Makanan untuk Kesehatan Vagina
ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Jenis Makanan yang Cocok untuk Menjaga Kesehatan Vagina

Jenis Makanan yang Cocok untuk Menjaga Kesehatan Vagina

19 May 2021

Jenis Makanan yang Cocok untuk Menjaga Kesehatan Vagina

Siapa yang pernah dengar kalau sehat itu gak cukup dari luar saja, tapi juga dari dalam? Sama halnya dengan menjaga kesehatan tubuh, menjaga kesehatan vagina juga merupakan kewajiban buat kaum hawa nih, girls. Untuk menjaga kesehatan, gak cukup hanya dengan rajin menjaga kebersihan luarnya saja, tapi kamu harus mengkonsumsi makanan tertentu agar vagina kamu terjaga kesehatannya. 

Sebelum membahas makanan yang baik untuk kesehatan organ reproduksi wanita, kita bahas dulu yuk cara menjaga kebersihannya berikut ini. 

Vagina merupakan alat kelamin yang menjadi bagian dari organ reproduksi wanita. Bagian organ ini penting untuk dijaga karena dapat menimbulkan masalah pada kesehatan seksual maupun kesehatan secara keseluruhan. Jadi, menjaga kebersihannya adalah sesuatu yang wajib dilakukan nih. Pada dasarnya, vagina memiliki mekanisme sendiri untuk membersihkan vagina dengan mengeluarkan cairan yang kita kenal dengan sebutan keputihan. Keputihan masih dikatakan normal apabila cairannya tidak berwarna, tidak berbau, dan tidak menimbulkan masalah gatal atau iritasi. Untuk menjaga kebersihan vagina, kamu harus melakukan beberapa hal berikut. 

  1. Basuh dan Keringkan Vagina 
    Siapa yang masih salah saat membasuh vagina setelah buang air kecil atau besar? Jadi, cara yang benar membasuh vagina adalah dari vagina menuju anus, bukan sebaliknya. Pastikan sehabis membersihkan vagina, keringkan dengan tisu atau handuk kering untuk mencegah terjadinya pertumbuhan jamur. 

  2. Menjaga Keseimbangan pH 
    Dalam keadaan normal, pH pada vagina biasanya sekitar 3,8 sampai dengan 4,5. Untuk menjaga keseimbangannya, kamu disarankan untuk tidak terlalu sering melakukan douching (membersihkan vagina dengan cairan khusus), menggunakan pengharum vagina, dan antiseptik karena dapat membunuh bakteri baik dalam vagina. Terlalu sering membersihkan vagina juga akan menyebabkan iritasi. Untuk menjaga pH dalam keadaan normal, cukup membersihkannya dengan air. 

  3. Ganti Pakaian Dalam dengan Tepat
    Untuk menjaga kebersihan vagina, pastikan kamu mengganti pakaian dalam dengan tepat dan teratur. Jangan lupa langsung menggantinya ketika terasa lembab atau basah. Selain itu, pilihlah bahan pakaian dalam yang memiliki sirkulasi udara yang baik dan nyaman digunakan. 

  4. Cukur Rambut Kemaluan 
    Mencukur rambut kemaluan diperbolehkan, namun seperlunya saja. Pada dasarnya rambut kemaluan berfungsi untuk melindungi vagina dari bakteri, keringat, dan kotoran. Jangan lupa gunakan krim atau gel saat mencukur agar tidak tergores atau lecet. 

  5. Menjaga Kebersihan Saat Menstruasi 
    Untuk kaum hawa, yang notabenenya mengalami siklus menstruasi setiap bulan, perlu rajin untuk menjaga kebersihannya. Diantaranya dengan mengganti pembalut dengan rutin. Membasuh vagina juga dianjurkan 2 kali lebih sering dibanding biasanya karena kondisi lembab saat menstruasi dapat menyebabkan pertumbuhan jamur pada vagina.  

Nah, selain membersihkan dari luarnya, kamu tahu gak sih kalau ada beberapa makanan yang baik untuk kesehatan reproduksi wanita lho. Makanan tersebut antara lain : 

  

  1. Makanan Prebiotik atau Probiotik 
    Makanan atau minuman seperti yoghurt ternyata bukan hanya baik untuk kesehatan tubuh, tapi bagus untuk kesehatan vagina kamu. Yoghurt mengandung probiotik yang mengandung bakteri baik yaitu Lactobacillus acidophilus untuk menyeimbangkan kadar keasaman atau pH vagina. Selain menyeimbangkan pH, bakteri baik ini mampu melawan dan mencegah bakteri jahat yang dapat menyebabkan infeksi. 

  2. Kacang-kacangan 
    Menurut ahli gizi, Elizabeth Somer, MS, RD, pemilik dari buku Age-proof Your Body, kacang-kacangan merupakan makanan rendah lemak dan kaya nutrisi berupa protein dan serat yang baik untuk perlindungan beberapa penyakit kronis. Kacang-kacangan juga diketahui dapat menstabilkan hormon wanita. Jadi, gak salah deh memilih untuk konsumsi makanan ini demi menjaga kesehatan vagina melalui asupan zat gizi. Selain itu, tingkat nutrisi kacang-kacangan sering disebut isoflavon yang dapat membantu meredakan gejala PMS, perimenopause, dan menopause. 

