Info Singkat Tentang Bra
ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Info Singkat Tentang Bra

Info Singkat Tentang Bra

17 Sep 2019

Info Singkat Tentang Bra

Sampai sekarang kamu masih merasa nggak nyaman sama perubahan tubuhmu, terutama di area payudara? Kalem aja, Girls! Kamu nggak sendirian kok. Ada banyak cewek lain yang juga merasakannya sama sepertimu.

Hmm…kira-kira kapan ya, aku harus mulai memakai bra? Sebaiknya seorang cewek mulai mengenakan bra saat payudaranya mulai terbentuk. Proses pertumbuhan dan pembentukan payudara ini berbeda-beda waktunya pada setiap cewek. Ada yang udah mengalaminya pada usia 12 tahun, tapi ada juga yang baru mengalaminya di usia 15 tahun. Jadi, sebaiknya kamu harus langsung aware setelah mengalami pembentukan payudara, dan menceritakannya pada mama. Ingat, nggak perlu malu, karena mama juga dulu mengalaminya kok.

Bra tersedia dalam berbagai ukuran. Setiap cewek sebaiknya tau ukuran bra yang tepat untuknya. Hal yang penting untuk diingat adalah bahwa ukuran bra secara umum terdiri dari gabungan angka dan alfabet, misalnya 32A, 34B, dan lain-lain. Kamu masih bingung, Girls? Tenang aja, ini penjelasan singkat dari ukuran tersebut!

  • Angka 32 atau 34 adalah lingkar tubuh. Kamu bisa mengukurnya dengan pita meteran baju. Lingkarkan pita meteran baju tepat di bagian bawah payudaramu. Semakin besar angka, maka menunjukkan semakin besar lingkar tubuh, artinya tubuhmu lebih berisi.
  • Alfabet A atau B, merujuk pada lingkar dada. Cara mengukurnya adalah melingkari bagian payudara, dan tempatkan meteran pada titik tumbuh payudara yang paling menonjol, yaitu puting. Ukuran ini merujuk pada ukuran cup bra.

Semua jenis bra sebenarnya terkategori baik, Girls. Kamu cuma perlu membeli bra sesuai pertumbuhan payudaramu aja. Ada 3 jenis bra yang sebaiknya dimiliki selama masa pertumbuhan, yaitu:

  • Wire-free atau soft cup. Ini adalah jenis bra yang sesuai untuk tahapan awal pertumbuhan payudara. Cup bar biasanya nggak membutuhkan lapisan, tapi bagian bawah bra terbuat dari karet yang cukup untuk menopang payudara saat beraktivitas.
  • Sport bra. Jenis bra ini sebaiknya dimiliki saat payudara mencapai ukuran sedang, dan mulai jelas bentuknya. Ciri sport bra adalah tali bahu yang besar, sehingga nyaman dikenakan saat kamu beraktivitas.
  • Underwire bra. Pada tahapan akhir masa pertumbuhan, saat payudara udah terlihat jelas bentuknya, dan ukurannya juga udah berbeda jauh dibandingkan ukuran awal, sebaiknya kamu segera mengenakan bra dengan kawat di bagian bawah. Kenapa? Hal ini supaya bra bisa membentuk dan menopang payudaramu lebih baik.

Seiring proses pertumbuhan yang masih berlangsung dan dialami sampai kamu berusia akhir 18 tahun, maka sangat disarankan untuk mengukur ulang dan membeli bra setiap 6 bulan. Karena pada kurun waktu tersebut, bisa dipastikan bahwa bentuk dan ukuran payudaramu udah berubah. So, mulai sekarang set reminder di HP-mu dan aktifkan setiap 6 bulan, supaya kamu nggak lupa membeli bra baru. It’s bra shopping time, Girls!

Share info ini ke teman-teman cewekmu yuk, supaya mereka lebih banyak tau tentang bra! ‘Cause sharing is caring, dears!

Related Articles

Healthy Body
11 Oct 2019

Herpes Kelamin, Si “Penyakit yang Nggak Mau Pamit”

Girls, kamu sebelumnya pernah dengar penyakit herpes kelamin nggak sih? Herpes kelamin itu merupakan...
Healthy Body
09 Jan 2020

Waspadai Gejala dari Nyeri Endometriosis!

Girls, nyeri perut yang kamu alami selama masa mentruasi, terkategori masih dalam hal yang wajar dar...
Healthy Body
02 Sep 2020

Jangan Tidur Pakai Bra!

Kamu masih sering tidur sambil memakai bra nggak, Girls? Ternyata menurut buku yang berjudul “...