ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Kenapa Lututku Nyeri Pas Mau Menstruasi?

Kenapa Lututku Nyeri Pas Mau Menstruasi?

04 May 2019

 Kenapa Lututku Nyeri Pas Mau Menstruasi?

Kalau udah menjelang menstruasi, kadang lutut kamu suka terasa nyeri nggak, sih? Kira-kira hal itu mengganggu kamu beraktivitas atau nggak? Tapi, kalau rasa nyerinya makin lama makin sakit, pasti bakalan mengganggu kamu. Benar, kan? Hmm….tapi harusnya kan kalau menstruasi itu perut aja yang nyeri, kok ini lutut jadi ikut-ikutan? Kenapa ya?

Dalam ajang Integrative Biology of Exercise Conference, yang berlangsung di North Carolina, USA belum lama ini, telah dipresentasikan sebuah hasil penelitian yang menyatakan bahwa otot pada lutut perempuan sangat dipengaruhi sama siklus menstruasi. Perubahan fungsi otot selama menstruasi menyebabkan sendi jadi nggak stabil dan memicu nyeri.

“Sudah lama diketahui bahwa progesteron dan estrogen, dua hormon reproduksi yang sangat vital, memengaruhi fungsi jaringan syaraf, karena itu hipotesa awal penelitian ini adalah otot perempuan akan mengalami penyesuaian sesuai siklus menstruasi,” kata Matthew Tenan, penulis laporan penelitian tersebut yang berprofesi sebagai pelatih atlet dan kandidat doktor.

Matthew dan tim peneliti dari Universitas North Carolina-Chapel Hill memantau siklus menstruasi pada 7 orang responden perempuan – mereka mempunyai siklus yang alamiah, dan nggak memakai kontrasepsi hormonal. Aktivitas otot sendi lutut para responden tersebut diukur selama melakukan latihan di gym, dan menggunakan lutut. Didapati bahwa ketegangan otot sendi jadi meningkat signifikan satu minggu sebelum menstruasi.

Dijelaskan lagi bahwa ketegangan otot lutut yang meningkat ini disebabkan karena otot cenderung tegang saat kadar progesteron turun dibanding kadar estrogen. Kondisi perubahan kadar hormon ini selalu terjadi menjelang menstruasi.

Walaupun begitu, Matthew mengingatkan supaya perempuan nggak membiarkan rutinitas olahraga jadi terganggu karena kondisi ini. Dia menyarankan supaya satu minggu sebelum menstruasi, jenis olahraganya diubah menjadi jenis yang melatih keseimbangan biar nggak terlalu membebani lutut. Senggaknya informasi ini memberi kesempatan perempuan untuk mengatur rutinitas olahraganya. “Perempuan jadi tau kapan saatnya berusaha lebih keras, dan kapan lebih santai," katanya.

Nah, sekarang kamu udah tau kan, Girls, kenapa lutut juga jadi terasa nyeri pas menjelang menstruasi. Ingat tuh, jangan jadikan hal ini alasan supaya kamu nggak berolahraga! Kamu masih tetap bisa olahraga kok, asal jenis olahraganya disesuaikan. Don’t forget to stay healthy, Girls!

Share artikel ini ke teman-teman cewekmu, yuk, biar mereka juga tau tentang info ini!

Related Articles

Healthy Body
03 Oct 2022

Ukuran Payudara Tidak Sama, Apakah Ini Hal yang Normal?

Girls, pernahkah kamu berkaca dan memerhatikan payudara dengan saksama? Bila pernah dan mendapati pa...
Healthy Body
15 Sep 2023

Kanker Vulva, Apakah Berbahaya? Ini Dia Ciri dan Dampaknya!

Bicara soal penyakit serius di area kewanitaan, banyak dari kita yang hanya familier dengan kanker s...
Healthy Body
10 Jan 2020

4 Gejala Ovulasi yang Sering Diabaikan

Girls, saat tubuh perempuan sedang dalam masa ovulasi, informasi seputar gejala yang muncul adalah h...