tepat saat menstruasi, sehingga nggak akan menyebabkan kulit kemaluan menjadi lembap.

Nah, sekarang kamu makin paham tentang organ genitalmu kan, Girls? Jangan lupa selalu rajin jaga kebersihan organ genitalmu, supaya terhindari dari berbagai penyakit! Be aware and stay healthy!

Yuk, share juga info ini ke teman-temanmu, supaya mereka bisa lebih mengenal organ genitalnya!

Related Articles
Healthy Body
26 Jun 2019

Jangan-jangan, Kanker Serviks....

Berbagai gangguan kesehatan menjelang atau selama menstruasi, belum lagi siklus menstruasi yang gak ...
Healthy Body
03 Dec 2019

Rawat Payudara Sesuai Umurmu yuk!

Kamu tau nggak, kalau seiring bertambahnya usia, akan terjadi perubahan fisik yang berdampak sama pe...
Healthy Body
02 Sep 2020

Jangan Tidur Pakai Bra!

Kamu masih sering tidur sambil memakai bra nggak, Girls? Ternyata menurut buku yang berjudul “...