Ketahui Manfaat Daun Sirih pada Pembalut
ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Ketahui Manfaat Daun Sirih pada Pembalut

Ketahui Manfaat Daun Sirih pada Pembalut

19 Mar 2022

Ketahui Manfaat Daun Sirih pada Pembalut

Seiring perkembangan zaman, kini pembalut sudah banyak macam dan variannya. Berbagai bahan dan teknologi menjadi bahan baku dalam pembuatan pembalut, termasuk daun sirih. Daun sirih dikenal menjadi salah satu obat tradisional atau bahan alami yang bisa dan baik digunakan untuk menjaga kebersihan dan kesehatan vagina.

Dalam daun sirih sendiri terdapat kandungan antiseptik yang berasal dari zat Kavokol. Selain manfaat tadi, berikut adalah  manfaat daun sirih bagi alat reproduksi wanita. 

Mengatasi Gatal

Sejak jaman dahulu, orang tua percaya bahwa rebusan daun sirih dapat menyembuhkan rasa gatal akibat infeksi bakteri atau penyakit gudik. Dikutip dari sebuah jurnal yang berjudul Betel Leaf : The Neglected Green Gold of India, daun sirih mengandung senyawa anti bakteri dan anti jamur yang berkhasiat menghilangkan beberapa penyakit termasuk rasa gatal akibat jamur dan bakteri. 
 

Mengurangi Bau Badan 

Selain mampu mengurangi gatal, daun sirih juga dipercaya mampu menghilangkan bau badan. Bukan hanya bagian badan saja, ternyata daun sirih juga mampu menghilangkan bau pada mulut, ketiak, dan vagina. Hal ini dikarenakan daun sirih memiliki kandungan klavikula dan estradiol yang mampu mengontrol hormon dan kelenjar keringat serta menghilangkan bakteri penyebab bau.
 

Mengurangi Keputihan 

Hampir semua wanita pernah mengalami keputihan. Keputihan sendiri adalah proses alami vagina untuk melembabkan vagina dan mencegah infeksi. Namun, terkadang ada beberapa wanita yang mengalami keputihan disertai dengan bau yang kurang sedap. Untuk menyiasatinya, ternyata kandungan dalam daun sirih dapat berfungsi dan mampu mengurangi keputihan. 
 

Mencegah Kanker 

Yang terakhir adalah mencegah kanker. Walaupun tidak sebagai pengobatan, daun sirih dapat menjadi salah satu media untuk menangkal radikal bebas yang dapat menimbulkan berbagai macam penyakit karena kandungan antioksidan yang terkandung di dalamnya. 


Pembalut dengan Kandungan Daun Sirih

Tidak bisa dipungkiri bahwa pembalut memiliki peranan penting bagi wanita. Salah satunya menjadi media yang dapat menampung darah menstruasi setiap bulan yang dialami oleh wanita. Pemilihan pembalut juga harus diperhatikan dengan benar, karena pemilihan pembalut yang salah dapat membuat vagina menjadi bau, iritasi, dan gatal. Selain itu, pastikan kamu memilih pembalut yang dapat menjaga vagina agar tetap terasa kering dan tidak lembap. 

Beruntungnya, untuk mendapatkan semua manfaat tersebut, Laurier mempersembahkan pembalut Laurier Natural Clean sebagai solusinya. Laurier Natural Clean memiliki 3 antibac protection yaitu usir bau, anti jamur, dan melawan pertumbuhan bakteri. Seperti yang telah dijelaskan di atas, daun sirih dapat berfungsi sebagai antiseptik dan kaya akan antioksidan yang mampu usir bau. Selain itu, ekstrak Sage juga dikenal dengan anti jamur yang bisa mengurangi rasa gatal dan mencegah pertumbuhan jamur pada area vagina yang lembap. Terakhir adalah kandungan antibac agent yang mampu melawan pertumbuhan bakteri. 
 

Apakah Kandungan dengan Bahan Alami pada Pembalut Membahayakan Kesehatan?

Untuk kandungan yang terdapat dalam Laurier Natural Clean sendiri, dijamin aman dan tidak membahayakan. Selain menggunakan Laurier Natural Clean, kamu juga harus memperhatikan hal lain saat menstruasi, seperti rutin mengganti pembalut selama minimal 4 jam sekali atau lebih jika dirasa darah menstruasi sedang banyak-banyaknya, menggunakan pakaian dalam yang tepat (tidak ketat dan menyerap keringat), rutin mengganti celana dalam minimal sehari 2 kali, mengeringkan vagina setelah buang air, dan cuci tangan sebelum dan sesudah buang air. 

Itulah beberapa informasi mengenai manfaat daun sirih untuk kebersihan vagina dan produk yang memiliki kandungan daun sirih yang berkhasiat menjaga vagina dari permasalahan bau tidak sedap saat menstruasi. Selamat mencoba! 

Related Articles

Healthy Body
30 Mar 2022

8 Manfaat Daun Sage yang Belum Kamu Tahu

Apakah kamu pernah mendengar daun sage? Kalau belum wajar kok, soalnya di Indonesia yang lebih popul...
Healthy Body
06 Jan 2020

Kelenjar Bartholin Itu Apa sih?

Girls, seperti yang kamu tau, bagian daerah kewanitaan yaitu vagina sangat sensitif dan perlu kamu j...
Healthy Body
29 Nov 2022

Radang Panggul dan Menstruasi, Apakah Ada Hubungannya?

Radang panggul atau pelvic inflammatory disease (PID) adalah gangguan kesehatan pada  organ rep...