Kenapa Bisa Muncul Stretch Marks?
ask dr laurier

Kenapa Bisa Muncul Stretch Marks?

Kenapa Bisa Muncul Stretch Marks?

27 Jun 2019

Kenapa Bisa Muncul Stretch Marks?

Garis-garis cokelat atau kemerahan pada kulit di bagian tubuh tertentu, dikenal sebagai stretch marks. Biasanya strecth marks dialami seorang perempuan saat hamil. Tetapi banyak juga cewek mengalaminya di saat puber. Bagian tubuh yang sering mengalami stretch marks adalah pinggul, perut, payudara, paha dan bokong.

Yuk kita cari tahu penyebab stretch marks yang bikin kulit gak cantik, ini:

  • Obesitas

Kebiasaan mengonsumsi makanan berkalori tinggi, menyebabkan berat badan bertambah. Saat pertambahan berat badan ini, kulit akan mengalami peregangan, sehingga menyebabkan stretch marks.

  • Masa pertumbuhan

Ketika mengalami proses pertumbuhan, terjadi perubahan komposisi hormon tubuh. Kondisi ini memengaruhi lapisan dermis kulit, sehingga bertambah bebannya, meregang, dan terciptalah stretch marks.

  • Pakaian yang terlalu ketat

Memakai pakaian terlalu ketat, menyebabkan terganggunya suplai oksigen dan terhambahnya aliran darah. Kondisi ini memicu trauma pada kulit, dan jika kuli dalam keadaan kering, saat peregangan terjadi akan membentuk strecth marks.

Dilihat dari penyebabnya, maka untuk remaja, cara paling mudah untuk mencegah timbulnya stretch marks adalah mengurangi makanan yang mengandung banyak karbohidrat, berolahraga rutin dan menjaga pola hidup sehat. Selamat memiliki kulit cantik!

Related Articles
Healthy Body
15 Mar 2020

Cek yuk, Kamu Memiliki Gejala Infeksi pada Vagina atau Nggak!

Kamu pernah merasa gatal atau mengalami iritasi di area vagina? Eits, jangan-jangan kamu kena infeks...
Healthy Body
04 Aug 2022

Beginilah Ciri-Ciri Vagina yang Sehat. Cari Tahu, yuk!

Menjaga kesehatan vagina itu penting dilakukan oleh setiap perempuan. Sebab, alat reproduksi yang ba...
Healthy Body
16 Oct 2020

Caraku Mencukur Bulu Pubis Sudah Benar Belum, Ya?

Kamu boleh banget mencukur bulu pubis saat sudah terasa lebat dan bikin nggak nyaman, Girls! Namun, ...