ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Manfaat Masker Vagina Bagi Kesehatan Miss V-mu

Manfaat Masker Vagina Bagi Kesehatan Miss V-mu

17 Jul 2020

Manfaat Masker Vagina Bagi Kesehatan Miss V-mu

Mungkin selama ini yang kamu tau masker cuma bisa dipakai untuk merawat kesehatan wajahmu. Eits, tapi ternyata ada juga masker yang bisa dipakai untuk merawat kesehatan miss V-mu lho, Girls! Masker vagina biasanya berupa sheet mask, bentuknya mengikuti pola vagina dan bagian bawahnya agak panjang supaya bisa dipakai sampai ke bibir vagina. Ada juga yang berbentuk mirip seperti undies, bahkan luarnya juga diberikan renda atau pita.

Masker vagina ini pastinya bebas dari alkohol, paraben, dan mengandung pH yang seimbang. Masker vagina juga terbuat dari bahan-bahan yang alami, salah satunya adalah aloe vera gel. Sehingga, aman dipakai di area vagina yang sensitif dan bisa membuat area permukaan kulit vagina terlihat lebih cerah.

Masker vagina sangat berguna bagi perempuan yang udah lanjut usia, karena area vagina akan berubah jadi lebih gelap yang diakibatkan oleh gesekan, hormon, dan kehamilan. Nggak cuma itu, perempuan yang rutin membersihkan bulu-bulu halus di area vagina juga bisa memanfaatkan masker vagina untuk mengurangi rasa gatal dan biasanya timbul setelah proses waxing atau mencukur.

Selain beberapa manfaat di atas, ada juga manfaat lain yang bisa didapatkan kalau kamu rutin menggunakan masker vagina, yaitu:

  • Membuat area permukaan kulit vagina terlihat lebih cerah
  • Menenangkan area kulit vagina yang iritasi atau luka setelah dicukur
  • Melembapkan kulit di area vagina yang kering

Cara pemakaian masker vagina pun nggak berbeda jauh dengan masker wajah biasa. Kamu cukup bersihkan area vagina terlebih dulu dengan air bersih, lalu keringkan dengan handuk. Setelah memastikan area vaginamu udah benar-benar kering, pasang masker ke area vagina. Supaya kamu memasangnya di posisi yang tepat, kamu bisa melakukannya sambil melihat kaca atau cermin.

Kalau kamu masih merasa ragu untuk menggunakan masker vagina, kamu bisa mencobanya terlebih dulu di area kulit lain yang tipis untuk mengetahui apakah kamu cocok dengan masker tersebut atau nggak. Kamu bisa mencoba untuk memakainya di bagian dalam lengan atas selama tiga hari. Setelah tiga hari, pasangkan produk tersebut ke bagian bibir luar vagina yang tebal selama tiga hari juga. Kalau kedua bagian kulit tersebut nggak mengalami efek samping apapun, maka kamu bisa menggunakan masker vagina untuk merawat kesehatan vaginamu.

Ingat ya, walaupun masker vagina memiliki banyak manfaat, tapi terkadang bisa juga menimbulkan beberapa risiko seperti alergi, iritasi, dan yang lainnya. Kalau kamu mengalami efek samping setelah memakai masker tersebut, sebaiknya langsung periksakan kondisimu ke dokter supaya bisa ditangani secara tepat.

Jangan lupa share info ini ke teman-temanmu yang lain ya, dan ajak juga teman-temanmu untuk shopping sheet mask bareng! Happy shopping, Girls!

Related Articles

Healthy Body
09 Jan 2020

Dampak Gangguan Tiroid yang Terjadi Saat Menstruasi

Girls, kamu tau nggak, sebenarnya siklus menstruasi sangat tergantung pada keseimbangan kadar menstr...
Healthy Body
10 Jan 2020

5 Fakta Tentang Indung Telur yang Harus Kamu Tau!

Kamu tau nggak, Girls, kalau indung telur atau ovarium memang bukan organ yang populer dibicarakan. ...
Healthy Body
03 May 2019

Jenis-jenis Infeksi Vagina

Kamu tau nggak sih, kalau vagina adalah organ yang sangat unik. Kenapa? Karena terdiri dari lipatan-...