Kenapa ya Vagina Sering Berbau Tidak Sedap Saat Menstruasi?
Laurier V Care Expert

Kenapa ya Vagina Sering Berbau Tidak Sedap Saat Menstruasi?

Kenapa ya Vagina Sering Berbau Tidak Sedap Saat Menstruasi?

29 Jul 2022

Kenapa ya Vagina Sering Berbau Tidak Sedap Saat Menstruasi?

Ada banyak hal yang sering kali membuat perempuan kurang percaya diri saat sedang menstruasi, terutama di hari pertama. Salah satunya yaitu adanya bau tidak sedap pada vagina saat sedang menstruasi. 

 

Penyebab Bau Tidak Sedap saat Menstruasi

 

Masalah ini memang hampir dialami oleh semua perempuan dan berikut ini adalah penyebabnya:

Kelembapan  tinggi

Vagina sendiri adalah area yang lembap karena sering terkena kontak dengan cairan. Pada saat kamu sedang menstruasi, darah akan terus mengalir keluar sehingga kelembapannya akan semakin meningkat.

Infeksi

Bau pada saat menstruasi, baik pada vagina maupun darah menstruasi, ternyata bisa menjadi penanda adanya infeksi bakteri. Vagina yang terinfeksi ini terkadang akan mengeluarkan bau tidak sedap dan bau akan semakin menyengat saat menstruasi.

Kebersihan tidak terjaga

Kebersihan area kewanitaan pada saat menstruasi harus lebih dijaga lagi dibandingkan dengan hari biasa di luar menstruasi. Sebab, seperti yang telah disebutkan di mana kelembapannya akan meningkat akibat darah yang keluar, sehingga berpotensi menimbulkan jamur atau infeksi lain yang berbahaya bagi kesehatan.

 

Mengatasi Bau Tidak Sedap saat Menstruasi

 

Untuk kamu yang mengalami masalah ini, tidak perlu panik. Kamu bisa coba mengatasinya dan mencegah munculnya bau tidak sedap dengan beberapa cara ini:

Mandi dan bersihkan area kewanitaan

Pastikan kamu mandi dua kali sehari saat sedang menstruasi dan bersihkan area kewanitaanmu secara keseluruhan. Kamu tidak diwajibkan untuk menggunakan cairan khusus pembersih vagina karena organ ini sendiri sudah memiliki bakteri baik untuk menjaga keseimbangan pH. Asalkan kamu membersihkannya secara benar dan pastikan tidak ada gumpalan darah yang tertinggal. Bersihkan vagina dari arah depan ke belakang dan keringkan dengan handuk atau tissue.

Gunakan pakaian yang nyaman

Material kain yang memiliki sirkulasi udara baik akan membantu agar kulit tubuhmu bernapas dengan baik. Hal ini akan membantu mengurangi munculnya keringat termasuk di area kewanitaan yang semakin memperparah bau pada vagina saat sedang menstruasi. 

Rutin ganti pembalut

Selain membersihkan area kewanitaan, mengganti pembalut secara rutin juga penting terutama ketika darah yang keluar masih banyak-banyaknya. Sebaiknya, ganti pembalut setiap 4 jam sekali dan jangan tunggu sampai pembalut benar-benar basah. Namun rentang waktu tersebut bisa lebih cepat jika darah yang keluar lebih banyak dari normal.

Pilih pembalut yang tepat

Sebaiknya gunakan pembalut dengan bahan alami untuk mengurangi bau tidak sedap. Selain itu, gunakan pembalut yang menyerap dengan cepat untuk mencegah kebocoran dan juga menjaga permukaannya tetap kering. Sebab ketika penyerapan terlalu lambat, permukaan pembalut akan lembap sehingga semakin meningkatkan risiko perkembangan jamur serta bakteri di area kewanitaan.

Sebagai rekomendasi untuk mengatasi masalah ini, kamu bisa menggunakan Laurier Natural Clean, pembalut antibakterial dengan 3 Antibac Protection yaitu kandungan daun sirih yang mengusir bau, ekstrak daun sage yang dikenal sebagai anti jamur, dan antibac agent yang melawan pertumbuhan bakteri. Pembalut ini juga dilengkapi fiber dry tech dan pengunci bocor instan yang mampu menyerap 2x lebih maksimal dan cepat, sehingga permukaan tetap kering. Laurier Natural Clean mampu memberikan perlindungan alami dari becek serta, mengusir bau tidak sedap, dan bakteri sehingga kamu tetap percaya diri dalam beraktivitas saat sedang menstruasi. No more becek, bebas bau check!

Related Articles
Healthy Body
09 Jun 2021

Konsumsi Makanan Ini untuk Memperlancar Menstruasi

Hai girls, kalian tahu gak sih kalau hampir semua perempuan pasti pernah merasakan siklus menstruasi...
Healthy Body
07 May 2019

5 Cara Atasi Migrain di Kantor

Kepala kamu pernah merasa pusing sebelah nggak sih, Girls? Pasti rasanya mengganggu banget, kan? Sak...
Healthy Body
09 Jan 2020

3 Pemicu Cairan Vaginamu Mengental

Girls, kamu tau nggak? Sebenarnya setiap hari cairan vagina yang kamu hasilkan, fungsinya adalah seb...
All Things Period
Period Facts

Cari tahu berbagai informasi seputar menstruasi di sini.

Adulthood

Break the taboo! Kenali lebih dalam mengenai kesehatan reproduksi dan juga tubuhmu.

First Timer

Sex education untuk kamu yang beranjak dewasa.

Motherhood

Seputar kehamilan, masa subur, dan tips edukasi menstruasi untuk para Ibu.

Body & Mind
Healthy Body

Kesehatan merupakan hal utama agar bisa menikmati hidupmu secara maksimal.

Healthy Mind

Feeling underwhelmed during your period? Ada banyak hal yang bisa menjadi penyebabnya.