Kapan Kapok Merokok?
ask dr laurier

Kapan Kapok Merokok?

Kapan Kapok Merokok?

15 Oct 2019

Kapan Kapok Merokok?

Waktu lagi hangout bareng teman, bukan nggak mungkin ada temanmu yang merokok dan akhirnya bikin kamu tertarik buat mencoba. Iya kan? Mungkin bisa jadi kamu malah nggak suka sama sensasi asap rokok tersebut, atau justru kamu ingin mengulang dan akhirnya jadi ketagihan merokok.

Dengan merokok, mungkin bisa membuatmu jadi lebih gampang bergaul sama teman se-geng karena punya kebiasaan yang sama. Tapi ada hal yang perlu kamu sadari nih, Girls. Merokok sejak usia remaja ternyata punya risiko kesehatan jangka panjang lho! Para ahli kesehatan udah menjelaskan risiko buruk kesehatan tersebut berdasarkan tahapan usianya, seperti di bawah ini:

  • Usia 20 tahun

Biasanya orang yang merokok di usia dewasa memulai kebiasaan merokoknya di usia remaja. Saat memasuki usia 20-an, mulai terjadi ganggguan kesehatan seperti batuk, napas tersengal-sengal, bahkan gangguan jantung. Kalau dilihat dari fisiknya, orang tersebut mulai terlihat kerut di ujung bibir dan sekitar mulut akibat kulit mengering terkena asap rokok.

  • Usia 30 tahun

Kalau seseorang masih merokok di usia ini, biasanya mereka akan terlihat lebih tua dibandingkan usianya. Kulit wajahnya cenderung kering, kekurangan oksigen, terlihat nggak fit, dan keriput. Nggak cuma itu, gigi mereka juga terlihat bernoda kecokelatan akibat nikotin, rambut jadi kusam dan beraroma khas. Menurut para ahli, cewek perokok cenderung punya lebih banyak selulit dibandingkan cewek yang nggak merokok di usia 30-an lho!

Dipandang dari kesehatan reproduksi, ternyata cewek perokok cenderung lebih susah hamil karena risiko nggak subur dan keguguran yang relatif lebih tinggi dibanding cewek yang nggak merokok. Selain terkena risiko kanker serviks, juga bisa berakibat punya berbagai komplikasi saat mengandung dan melahirkan. Hiii….serem kan, Girls?

  • Usia di atas 40 tahun

Di usia ini, cewek perokok bakal mengalami penurunan kesehatan yang lebih cepat dibanding cewek seumur yang nggak merokok.

Duh, serem-serem banget kan, bahaya dari merokok? So, sekarang pilihan ada di tanganmu ya, Girls! Mau tetap sehat dan terlihat cantik sampai dewasa nanti, atau……? Remember to love yourself, honor your body, Girls!

Share info ini ke teman-temanmu juga ya, terutama buat mereka yang masih merokok sampai sekarang! Biar mereka bisa lebih mencintai tubuhnya dan menghindari hidup dari merokok!

Related Articles
Healthy Body
28 Jun 2019

Pro Kontra Sunat Pada Perempuan

Sunat pada perempuan yang hingga saat ini masih dilakukan oleh sebagian besar penduduk di kawasan Af...
Healthy Body
18 Mar 2022

Kenapa Sih Vagina Jadi Becek Saat Menstruasi?

Saat sedang menstruasi beberapa wanita biasanya merasakan vagina terasa lebih lembap. Hal ini biasan...
Healthy Body
10 Jan 2020

Tips Simple Cegah Infeksi Saluran Kemih!

Kamu pernah nggak, Girls, mengalami sering buang air kecil? Hal ini pastinya bikin kamu nggak nyaman...