Herpes Kelamin, Si “Penyakit yang Nggak Mau Pamit”
ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Herpes Kelamin, Si “Penyakit yang Nggak Mau Pamit”

Herpes Kelamin, Si “Penyakit yang Nggak Mau Pamit”

11 Oct 2019

Herpes Kelamin, Si “Penyakit yang Nggak Mau Pamit”

Girls, kamu sebelumnya pernah dengar penyakit herpes kelamin nggak sih? Herpes kelamin itu merupakan salah satu infeksi dari keluarga virus herpes. Ternyata herpes ini termasuk jenis infeksi virus yang gampang banget menular, karena bisa muncul cuma melalui kontak kulit aja nih. Hiii….serem ya? Tanda infeksi herpes adalah adanya luka di permukaan kulit, terutama di area bibir dan organ intim.

Masalah utama yang berhubungan sama herpes adalah, kalau kamu udah terinfeksi, maka virus itu akan menetap di dalam tubuhmu, seperti parasit. Infeksi bisa terjadi kalau kekebalan tubuhmu lagi melemah, Girls. Makanya, kamu harus lebih bisa melindungi dirimu sendiri dan jangan sampai berkenalan sama virus herpes. So, be aware!

Kamu juga harus tau nih, ada dua jenis virus herpes, yaitu virus Herpes simplex 1 (HSV-1) dan Herpes simplex 2 (HSV-2).

HSV-1 adalah jenis virus yang menyerang bibir, mulut dan area di sekitarnya. Tanda-tandanya yaitu gejela demam dan bintik-bintik, serta biasanya dialami oleh anak-anak. Virus herpes tipe 1 ini bisa menular dari satu orang ke orang lain melalui saliva (air liur). Tapi tenang aja, Girls! Setiap orang bisa kok, memperkuat antibodinya terhadap virus ini.

Sedangkan, jenis virus HSV-2 bisa menyebabkan herpes kelamin. Gejala utama penyakit seksual menular ini terlihat seperti luka terbuka – kelihatannya seperti sariawan – di daerah vagina, bahkan bisa juga menjalar sampai ke bokong dan paha atas. Jenis virus ini bisa menular dari satu orang ke orang lain melalui hubungan seksual, baik berupa hubungan dengan penetrasi alat kelamin, maupun seks oral dengan seseorang yang punya luka herpes di rongga mulutnya. Berdasarkan Mayoclinic.com, aktivitas seks oral juga bisa menyebarkan infeksi herpes kelamin ke mulut lho, Girls.

Supaya kamu nggak terinfeksi virus HSV-2, satu-satunya cara yang bisa dilakukan adalah nggak melakukan hubungan seksual dengan seseorang yang udah terinfeksi virus tersebut. Pasti susah melakukannya karena kamu harus tau apakah dia udah terinfeksi atau belum kan? Nah, makanya cara yang super duper tepat adalah, nggak melakukan hubungan seksual sama sekali dengan siapapun ya! Keep virgin and be healthy, Girls!

Yuk, share info ini ke teman-temanmu, supaya mereka bisa terhindar dari penyakit herpes kelamin dan lebih menjaga kesehatan tubuhnya!

Related Articles

Healthy Body
20 Jun 2019

Kondom Cegah Kanker Leher Rahim

Para pakar kesehatan dunia mengungkapkan bahwa setidaknya satu kali dalam hidupnya, setengah dari pe...
Healthy Body
09 Apr 2019

Cari Tahu Lebih Banyak Tentang Vaksin HPV, yuk!

    Girls, kamu harus tau nih, kalau cewek yang udah aktif berhubungan seks, san...
Healthy Body
14 Jun 2019

3 Unsur Pemicu Endometriosis

Endometriosis adalah gangguan kronis yang dialami perempuan pada organ reproduksi. Kondisi tersebut ...