ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Diare saat Menstruasi, Kenapa Bisa Begitu, ya?

Diare saat Menstruasi, Kenapa Bisa Begitu, ya?

02 Aug 2022

Diare saat Menstruasi, Kenapa Bisa Begitu, ya?

Diare saat menstruasi dan endrometriosis

Endometriosis adalah keadaan abnormal tubuh yang ditandai dengan tumbuhnya jaringan selaput lendir rahim di luar rongga rahim. Mengutip MayoClinic, gangguan kesehatan ini paling sering mengganggu ovarium, saluran tuba, dan jaringan yang melapisi panggul seorang perempuan. Penyakit ini dapat menyebabkan rasa sakit, yang terkadang parah, terutama selama menstruasi.

Endometriosis menjadi salah satu kondisi medis yang cukup sering dikaitkan dengan diare ketika menstruasi. Pasalnya, penyakit ini memiliki salah satu tanda umum berupa gejala gastrointestinal (lambung dan usus) yang akan memburuk ketika pengidapnya sedang menstruasi. Apabila frekuensi buang air besar kamu begitu meningkat saat menstruasi, kamu bisa saja mencurigai diri kamu memiliki penyakit ini.

Hanya saja, kamu juga harus tahu bahwa tanda umum lain dari endometriosis itu mencakup dismenorea (atau nyeri menstruasi yang parah), nyeri saat berhubungan seksual, nyeri saat buang air kecil, pendarahan yang berlebihan saat menstruasi, infertil atau tidak subur, juga gejala lain seperti kelelahan, sembelit, kembung atau mual saat menstruasi.

Untuk tahu apakah ada korelasi antara diare saat kamu menstruasi dengan endometriosis dalam tubuhmu, kamu dapat mengunjungi dokter kandungan dan melakukan konsultasi terkait kondisi itu serta kesehatan alat reproduksimu secara menyeluruh.

Related Articles

Healthy Body
25 Oct 2019

Peran Progesteron

Hai, Girls! Kamu tau nggak sih, kalau sebenarnya progesteron lebih dikenal sebagai hormon pertumbuha...
Healthy Body
01 Feb 2020

Cek yuk, Kamu Menderita PMS atau PMDD?

Girls, PMS dan PMDD memang sama-sama menunjukkan gejala fisik dan emosional, tapi PMDD ternyata lebi...
Healthy Body
16 May 2023

Berat Badan Naik Menjelang Menstruasi, Normal atau Tidak ya?

Girls, tahu gak sih kalau ternyata berat badan yang naik bukan selalu karena banyak makan atau kuran...