Kenapa Jerawat Tumbuh di Tubuhku?
ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Kenapa Jerawat Tumbuh di Tubuhku?

Kenapa Jerawat Tumbuh di Tubuhku?

02 Dec 2019

Kenapa Jerawat Tumbuh di Tubuhku?

Kamu tau nggak sih, menjelang menstruasi akan terjadi perubahan kadar hormon dalam tubuhmu? Ternyata kondisi ini bisa memicu reaksi terhadap seluruh organ tubuhmu lho, termasuk kelenjar minyak yang ada di bawah kulit. Produksi kelenjar minyak akan bertambah, dan kulit menjadi lebih berminyak. Di sisi lain, kelenjar keringat pun akan menghasilkan lebih banyak keringat. Kebayang kan, kalau keringat dan minyak bercampur di permukaan kulit tubuhmu? Duh, nggak banget deh!

Kondisi ini bisa memicu kelembapan, serta membuat debu dan sel kulit mati jadi menempel. Akibatnya pori-pori akan tersumbat, dan terbentuklah jerawat. Jerawat di tubuh ini biasanya muncul pada punggung dan bokong. Lalu, gimana cara mencegahnya ya? Sebenarnya gampang banget kok, semua itu tergantung sama pola hidup yang kamu terapkan sehari-hari. Makanya, biar pasukan jerawat itu nggak tumbuh di punggung atau bokongmu, coba lakukan hal-hal berikut yuk, Girls!

  • Jangan pakai baju atau celana terlalu ketat. Nggak cuma menghambat sirkulasi udara, gesekan antara pakaian yang ketat dengan kulit juga bisa memicu iritasi, jerawat, dan nantinya menyebabkan radang lho.
  • Mandi dua kali sehari secara teratur, karena keringat dan kotoran bisa menyumbat pori-porimu, dan bisa memicu jerawat.
  • Selalu pakai baju bersih setelah mandi supaya terhindar dari keringat dan kotoran yang bisa aja mengandung bakteri, sehingga memicu tumbuhnya jerawat.

Jerawat di tubuh bisa menyerang siapa aja lho, Girls. Kalau jerawat di tubuhmu terlanjur terbentuk dan terlihat tumbuh di sekujur tubuh, segera obati dengan salep jerawat yang biasanya mengandung antibiotik. Makanya, mulai sekarang kamu harus hindari hal-hal yang bisa menyebabkan jerawat tumbuh ya! Kalau bisa mencegahnya dari sekarang, why not?

Jangan lupa share info ini ke teman-temanmu juga ya, supaya mereka bisa terhindar dari jerawat di tubuh!

Related Articles

Healthy Body
02 Dec 2019

Payudaraku Bisa Berubah Nggak sih?

Proses pertumbuhan payudara adalah hal yang paling menarik perhatian para cewek, benar nggak, Girls?...
Healthy Body
09 Jan 2020

Hal yang Akan Dialami Tubuhmu Setelah Ovulasi

Girls, kamu tau nggak? Sebenarnya setelah tubuh kamu berovulasi, indung telur melepaskan sel telur m...
Healthy Body
12 Dec 2019

Vaksin HPV Bisa Cegah Kanker Serviks

Girls, ingat ya, semua jenis kanker sangat berbahaya! Menurut data Badan Kesehatan Dunia (WHO), kank...