ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Kok Terasa Nyeri dan Keluar Darah?

Kok Terasa Nyeri dan Keluar Darah?

24 Oct 2019

Kok Terasa Nyeri dan Keluar Darah?

Kamu pernah mengalami nyeri saat buang air kecil, Girls? Atau jangan-jangan ada darah yang ikut keluar juga? Duh, pasti kondisi ini bikin kamu merasa cemas dan nggak nyaman kan? Wajar banget kok, karena kondisi ini memang termasuk hal yang nggak normal nih. Hal yang sangat mungkin menyebabkan terjadinya nyeri dan perdarahan saat buang air kecil adalah infeksi kandung kemih atau lebih tepatnya, infeksi saluran kemih. Sebenarnya jenis infeksi ini memang sangat umum dialami oleh perempuan, Girls.

Ternyata pemicu terjadinya infeksi saluran kemih adalah bakteri. Bakteri yang masuk ke dalam saluran kemih bisa disebabkan karena sanitasi yang buruk pada saat menggunakan toilet, dan air untuk membilas yang mengandung bakteri. Sedangkan pada perempuan yang udah aktif secara seksual, juga bisa disebabkan karena perpindahan bakteri dari pasangan saat lagi berhubungan seksual.

Selain nyeri dan perdarahan yang terjadi saat buang air kecil, infeksi kandung kemih juga ditandai sama beberapa hal berikut ini, Girls:

  • Demam
  • Nyeri di bagian bawah perut
  • Rasa mau buang air kecil yang terjadi terus menurus, sekalipun nggak ada yang dikeluarkan

Kalau kamu mengalami hal tersebut, jangan khawatir ya! Infeksi saluran kemih gampang disembuhkan dengan obat-obatan yang diberikan dokter. Walaupun begitu, bukan berarti kamu harus menganggap kondisi ini sepele lho! Karena kalau dibiarkan, infeksi ini bisa menjalar ke ginjal dan menyebabkan infeksi dengan nyeri yang sangat mengganggu.

Nah, supaya hal ini nggak terjadi lagi di kemudian hari, sebaiknya kamu coba lakukan tips di bawah ini:

  1. Pakai semprotan antiseptik saat akan menggunakan toilet duduk di tempat umum, seperti di mall, atau bandara. Kalau nggak punya semprotan antiseptik, kamu bisa memakai tisu untuk membersihkan toilet sebelum mendudukinya.
  2. Bersihkan diri setelah selesai buang air kecil dengan air atau tisu (kalau ada air yang menempel) dengan arah gerakan dari depan ke belakang.
  3. Kalau kamu udah aktif secara seksual, sebisa mungkin langsung buang air kecil setelah berhubungan. Jangan menunggu sampai lebih dari 30 menit ya, Girls! Karena dengan cara ini bisa mengeluarkan bakteri dari dalam saluran vaginamu, sehingga akan mencegah terjadinya infeksi.

Kalau kamu mengalami gejala-gejala tersebut, jangan takut untuk segera memeriksakan diri ke dokter Obgyn ya, Girls! Nggak perlu malu, karena infeksi ini memang sangat umum dialami perempuan kok. Akan lebih baik kalau kamu mendapatkan obat yang tepat, supaya infeksi bisa tuntas disembuhkan. Stay healthy, Girls!

Yuk share info ini juga ke teman-temanmu, supaya mereka lebih aware untuk menjaga kesehatannya dan terhindar dari infeksi saluran kemih!

Related Articles

Healthy Body
19 Nov 2020

Apakah Vaginaku Sehat dan Bebas dari Masalah Kewanitaan?

Tidak seperti area wajah yang selalu terpampang nyata, area kewanitaan tempat vaginamu berada memang...
Healthy Body
24 Jun 2019

Gangguan Kesehatan Reproduksi Ancam Jiwa Perempuan

Hasil evaluasi Organisasi Kesehatan Dunia (World Health Organization/WHO) dan telah diterbitkan dala...
Healthy Body
02 Sep 2020

Jangan Tidur Pakai Bra!

Kamu masih sering tidur sambil memakai bra nggak, Girls? Ternyata menurut buku yang berjudul “...