Diet Khusus Sembuhkan Kista Ovarium
ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Diet Khusus Sembuhkan Kista Ovarium

Diet Khusus Sembuhkan Kista Ovarium

24 Jun 2019

Diet Khusus Sembuhkan Kista Ovarium

Saat ini, kista indung telur adalah salah satu masalah reproduksi yang banyak dialami oleh perempuan berusia produktif. Sekalipun tidak memicu gangguan kesehatan lain yang lebih serius, jika ditangani secara tidak tepat dapat menyebabkan rasa nyeri yang sangat mengganggu.

Jika dokter mendiagnosa bahwa ada kista di indung telur Anda, tak perlu panik. Saat ini teknologi medis telah berkembang sangat pesat sehingga hal tersebut dapat ditangani tanpa mengganggu fungsi reproduksi. Namun kondisi Anda akan lebih cepat pulih jika selama proses pengobatan medis tersebut, Anda menjalani pengaturan pola makan yang tepat.

  • Lebih banyak sayur

Sayur dan buah mengandung banyak vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh. Keduanya adalah unsur yang sangat dibutuhkan tubuh di masa pemulihan setelah masa pengobatan berlangsung. Terutama untuk meningkatkan stamina tubuh dan menetralisir dampak bahan kimia yang masuk ke dalam tubuh selama masa pengobatan.

  • Mengatur asupan daging

Hindari makan berlebihan, dan atur porsi asupan daging Anda. Bukan berarti membatasi asupan daging; melainkan mengonsumsinya lebih sering dalam porsi kecil. Hal lain yang penting untuk diperhatikan adalah, makanlah menu daging secara perlahan-lahan. Aktivitas ini penting untuk menghindari proses pencernaan daging dalam jumlah banyak secara cepat. Kondisi tersebut cenderung memicu produksi hormon yang justru menghambat proses pemulihan.

  • Makanan ber-GI rendah

GI atau glycemic index, adalah takaran yang menunjukkan tinggi atau rendahnya kadar glukosa di dalam makanan. Saat menjalani proses pengobatan kista, Anda sangat disarankan mengonsumsi makanan berkadar glukosa rendah, seperti; biji-bijian, dan kacang-kacangan. Pastikan Anda menambah porsi jenis makanan ini dalam menu sehari-hari.

Selain jenis makanan tersebut di atas, selama proses pengobatan sangat disarankan agar Anda mengonsumsi banyak air secara rutin. Minimalkan, atau bahkan hindari minuman berkafein dan beralkohol, serta batasi konsumsi makanan berkadar gula tinggi. Semoga cepat pulih!

Related Articles

Healthy Body
01 Nov 2022

Perlu Gak Sih Skincare untuk Area Vagina?

Jangan diabaikan ya meskipun tidak terlihat! Banyak wanita yang lebih mementingkan untuk merawat ar...
Healthy Body
07 May 2019

5 Cara Atasi Migrain di Kantor

Kepala kamu pernah merasa pusing sebelah nggak sih, Girls? Pasti rasanya mengganggu banget, kan? Sak...
Healthy Body
13 Oct 2022

Kenapa ya Sering Mual saat Sedang Menstruasi?

Ketika mulai memasuki siklus menstruasi, seringkali terasa tidak nyaman terutama di area perut. Tida...