ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Hati-hati Pakai Toilet Umum!

Hati-hati Pakai Toilet Umum!

12 Dec 2019

Hati-hati Pakai Toilet Umum!

Girls, kamu pasti udah tau kan, kalau kebersihan dan kesehatan organ reproduksi penting banget untuk dijaga, terutama saat menstruasi? Pada saat itu, organ reproduksi cenderung rentan mengalami infeksi. Karena biasanya kamu bakal sering mondar-mandir ke toilet. Btw, kalau kamu harus menggunakan toilet di area publik, pastikan kebersihanmu terjaga ya! Nah, biar kamu nggak bingung, berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan:

  • Mengurangi kontak langsung

Dudukan toilet adalah permukaan yang langsung bersentuhan dengan area kulit, Girls. Nah, untuk mengurangi risiko terkena bakteri dari dudukan toilet tersebut, kamu bisa menggunakan semprotan cairan antiseptik yang bisa dibeli di apotek. Semprotkan pada permukaan dudukan toilet, lalu keringkan dengan tisu. Kalau nggak ada semprotan antiseptik, cukup pakai tisu toilet aja. Sebelum diduduki, lapisi dudukan toilet dengan tisu. Setelahnya, kamu bisa membuang tisu ke tempat sampah. Ingat, bukan ke dalam lubang toilet ya, karena bisa menyebabkan saluran tersumbat.

  • Menyiram

Girls, tombol penyiram toilet juga termasuk rentan menyebabkan perpindahan bakteri lho! Hal ini karena tombol penyiram toilet udah dipegang sama banyak orang. Setiap kali akan memencet tombol penyiram, sebaiknya lapisi jari dengan tisu, atau kamu bisa langsung memakai cairan antiseptik pembersih tangan setelah memencet tombol penyiram.

  • Mencuci tangan

Tau nggak sih? Area mencuci tangan di toilet sebenarnya punya potensi menularkan bakteri yang sama besarnya dengan dudukan toilet dan tombol penyiram. Pastikan kamu memakai sabun dan bersihkan tangan di bawah air mengalir selama 15 - 20 detik. Ingat, seminimal mungkin kamu menyentuh area pencuci tangan, selain keran!

  • Mengeringkan tangan

Setelah mencuci tangan, sebaiknya mengeringkannya dengan tisu, Girls. Kalau yang tersedia cuma mesih pengering, sebaiknya pastikan angin dari mesin pengering itu nggak kena wajahmu. Karena angin yang berasal dari mesin pengering dan mengenai tanganmu, bisa memindahkan bakteri yang mungkin masih ada dalam tetesan air, langsung ke wajahmu.

So, bertindaklah cermat saat menggunakan toilet umum ya, Girls. Jangan lupa membawa tisu dan cairan antiseptik pembersih tangan untuk menjaga kebersihan dan kesehatanmu saat menggunakan toilet umum. Be aware!

Share info ini ke teman-temanmu yang lain yuk, biar mereka juga lebih aware saat menggunakan toilet umum!

Related Articles

Healthy Body
30 Aug 2023

Mengenal SAHA Syndrome dan Ciri-cirinya!

Girls, punya keluhan dengan pertumbuhan rambut di bagian wajah, jerawat, dan rambut rontok? Mungkin ...
Healthy Body
04 Dec 2019

Ngobrol Singkat Soal Selaput Dara

Kamu pernah dengar tentang selaput dara nggak, Girls? Selaput dara disebut dengan selaput karena ber...
Healthy Body
12 Dec 2019

Vaksin HPV Bisa Cegah Kanker Serviks

Girls, ingat ya, semua jenis kanker sangat berbahaya! Menurut data Badan Kesehatan Dunia (WHO), kank...