Melawan Insomnia
ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Melawan Insomnia

Melawan Insomnia

12 Dec 2019

Melawan Insomnia

Kamu sering begadang buat mengerjakan tugas? Kamu harus tau nih, setiap remaja, baik cewek ataupun cowok, sebenarnya butuh waktu tidur malam minimal 8 jam lho. Hal ini disebabkan tubuh masih dalam masa pertumbuhan, Girls. Selain itu, tidur merupakan waktu untuk memperbaiki sel-sel yang rusak dan berkembang.

Biasanya setelah rutin begadang selama beberapa hari berturut-turut, pasti kamu jadi mengalami susah tidur atau insomnia kan? Ada banyak faktor yang menyebabkan kamu mengalami kondisi tersebut, seperti karena kebiasaan, ada hal yang dipikirkan, atau menjelang menstruasi. Nah, berikut beberapa tips untuk mengatasi insomnia:

  • Terjadwal

Usahakan waktu tidur dan bangun untuk keesokan hari pada waktu yang sama ya! Misalnya kamu tidur jam 9 malam, dan bangun jam 5 pagi. Nah, ulangi terus kebiasaan itu untuk besoknya. Proses pemrograman alamiah ini akan membiasakan tubuhmu siap untuk tidur setiap malam, Girls.

  • Kenyamanan tidur

Ruangan yang tenang, gelap dan suhu sedang cenderung membuat tubuhmu jadi lebih gampang beristirahat. Tempat tidur yang bersih juga sangat berperan membuatmu nyaman dan tertidur pulas. Makanya, rajin bersihkan tempat tidurmu ya!

  • Saat tenang

Menjelang tidur, pastikan ada saat tenang supaya tubuhmu menyiapkan diri sebelum beristirahat. Kamu juga bisa mendengarkan musik yang tenang, Girls. Jangan lupa juga jauhkan dirimu dari gadget ya! Biar kamu nggak tertarik buka chat dari teman atau stalking socmed.

  • Hindari kafein

Nah, buat kamu pecinta teh dan kopi, sebaiknya hindari minuman ini setelah jam 6 sore ya! Karena keduanya mengandung kafein yang bisa mengganggu proses tubuh untuk beristirahat.

  • Olahraga rutin

Girls, melakukan olahraga secara teratur akan membuat tubuhmu lebih relaks, sehingga kamu jadi lebih gampang beristirahat lho!

  • Jangan dipaksa

Kalau kamu udah berbaring dan tetap nggak bisa tertidur, jangan berusaha keras untuk tidur dan memikirkannya ya! Sebaiknya, langsung bangun dan lakukan sesuatu yang membuatmu mengantuk, seperti membaca beberapa saat. Lalu, coba kembali tidur.

Sekarang kamu udah tau kan, cara mengatasi masalah insomnia? Ingat ya, jangan biarkan tubuhmu terjaga sampai larut malam, Girls! Karena hal ini akan berdampak sama kesehatanmu. Stay healthy!

Yuk, share info ini ke teman-temanmu yang lain, biar mereka nggak begadang melulu setiap malam!

Related Articles

Healthy Body
25 Jan 2020

Seberapa Peduli Kamu Pada Kulit Saat Menstruasi?

Kesehatan miss V memang paling utama pas menstruasi, Girls! Tapi, kesehatan kulitmu juga penting unt...
Healthy Body
25 Jan 2020

Apakah Pola Makanmu Terjaga dengan Baik Saat Menstruasi?

Selama menstruasi, ternyata kamu harus lebih menjaga pola makanmu lho! Hmm….kamu termasuk cew...
Healthy Body
14 May 2019

6 Cara Supaya Kamu Nggak Kena Kanker Payudara!

        Kamu tau nggak sih, Girls, kalau ternyata perempuan ...