Kenapa Payudaraku Terasa Nyeri?
ask dr laurier

Kenapa Payudaraku Terasa Nyeri?

Kenapa Payudaraku Terasa Nyeri?

24 Oct 2019

Kenapa Payudaraku Terasa Nyeri?

Kamu pasti tau kan, betapa pentingnya payudara bagi seorang cewek? Selain sebagai salah satu organ tubuh, payudara juga termasuk organ reproduksi lho. Nggak heran kalau terjadi gangguan yang berhubungan dengan payudara, pasti kamu akan panik. Iya kan?

Hal yang paling sering dikeluhkan soal payudara, biasanya adalah rasa nyeri. Tapi, nggak selamanya nyeri yang dirasakan di payudara itu berhubungan sama kondisi kanker atau gangguan kesehatan serius lho, Girls. Kebiasaan dan aktivitas sehari-hari yang kurang tepat juga ternyata bisa memicu rasa nyeri tersebut. Kira-kira apa aja sih, hal-hal pemicunya?

  • Terlalu banyak kafein

Penelitian terakhir udah memastikan bahwa mengonsumsi kopi dan teh secara berlebihan bisa menyebabkan rasa nyeri pada payudara. Kafein memang nggak secara langsung memengaruhi payudara, tapi kafein bisa memengaruhi hormon, sehingga menyebabkan naik turunnya kadar hormon yang memicu reaksi pada payudara.

  • Bra yang kurang pas

Memakai bra yang pas adalah hal yang sangat penting nih, Girls. Bra yang berukuran terlalu kecil, akan menghimpit payudara dan bisa menyebabkan rasa nyeri. Sedangkan, kalau mengenakan bra yang terlalu besar nggak akan maksimal untuk menopang payudara. Hal ini sangat penting diperhatikan, khususnya saat lagi berolahraga. Sebaiknya, pakailah sport bra supaya payudara kamu nggak nyeri saat beraktivitas. Perlu diingat juga bahwa di masa pertumbuhan, payudaramu itu lagi berkembang lho. Jadi, cobalah untuk mengecek ukurannya setiap 6 bulan sekali supaya kenyamananmu terjaga karena payudara yang nggak tersangga dengan baik, bisa menyebabkan rasa nyeri saat kamu bergerak.

  • Kontrasepsi

Salah satu pemicu rasa nyeri pada payudara adalah naik turunnya kadar hormon. Kondisi ini bisa dipicu oleh penggunaan kontrasepsi hormonal. Sekalipun begitu, reaksi kontrasepsi pada setiap orang berbeda-beda ya, Girls. Makanya, kalau kamu mengalami nyeri pada payudara dan baru aja mengganti jenis kontrasepsi, sebaiknya langsung konsultasi dengan dokter supaya mendapatkan pemeriksaan dan penanganan yang tepat.

  • Olahraga

Saat kamu berolahraga, dan melakukan gerakan-gerakan yang memengaruhi otot-otot bagian atas tubuh, ternyata bisa menyebabkan sensasi seakan-akan timbul rasa nyeri pada payudaramu. Karena otot dada yang menyangga payudara cenderung terpengaruh dan menegang. So, nggak usah heran kalau kamu tiba-tiba merasa nyeri pas lagi berolahraga ya!

  • Menjelang menstruasi

Menjelang menstruasi, saat hormon lagi naik turun, kelenjar payudara akan merespon situasi tersebut. Nyeri bisa aja nggak terasa, atau berbeda-beda tingkatannya dari satu siklus ke siklus lainnya.

  • Proses pertumbuhan

Sebelum usiamu mencapai akhir 18 tahun, kamu masih mengalami proses pertumbuhan, termasuk payudara. Jadi, masih sangat mungkin nyeri yang dialami disebabkan karena payudara bertumbuh dan berubah, sehingga cenderung sensitif dan terasa nyeri.

  • Salah gerak

Nyeri di dada bisa juga disebabkan karena gerakan tangan yang keliru saat kamu mengangkat atau menarik sesuatu, sehingga terjadi kontraksi otot yang menegang.

Kalau rasa nyeri muncul disertai dengan gejala lain seperti demam, atau terjadi perubahan fisik pada payudara, sebaiknya langsung memeriksakan diri ke dokter ya, Girls! Karena kondisi ini harus segera ditangani, supaya nggak terjadi hal yang nggak diinginkan. So, be aware and stay healthy!

Share info ini ke teman-temanmu juga ya, supaya mereka tau apa aja penyebab rasa nyeri pada payudara!

Related Articles
Healthy Body
25 Jan 2020

Apakah Pola Makanmu Terjaga dengan Baik Saat Menstruasi?

Selama menstruasi, ternyata kamu harus lebih menjaga pola makanmu lho! Hmm….kamu termasuk cew...
Healthy Body
25 Oct 2019

Peran Progesteron

Hai, Girls! Kamu tau nggak sih, kalau sebenarnya progesteron lebih dikenal sebagai hormon pertumbuha...
Healthy Body
04 Dec 2019

Ngobrol Singkat Soal Selaput Dara

Kamu pernah dengar tentang selaput dara nggak, Girls? Selaput dara disebut dengan selaput karena ber...