Kenapa Aku Duluan ya?
ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Kenapa Aku Duluan ya?

Kenapa Aku Duluan ya?

25 Jun 2019

Kenapa Aku Duluan ya?

Buat cewek seumuran kita yang udah memasuki masa puber, pasti banyak hal yang suka bikin bingung. Termasuk soal perubahan fisik yang kita alami. Banyak di antara kita yang suka ngerasa 'beda' dibanding teman-teman cewek lain.

Di masa ini tubuh kita bakal mengalami beberapa perubahan yang suka bikin kaget. Salah satunya adalah menstruasi yang akhirnya bakal kita alami setiap bulan. Perubahan lain yang terjadi adalah payudara yang mulai tumbuh dan membesar. Pertumbuhan ini nggak terjadi secara serentak, tapi biasanya sekitar 2 tahun setelah kita mengalami menstruasi pertama.

Gak semua cewek ngalamin perubahan dalam masa yang sama. Ada yang lebih cepat, tapi ada juga yang lebih lambat dibanding teman-teman yang lain. Makanya mungkin kita suka bingung, kenapa teman sekelas kita ada yang payudaranya udah membesar, tapi malah ada juga yang dadanya rata. Masa puber yang nggak kompakan sama teman-teman yang lainnya ini, bisa jadi masalah yang mengganggu rasa pede kita. Kalau masa puber kita lebih cepat, kita jadi risih lantaran kita sendiri di kelas yang udah pakai bra. Atau kalau masa puber kita telat, kita jadi nggak pede karena dada kita masih rata, beda sama yang lainnya nih.

Tapi, apa sih yang menyebabkan perbedaan pertumbuhan payudara kita itu? Sebenarnya ada beberapa kemungkinan. Salah satunya adalah faktor keturunan. Coba cek deh, apakah ortu, kakak atau saudara dekat kamu ada yang ngalamin kejadian kayak kamu. Selain itu, kalau masa puber kita telat, mungkin juga disebabkan oleh penyakit parah yang pernah atau sedang kita derita. Atau bisa juga karena kekurangan gizi! Gimana mau sehat dan tumbuh kalau tiap hari makanannya cuma mie ayam, bakso, siomay, gorengan, soft drink dan junk food lainnya?

Jadi, kita sebenarnya gak perlu panik karena kecepatan atau justru lebih lambat. Teman-teman juga bakal juga akan mengalami hal yang sama. Kalau masih bingung juga, cerita deh sama Mama. Kamu bakal lega mendengarkan penjelasannya.

Related Articles

Healthy Body
19 Aug 2019

Emosi Nggak Stabil Bisa Ganggu Gairah Seksual

Sebagai seorang perempuan, pasti kamu pernah mengalami gejolak gairah seksual kan, Girls? Nah, baru-...
Healthy Body
14 Jun 2019

3 Unsur Pemicu Endometriosis

Endometriosis adalah gangguan kronis yang dialami perempuan pada organ reproduksi. Kondisi tersebut ...
Healthy Body
26 Jun 2019

Jangan-jangan, Kanker Serviks....

Berbagai gangguan kesehatan menjelang atau selama menstruasi, belum lagi siklus menstruasi yang gak ...