  3. Beri-berian
    Kelompok buah beri seperti stroberi, raspberry, acai berry, blueberry, cranberry, dan beri lainnya diketahui tinggi akan vitamin C dan asam folat. Buah cranberry memiliki manfaat dapat mengurangi risiko infeksi pada saluran kemih wanita lho.  

  4. Alpukat
    Siapa yang tidak suka buah satu ini? Akan semakin nikmat jika dijus dengan campuran susu dan gula. Tapi, siapa sangka kalau buah yang satu ini memiliki kandungan lemak tidak jenuh, vitamin B6, dan kalium. Ketiganya dapat memperkuat otot dinding vagina dan meningkatkan libido. 

  5. Ubi 
    Di dalam ubi terdapat nutrien berupa beta karoten dan vitamin A yang keduanya dapat membantu memperkuat jaringan otot pada dinding rahim dan vagina. Ubi juga dapat membantu tubuh memproduksi hormon seks, meningkatkan kesuburan, dan menjadi makanan yang direkomendasikan untuk penderita PCOS. 

  6. Lemon 
    Buah yang memiliki rasa asam dan segar ini mengandung banyak vitamin C yang dapat membantu meningkatkan imunitas rahim. Rahim dengan kekebalan imun yang kuat dapat melawan dan menangkal bakteri dan mencegah terjadinya infeksi. 

  7. Sayuran Hijau 
    Bayam, daun kale, dan sawi merupakan sayuran hijau yang memiliki banyak nutrisi. Diantaranya adalah magnesium dan kalsium yang baik untuk menjaga kesehatan otot vagina. Selain itu sayuran hijau kaya akan fitoestrogen yang dapat membantu menurunkan kadar estrogen sehingga dapat membantu menghentikan pertumbuhan tumor di rahim. 

Beberapa makanan di atas seperti alpukat, kacang-kacangan, buah beri, ubi dan sayuran hijau menjadi makanan yang dapat meningkatkan kesuburan wanita dan digunakan sebagai makanan agar cepat hamil bagi wanita. Sedangkan yang lainnya dapat membantu menyehatkan organ reproduksi dan vagina.
 

Rekomendasi Pembalut dan Pantyliner untuk Jaga Kebersihan Vagina 
           
     

  1. Laurier Relax Night 
    Dengan pilihan panjang mulai dari 30-35 cm, produk ini cocok untuk membuat tidur lebih nyaman saat hari deras karena dilengkapi dengan penyerap instan yang menyerap cairan dan gumpalan secara maksimal. Pembalut ini nyaman digunakan karena bagian belakang yang lebar mencegah terjadinya bocor sepanjang malam. Jadi gak perlu repot-repot untuk bolak-balik ke kamar mandi karena bocor dan bikin pakaian dalam kamu lembab terus-terusan. 

  2. Laurier Active Day X-Tra
    Pembalut ini juga cocok untuk menjaga kebersihan vagina karena dapat mengunci kebocoran dan menyerap cairan seketika yang membuat permukaan tetap kering. Jadi no worry vagina kamu terasa lembab dan gak nyaman. 

  3. Laurier Super Slimguard
    Buat kamu yang suka tidak percaya diri memakai pembalut karena merasa tebal saat dipakai, cobain deh pakai Laurier Super Slimguard yang memiliki teknologi lapisan serap yang super tipis. Dapat menyerap cairan lebih cepat sehingga terasa kering, tapi tetap nyaman untuk dipakai. Dengan menjaga daerah kewanitaan semakin kering, kamu bisa mencegah pertumbuhan jamur dan bakteri pada vagina lho. 

  4. Laurier Pantyliner Clean Fresh 
    Nah, untuk kamu yang tidak menstruasi tapi ingin tetap menjaga kebersihan dan kesehatan daerah kewanitaan kamu, cobain deh Laurier Pantyliner Clean Fresh yang menjaga vagina tetap bersih dan kering sepanjang hari. 

 

Gimana girls? Sudah tahukah cara menjaga kebersihan dan kesehatan vagina dari luar dan dalam? Selamat menerapkan dan jangan lupa untuk pakai produk rekomendasi di atas ya!
 

Related Articles

Healthy Body
20 Jun 2019

Penyebab Infeksi dan Bau di Area Miss V

Kulit di sekitar vagina diketahui sebagai area yang paling sensitif. Tak hanya terhadap rangsangan, ...
Healthy Body
10 Dec 2019

Usir Anemia Biar Menstruasi Tetap Ceria

Girls, kamu harus tau nih, data terakhir WHO menyatakan bahwa 1:5 perempuan mengalami anemia selama ...
Healthy Body
27 Jun 2019

3 Hal Penting Merawat Payudara

Di usia remaja, saat menjalani masa puber, payudaramu pasti lagi bertumbuh. Selain bentuk dan ukuran...