Jangan Tidur Pakai Bra!
ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Jangan Tidur Pakai Bra!

Jangan Tidur Pakai Bra!

02 Sep 2020

Jangan Tidur Pakai Bra!

Kamu masih sering tidur sambil memakai bra nggak, Girls? Ternyata menurut buku yang berjudul “Dressed to Kill: The Link Between Breast Cancer and Bras” tahun 1995 menuliskan bahwa tidur dengan memakai bra bisa memicu terjadinya dampak negatif bagi kesehatanmu. Munculnya statement ini menyebabkan beberapa perempuan memercayai bahwa memakai bra saat tidur bisa mengganggu kerja kelenjar getah bening, sehingga mengakibatkan kanker payudara.

Namun, menurut American Cancer Society, pernyataan ini belum pernah dibuktikan lewat hasil studi ataupun penelitian. Walaupun begitu, tidur tanpa memakai bra tetap memberikan manfaat yang baik bagi kesehatanmu. Apa aja manfaatnya ya?

  • Tidur jadi lebih nyenyak

Memakai bra saat tidur kemungkinan bisa membuat tidurmu jadi sedikit terganggu. Apalagi kalau jenis bra yang kamu pakai bukanlah sleep bra. Bentuk bra yang ketat akan membuatmu merasa sesak, pengap, atau bahkan gatal. Sebaliknya, kalau kamu memilih untuk tidur tanpa memakai bra, kualitas tidurmu nggak akan terganggu. Sehingga hal ini membuat tubuhmu jadi lebih sehat dan siap untuk beraktivitas esok hari.

  • Mengurangi produksi keringat

Seperti yang dituliskan oleh Shawn Stevenson dalam bukunya yang berjudul “Sleep Smarter”, tidur tanpa pakaian bisa menurunkan suhu tubuh. Sebenarnya, suhu tubuh memang akan menurun saat kamu tidur. Sehingga, tidur tanpa pakaian atau bra bisa membantu untuk menjaga suhu tubuhmu tetap rendah. Hal ini pun membuat saraf parasimpatis jadi aktif lebih cepat. Saraf parasimpatis mempunyai fungsi untuk membantu tubuh beristirahat lebih optimal.

Kalau kamu memilih memakai bra apalagi saat suhu ruangan mengalami peningkatan di malam hari, justru bisa membuat tubuhmu jadi berkeringat. Ditambah lagi kalau kamu memakai bra yang terbuat dari bahan sintetik akan membuat tubuhmu semakin banyak mengeluarkan keringat. Kondisi ini pastinya bikin kamu nggak nyaman dan akan mengganggu waktu tidurmu kan?

  • Mencegah terjadinya penyumbatan dan memperbaiki sistem limfatik

Sistem limfatik yang baik sangat bermanfaat bagi imunitas tubuh. Kalau kamu sering memakai bra saat tidur, maka bisa memicu penyumbatan pada sistem limfatik. Penyumbatan ini bisa terjadi karena adanya penumpukan cairan pada kelenjar getah bening yang terdapat di area ketiak. Kelenjar ini berfungsi untuk melindungi tubuh dari infeksi, zat-zat asing yang berbahaya, dan sel-sel kanker. Tidur tanpa bra juga bisa memperbaiki sistem limfatik karena memperlancar aliran getah bening, dan mencegah terjadinya gangguan pada fungsi organ tubuh yang berhubungan dengan sistem limfatik seperti hati.

  • Mengurangi risiko hiperpigmentasi dan infeksi kulit payudara

Hiperpigmentasi adalah kondisi di mana terjadinya perubahan warna kulit yang nggak merata atau munculnya bintik-bintik berwarna gelap pada kulit. Salah satu penyebabnya adalah adanya peningkatan pigmen melanin pada area kulit tertentu. Memakai bra saat tidur bisa menyebabkan timbulnya iritasi, tekanan permanen dan kerusakan pada area kulit akibat tali atau kawat bra yang bergesekan dengan kulitmu dalam jangka waktu yang lama. Kondisi ini akan membuat melanosit menghasilkan lebih banyak pigmen melanin pada area kulit, sehingga terjadilah hiperpigmentasi.

Tidur tanpa bra juga bisa mengurangi terjadinya infeksi akibat bakteri yang menyebabkan iritasi dan munculnya jamur pada kulit. Kalau kamu tetap memakai bra saat tidur, justru pori-pori kulit akan tertutupi dan mengganggu sirkulasi udara. Sehingga kulitmu jadi lebih lembap dan membuat bakteri betah untuk berkembangbiak, yang nantinya akan membuatmu merasa gatal pada area tersebut.

  • Mengurangi risiko luka

Bra yang kamu pakai saat tidur bisa menyebabkan gangguan kalau tali, kawat, atau karet bra bergesekan dengan kulit, apalagi kalau kamu punya kebiasaan berpindah-pindah posisi tidur. Walaupun masalah ini memang jarang terjadi, tapi gesekan atau gerakan yang tiba-tiba dan nggak disadari bisa menimbulkan luka ringan pada area kulit payudara dan dada. Makanya, kalau kamu tidur tanpa memakai bra akan mengurangi risiko terjadinya luka.

Walaupun memang belum terbukti secara medis, tapi nyatanya tidur tanpa bra memberikan banyak manfaat untuk kesehatanmu. So, sekarang kamu masih akan tetap memakai bra saat tidur atau nggak nih, Girls? Be wise ya!

Jangan lupa share info ini ke teman-temanmu yang lain, biar mereka tau manfaat tidur tanpa memakai bra!

Related Articles

Healthy Body
11 Jul 2019

Ada Apa Aja di Organ Reproduksi?

Ada banyak hal menjadikan kita, wanita, spesial. Selain sifat dasar senang merawat, lebih peka dan c...
Healthy Body
13 Nov 2019

2 Jenis Infeksi di Area Vagina yang Harus Kamu Tahu!

Girls, kamu tau nggak, kalau area genital atau yang dikenal secara spesifik sebagai vagina, ternyata...
Healthy Body
05 Dec 2019

Kenapa Ada Bisul?

Kamu pernah melihat bisul muncul di area tubuhmu nggak, Girls? Bisul sebenarnya adalah infeksi yang ...