Makanan Sehat Penjaga Ovarium
ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Makanan Sehat Penjaga Ovarium

Makanan Sehat Penjaga Ovarium

11 Oct 2019

Makanan Sehat Penjaga Ovarium

Girls, kamu pasti tau kan, apa itu ovarium? Yup! Ovarium adalah organ reproduksi perempuan yang berfungsi mematangkan dan melepaskan sel telur pada masa subur supaya bisa dibuahi. Jadi, ovarium penting banget untuk diperhatikan supaya kesehatannya tetap terjaga. Salah satu hal yang mesti kamu lakukan untuk menjaga kesehatan ovarium adalah dengan mengatur asupan makananmu. Nah, berikut ini beberapa jenis makanan terbaik yang sangat dibutuhkan ovarium supaya tetap sehat:

  • Lemak sehat

Kalau kamu mengalami gangguan ovarium, sangat disarankan buat mengurangi asupan lemak jenuh yang berasal dari daging merah, makanan yang berasal dari olahan susu, dan juga makanan kemasan atau siap saji. Tapi, kamu juga nggak boleh lupa untuk tetap memenuhi kebutuhan lemak tubuh, karena dibutuhkan ovarium buat menjaga kesuburan dan menghasilkan hormon yang seimbang. Asupan lemak sehat bisa kamu dapatkan dari ikan, kacang-kacangan, minyak zaitun dan alpukat.

  • Biji-bijian

Secara umum, biji-bijian memang bermanfaat bagi kesehatan. Tapi kamu tau nggak, kalau mereka ternyata punya manfaat yang sangat besar buat kesehatan ovariummu lho! Biji-bijian bisa berfungsi mengendalikan kadar insulin supaya nggak berlebihan di dalam tubuh. Karena kalau kadar insulin di dalam tubuhmu tinggi, maka ovarium nggak bisa mematangkan sel telur secara sempurna. Akibatnya, hal itu bisa membuat sel telur rusak karena dilepaskan sebelum matang.

Nah, mengonsumsi biji-bijian bisa menjaga keseimbangan kadar insulin dan memastikan ovariummu berfungsi normal. Biji-bijian apa aja sih, yang bisa dikonsumsi? Kamu bisa mengonsumsi oatmeal, roti gandum, pasta, nasi merah, atau popcorn untuk menjaga kesehatan ovarium dan juga kadar insulinmu.

  • Kaya kandungan vitamin B6

Kalau kamu kekurangan vitamin B6, maka tubuhmu akan memproduksi lebih banyak estrogen daripada yang dibutuhkan. Ternyata kondisi ini bisa mengganggu siklus menstruasi dan mencegah ovarium melepaskan sel telur yang matang sesuai siklusmu lho! Makanya, kamu harus rajinmengonsumsi makanan yang kaya kandungan vitamin B6, seperti alpukat, bayam, brokoli, kacang polong dan kentang, supaya kamu bisa mengatasi masalah kelebihan estrogen ini.

Ingat ya, Girls, pastikan kamu memenuhi tiga jenis makanan di atas, supaya kesehatan ovariummu tetap terjaga! Karena hal ini juga bisa membuat kualitas sel telur dan kesehatan reproduksimu jadi lebih baik. So, mulai sekarang selalu jaga pola makanmu ya!

Yuk, share juga info ini ke teman-temanmu, biar mereka bisa lebih mengerti pentingnya menjaga pola makan untuk kesehatan ovariumnya!

Related Articles

Healthy Body
05 Aug 2021

Kenapa Ya Darah Menstruasi Semakin Sedikit?

Secara normal, setiap bulan wanita akan mengalami siklus menstruasi dalam kurun waktu 21-35 dengan r...
Healthy Body
29 Nov 2022

Radang Panggul dan Menstruasi, Apakah Ada Hubungannya?

Radang panggul atau pelvic inflammatory disease (PID) adalah gangguan kesehatan pada  organ rep...
Healthy Body
21 Jun 2019

Cara Mudah Biar Bra Lebih Awet

Buat cewek, bra adalah benda penting. Bukan sekadar pakaian dalam aja, tapi bra juga berfungsi untuk...