Cara yang Tepat Membersihkan Organ Intimmu!
ask dr laurier

Cara yang Tepat Membersihkan Organ Intimmu!

Cara yang Tepat Membersihkan Organ Intimmu!

08 Jan 2020

Cara yang Tepat Membersihkan Organ Intimmu!

Girls, membersihkan organ intim adalah bagian yang rutin selalu kamu lakukan saat mandi, iya kan? Tapi, sebaiknya kamu lebih berhati-hati saat membersihkannya, karena kalau kamu menggunakan bahan pembersih yang salah, kegiatan yang kamu lakukan ini justrus bisa memicu gangguan lho, Girls. Hal utama yang harus kamu ingat, yaitu sebenarnya vagina memiliki sistem pembersih alamiah, Girls. Jadi, nggak perlu cairan pembersih berpewangi untuk membersihkannya. Supaya kamu nggak bingung, coba kamu pastikan hal-hal di bawah ini ya, Girls!

  • Hanya bersihkan area kulit di sekitar vagina. Area luar organ intim kamu, terdiri dari lipatan-lipatan kulit, Girls. Bagian ini sangat rentan mengalami kelembapan. Jadi, pastikan setiap mandi kamu selalu membersihkan area kulit ini dengan air dan sabun. Tapi pastikan hanya area kulit di sekitar vagina, nggak perlu membersihkan ke dalam vagina ya, Girls.
  • Bersihkan hanya sekali sehari. Supaya meminimalkan risiko terjadinya iritasi, lakukanlah proses bersih-bersih di area kulit sekitar vagina ini hanya sekali sehari, setiap mandi sore. Gunakan air hangat, karena akan membantu melancarkan peredaran darah di kulit sekitar organ intim kamu, Girls.
  • Hindari bersihkan bagian dalam vagina. Langkah membersihkan bagian dalam vagina dikenal sebagai douche. Biasanya dilakukan dengan cairan yang disemprotkan ke dalam saluran. Cara ini diketahui akan mematikan bakteri jahat, tetapi juga sekaligus mematikan bakteri baik. Kalau seluruh bakteri mati, maka kadar pH vagina nggak lagi seimbang. Kondisi ini justru akan memicu terjadinya gangguan yang serius, antara lain, infeksi ragi dan infeksi bakteri vaginosis lho, Girls.

Nah, udah paham kan, Girls, gimana cara membersihkan area intim yang benar? Sebenarnya vagina dilengkapi sistem pembersihan alami sehingga bisa membersihkan diri sendiri. Jadi kamu hanya perlu menjaganya supaya nggak lembap dengan membersihkan kulit di sekitarnya saja. Keep healthy ya, Girls!

Yuk, bagikan artikel ini ke teman-temanmu yang lain, Girls! Supaya mereka juga bisa mengetahui cara membersihkan organ intim yang benar!

Related Articles
Healthy Body
12 Dec 2019

Melawan Insomnia

Kamu sering begadang buat mengerjakan tugas? Kamu harus tau nih, setiap remaja, baik cewek ataupun c...
Healthy Body
24 Oct 2019

Semangat Berolahraga Menjelang Menstruasi

Kamu sering merasa capek menjelang menstruasi, sehingga nggak sanggup berolahraga? Kondisi ini diseb...
Healthy Body
13 Nov 2019

3 Gangguan Kesehatan yang Bikin Miss V Gatal

Kamu tau nggak sih, Girls? Kalau organ genital perempuan yang sering disebut miss v ini, ternyata te...