Jenis dan Ciri Kista di Ovarium
ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Jenis dan Ciri Kista di Ovarium

Jenis dan Ciri Kista di Ovarium

24 Oct 2019

Jenis dan Ciri Kista di Ovarium

Girls, apa kamu pernah dengar tentang kista ovarium? Kista ovarium adalah kista yang tumbuh di dalam ovarium. Sebenarnya, kista adalah kantong berisi cairan yang terbentuk di dalam ovarium. Kista bisa terbentuk di dalam ovarium karena dipicu berbagai sebab.

Kista ovarium juga terdiri dari beberapa jenis nih, Girls. Beda jenis, maka beda juga ciri-cirinya. Hmm….tapi apa aja sih, ciri-ciri kista ovarium?

  • Follicular cyst. Ini adalah jenis kista ovarium yang paling umum. Jenis kista ini terbentuk akibat sel telur nggak berhasil dikeluarkan dari folikelnya. Folikel adalah kantong cairan indung telur.
  • Corpus luteum cyst. Setelah ovarium melepaskan sel telur, akan terbentuk jaringan yang disebut corpus luteum. Harusnya jaringan ini akan luruh. Pada sebagian kasus, jaringan ini nggak langsung luruh, dan malah membentuk kista.
  • Penyebab lain dari kista ovarium adalah kondisi seperti Polycystic ovary syndrome dan endometriosis.

Kista ovarium masih termasuk dalam kategori masalah reproduksi yang umum dialami oleh sebagian perempuan. Bahkan bisa jadi kamu nggak sadar kalau kista itu muncul di ovarium, sampai sesuatu terjadi. Misalnya kista itu pecah, sehingga mengakibatkan rasa nyeri, atau kalau kista memicu torsi, yang berarti ovarium terputar atau mengencang, sehingga aliran darah ke ovarium terganggu. Kedua hal ini bisa menyebabkan sakit perut yang sangat parah, sehingga kamu harus konsultasi ke dokter.

Terkadang, kista ovarium akan hilang dengan sendirinya, Girls. Tapi kalau kista ovarium nggak juga hilang, dan terus mengganggu, biasanya dokter akan memberikan pil kontrasepsi untuk mengurangi pembesaran dan mencegah terbentuknya kista. Alternatif lain mengatasi kondisi ini, yaitu dengan cara operasi.

Pada beberapa kasus, kista ovarium juga mengandung sel tumor (ada yang jinak maupun ganas). Tapi tenang, Girls! Jarang banget kok, kista di ovarium berubah menjadi kanker. Untuk memastikannya, kamu bisa lakukan dengan pengecekan secara regular.

Supaya terhindar dari berbagai hal yang nggak diinginkan, sebaiknya kamu mulai mewaspadai gejala-gejala bahkan yang sangat ringan sekalipun. Misalnya nyeri di rongga panggul, menstruasi yang nggak teratur, sering buang air kecil, adalah tanda-tanda adanya kista di ovarium. Kalau kamu sering mengalami gejala itu, lebih baik langsung konsultasi ke dokter untuk memastikan kondisimu. So, be aware!

Yuk share info ini ke teman-temanmu juga, supaya mereka bisa lebih menjaga kesehatannya dan terhindar dari kista!

Related Articles

Healthy Body
13 Nov 2019

Haruskah Menggunakan Bra Sepanjang Hari?

Girls, sebagai bagian tubuh yang mengalami pertumbuhan nyata selama masa puber, maka payudara menjad...
Healthy Body
28 Aug 2019

Pedulikah Kamu Dalam Menjaga Kebersihan Daerah Kewanitaan?

Girls, kamu termasuk yang rajin menjaga kebersihan daerah kewanitaanmu nggak nih? Eits, jangan ngaku...
Healthy Body
08 Jan 2020

4 Tips Supaya Sel Telur Kamu Tetap Sehat!

Girls, memiliki sel telur yang sehat adalah hal yang sangat penting bagi seorang perempuan di usia p...